Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar IPS
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan pembelajaran talking stick. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest-Only Control Group design. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 348 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan Sampel dua kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan Uji Independent Sample Ttest dengan menggunakan bantuan SPSS 21.0. Hasil analisis data uji regresi sederhana yaitu thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Karangrejo ditunjukkan dengan perolehan thitung4,448> ttabel 2,042. Hasil analisis data uji independent sample t test yaitu thitung> ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Karangrejo ditunjukkan dari perolehan thitung2,363>ttabel1,990.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 Tentang SISDIKNAS
Trianto. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Predana Media Grup
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogjakarta : Pustaka Belajar
Fathurrohman,Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
Huda, Miftakul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Belajar
Kurniasih. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogjakarta: Kata Pena
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontektual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya
Kadek, Rai Puspitawangi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, (Online) Vol: 4 No:1 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/.../4747diakses pada tanggal 18 November 2017
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Baharuddin dan Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Fraenkel. 2012. How to Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. Mc Graw Hill Companies
Margono.2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Arikunto,Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Janayanti, Ni Made Firma. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, ( Online), Vol: 5 No: 2, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/10719/6822diakses pada 18 November 2017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id
JTP2IPS INDEXED BY:
e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201
JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0.