Pola penanganan korban perilaku perundungan (bullying) pada siswa SMPN Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat

Muhammad Mabrur Haslan, Ahmad Fauzan, I Nengah Agus Tripayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pola penanganan korban perilaku (bullying) pada siswa SMP Negeri Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat (2) mengidentifikasi hambatan-hambatan dalam penanganan korban perilaku  (bullying)  pada siswa SMP Negeri Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Penentuan informan dengan menggunakan snowball. Metode pengumpulan data yaitu depth interview), observation and documentation. Hasil Penelitian telah dianalisis maka didapatkan: (1) melakukan penyeleksian informasi (supporting network).(2) melakukan tahap pendampingan atau peer monitoring. (3) melakukan pemanfaatan kelompok teman atau peer befriending. (4) melakukan konseling dan mediasi.(5) melakukan sosialisasi dan kontrol, yaitu upaya pembekalan pemahaman dan pemantauan secara terus menerus kepada korban bullying pada pihak sekolahnya.


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v6i12021p33


Keywords


pola penanganan: korban perilaku bullying

Full Text:

PDF

References


Bimo, Walgito, 2003, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta, Andi.

Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal. Nursing News.

Colorosa, Barbara., 2006, Penindas, Tertindas, dan Penonton (Resep Memutuskan Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU), Serambi Ilmu Pustaka.

Colorosa, Barbara., 2007, The Bully,The Bullied, and The Bystander, New York, Harper Collins.

Faisal, Sanapiah, (1990), Penelitian Kualitatif (Dasar-dasar dan Aplikasi), Yayasan Asah Asuh, Malang.

Faturochman, 2012, Psikologi Untuk Kesejahteraan Masyarakat, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Geldard, Kathryn. 2012. Konseling Remaja Intervensi Praktis Bagi Remaja Beresiko.Yogyakarta: Pustaka belajar.

Kalliotis, P, 2000, “Bullying as a Spesial Case of Aggresion, Sage publication Volume 21, No. 1 April 2000.

Muhammad Mabrur Haslan, 2009, Kajian Tentang Kekerasan Pada Anak ( Studi Perlakuan Salah (Child Abuse) Orang Tua Terhadap Anak Pada Keluarga Kawin-Cerai di Masyarakat Suku Sasak, Laporan Hasil Penelitian, FKIP Universitas Mataram.

Muhammad, M, 2009, Aspek Perlindungan Anak Dalam Tindak Kekerasan (Bullying) Terhadap Siswa Korban Kekerasan di Sekolah, Jurnal Dinamika Hukum.

Moleong, Lexy, J. (1996), Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Nazir, Muh., 1988, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2010, Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta:Rineka Cipta.

Ratna Djuwita, 2006, Kekerasan Tersembunyi Di Sekolah, Aspek-Aspek Pdikososial Dari Bullying-Victims: A Comparison of Psychosocial and Behavioral Characteristic, Journal of Pediatric Phychology.

Sejiwa, 2008, Bullying, Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak, Jakarta, Gramedia.

Sindo News, 24 Juli 2018

Widyatun, T.R, 1999, Ilmu Perilaku, Jakarta, CV. Agung Seto.

Zakiyah, Ela Zain, et all, 2017, Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying, Jurnal Penelitian dan PPM UNPAD, ISSN : 2442-448X, Vol. No. 2. Juli 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS



Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201


 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY 4.0.