Pengembangan augmented reality book berbasis situs peninggalan kebudayaan sebagai sumber belajar sejarah

Ferdinan Bashofi

Abstract


Augmented Reality Book merupakan pengembangan sebuah buku yang terinspirasi dari perkembangan teknologi Augmented Reality. Buku yang dikembangkan memadukan antara buku yang berupa karya literasi dengan temuan peninggalan kepurbakalaan yang dibuat dalam citra 3D untuk ditampilkan di dalam buku dengan bantuan sebuah aplikasi android. Dalam riset ini berpegang pada teori pengembangan yang dibuat oleh Plomp dimana terdiri dari 1) Fase Awal, 2) Tahap Perancangan, 3) Tahap realisasi atau pembuatan produk, 4) Tahap Pengujian, penilaian, dan perbaikan, 5) Tahap uji produk. Dari data hasil pengisian instrumen penelitian yang berupa angket diperoleh respon mahasiswa sebesar 80% atau prosentase tersebut menunjukan nilai positif, sebagaimana indikator penilaian berada di dalam kriteria baik, sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan mahasiswa termotivasi dengan pemakaian sumber belajar Augmented Reality Book.


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v6i12021p19


Keywords


Augmented Reality; Buku; Sumber Belajar; Peninggalan Kebudayaan.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, 2nd ed. Bumi Aksara, Jakarta.

Arsyad, A., 2002. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Djamarah, S.B., Zain, A., 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Fadhli, M., 2017. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir J. Studi Manaj. Pendidik. 1, 215. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295

Hamalik, O., 2008. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta.

Kurniawan, I., Setiawansyah, S., Nuralia, N., 2020. Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality untuk Pengenalan Pahlawan Indonesia dengan Marker Uang Kertas Indonesia. J. Inform. Dan Rekayasa Perangkat Lunak 1, 9–16. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.114

Musfiqon, H., 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. PT Prestasi Pustakaraya., Jakarta.

Nieveen, N., 1999. Prototyping to reach Product Quality. Springer Netherlands, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7

Pramono, S.E., 2013. Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Widya Karya, Semarang.

Rochmad, R., 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. J. Kreano 3, 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Setyosari, P., 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas 1, 11. https://doi.org/10.17977.um031

Supriatna, N., 2007. Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kritis. Historia Utama Press., Bandung.

van den Akker, J., 1999. Principles and Methods of Development Research, in: van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., Plomp, T. (Eds.), Design Approaches and Tools in Education and Training. Springer Netherlands, Dordrecht, pp. 1–14. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_1

Waluyo, E., 2012. Pemanfaatan Masjid Jami’ Kranji sebagai Sumber Pembelajaran IPS 1, 6. https://doi.org/10.15294/jess.v1i2

Widiastuti, E.H., 2017. Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya 33, 29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36

Wingkel, W., 2009. Psikologi Pengajaran. Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS



Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201


 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY 4.0.