Pengembangan mobile learning berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPS

Eko Prasetyo Utomo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan mobile learning berbasis android dan mengetahui keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPS. Proses pengembangan mengacu model Dick dkk. Hasil pengembangan berupa Mobile learning berbasis android dengan komponen utama yaitu: 1) pengantar mata pelajaran; 2) kompetensi mata pelajaran; 3) materi; dan 4) latihan soal berupa kuis. Tingkat kelayakan dari uji materi IPS adalah 89,91% dalam kategori sangat layak, tingkat kelayakan uji media pembelajaran adalah 89,42% dalam kategori sangat layak. Secara berurutan tingkat kelayakan uji coba perorangan adalah 77,78% dalam kategori layak, uji coba kelompok kecil adalah 77,92% dalam kategori layak, dan uji coba lapangan adalah 83,43% dalam kategori sangat layak Uji keefektifan produk dengan menggunakan uji-t menunjukkan penggunaan mobile learning berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS. Keseluruhan evaluasi formatif menempatkan produk ini dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS. Media yang dikembangkan telah diuji coba dan bisa diuji cobakan pada subyek yang lebih luas untuk kesempurnaan produk.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v6i12021p45


Keywords


mobile learning; android; IPS

Full Text:

PDF

References


Absor, N.F., Umasih, & Kurniawati, 2019. Pembelajaran Sejarah di SMK era revolusi industri 4.0: tantangan dan peluang. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), pp. 59-65.

Afandi dan Sajidan, 2018. Stimulasi Keterampilan Tingkat Tingkat Tinggi- Konsep dan Implementasinya dalam Pembelajaran Abad 21. Surakarta: UNS Press.

Akviansah, M.D & Sariyatun, 2020. Perpustakaan Maya sebagai Sumber Belajar dan Penunjang Pembelajaran IPS secara Daring di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 5(2), pp. 92-102.

Calimag, J.N. et al, 2014. Ubquitous learning environment using android mobile application. International Journal of Research in Engineering & Technology, 2(2), pp.119-128.

Dick, W., Carey, J., & Carey, L., 2009. The Systematic Desaign Of Instruction Fourth Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Erlinawati, N.A., Suherman, U., & Darmawan, D., 2016. Media Pembelajaran Mobile Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Praktikum Mahasiswa STIKES Karsa Husada Garut. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), pp. 298-310.

Handayani, T.S. & Suharyanto, 2016. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika 5(6), pp. 384-389.

Hakky, M.K., Wirasasmita, R.H., & Uska, M.Z., 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. EDUMATIC:Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), pp. 24-33.

Jabbour, K.K., 2014. An Analysis of the effect of mobile learning on Lebanse higher education. Informatics in Education, 13(1), pp. 1-15.

Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N.F., 2016. Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), pp.70-77.

Meliana, A., Hidayat, A., & Ilyas, 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Plus Al-Ghifari. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(2), pp. 91-104.

Muyaroah, S. & Fajartia, M., 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), pp. 79-83.

Setiadi, M.E., & Ghofur, M.A., 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), pp. 291-307.

Setyadi, D., 2017. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Jurnal Satya Widya, 33(2), pp. 87-92.

Sinta, M.D., Alfiandra, & Waluyati, S.A., 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran PPKn Di SMA. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn, 6(2), pp. 224-231.

Supardan, D., 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suparno, P., 2014. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogjakarta: Kanisius.

Wahyuningtyas, N. & Rosita, F.A.D., 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia. Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 13(1), pp. 34-41.

Yektyastuti, R & Ikhsan, J., 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), pp. 88-99.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS



Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id 


JTP2IPS INDEXED BY:

 

ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201


 Creative Commons License

JTP2IPS is under licensed by CC BY 4.0.