Teachers' efforts to improve students' social skills in social studies learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Agistiningsih, R., Astuti, E., & Styaningrum, F. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Learning terhadap Hasil Belajar dengan Minat Belajar dan Motivasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 61–77. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v8i1.3608.
Amali, M. Ikhlasul. (2020). Dampak Penggunaan Kata Kasar dalam Mendidikan Anak. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Asyari, A. (2020). Implementasi Teori Operant Conditioning dalam Pembelajaran Tahfidzul Quran di PPTQ Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 183-198. https://doi.org/10.37542/iq.v3i02.135.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.
Candra, O., Elfizon, E., Islami, S., & Yanto, D. T. P. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif Power Point pada Mata Diklat Dasar dan Pengukuran Listrik. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 87–95. https://doi.org/ 10.22373/ crc.v4i2.6660.
Cartledge, G., & Milburn, J. F. (1995). Teaching Social Skills to Children and Youth: Innovative Approaches. Allyn and Bacon.
Darmayanti, I., Arcanita, R., & Siswanto, S. (2020). Implementasi Metode Hadiah dan Hukuman dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 20-38. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.110.
Darsono, D. (2022). Upaya Mengatasi Learning Loss dengan Menerapkan Metode Pengkondisian Operan guna Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Multimedia di SMK Negeri 6 Surakarta Tahun 2020/2021. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3(3), 332-359. https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i3.1929.
Dewi, S., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SDN Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 281-288.
Fauzan, A., Isnandar, & Afianto, M. (2022). Gugusan Aksara Edukasi. Penerbit NEM.
Gainau, M. B. (2009). Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Siswa dalam Perspektif Budaya dan Implikasinya Bagi Konseling. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 33(1), 95–112.
Handholiza, H. F., Maizora, S., Agustinsa, R., & Susanto, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Peserta Didik Kelas VIII 2 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 337–346. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.337-346.
Hidayat, R., Sarbini, M., & Maulida, A. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membentuk Kepribadian Siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1B), 146–157. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1B.331.
Indrayanto, B., & Yuliastuti, K. (2015). Fenomena Tingkat Tutur dalam Bahasa Jawa Akibat Tingkat Sosial Masyarakat. Magistra, 27(91), 37-44.
Khoriroh, N., & Muhyadi, M. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berkomunikasi terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 7(2), 128–135.
Khumaidi, M. W. (2020). Pemberian Hukuman dalam Perspektif Pendidikan Islam. An Naba, 3(2), 134–149. https://doi.org/10.51614/annaba.v3i2.61.
Laila, N., Hariyono, H., & Sumarmi, S. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 123–129. http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i22016p123.
Lajim, K. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin di SMP pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 7(1), 14–27. http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v7i1.2628.
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Deepublish.
Lisdiana, A. (2019). Profil Keterampilan Sosial Siswa MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 6(2), 112-130. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i2.28398
Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. 3M Media Karya.
Maira, W., Raihani, F., & Nurma, N. (2022). Penerapan Model Project Based Learning dengan Pendekatan TPACK ntuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas VI SD 55/I Sridadi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12313–12321.
Marliza, L., Boerhan, A., & Wati, S. (2023). Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi Serta Hasil Belajar Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 27-38. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.104.
Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian, 9(1), 1-15.
Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun Kepercayaan Diri Remaja Melalui Pelatihan Public Speaking Guna Menghadapi Era Industri 4.0. Abdi Psikonomi, 79–78. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.214.
Maulani, M. I. (2022). Kendala dan Strategi Belajar Matematika Selama Pandemi (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Salam). Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika, 5. https://doi.org/10.21831/pspmm.v5i1.206.
Microsoft. (2021). Microsoft Study Reveals Improvement in Digital Civility Across Asia-Pacific During Pandemic. Microsoft.
Miles, M. B., Huberman, M. a, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publications.
Monica, S. D., Imansyah, F., & Noviati, N. (2022). Analisis Penanaman Karakter melalui Nilai Pancasila pada Pembelajaran PKn Kelas III SD Negeri 8 Talang Kelapa Banyuasin. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14373–14378.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881.
Mulyani, L. (2022). Application of STAD-Type Cooperative Learning Through the Media Chart Game Competetion to Increase Student Activity and Learning Outcomes in Class VIII a Science Subjects of Social Sciences. Cakrawala Pedagogik, 6(2), 146-156. https://doi.org/10.51499/cp.v6i2.316.
Mustika, R. (2019). Pergeseran Peran Buzzer ke Dunia Politik di Media Sosial. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 2(2), 144–151. https://doi.org/ 10.17933/diakom.v2i2.60.
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS. Samudra Biru.
NCSS. (1994). Curriculum Standards for Social Studies. Bulletin 89. Bulleting 89.
Nurbudiyanti, W., Amalia, A. R., & Uswatun, D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Intrinsik Siswa IPS Sekolah Dasar dengan Media Pembelajaran Danger Spin. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 7(3), 232–244. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v7i3.3263.
Prasetya, A., Retnasary, M., & Azhar, D. A. (2022). Pola Perilaku Bermedia Sosial Netizen Indonesia Menyikapi Pemberitaan Viral di Media Sosial. Journal of Digital Communication and Design (JDCODE), 1(1), 1–12.
Pratiwi, D. D., Puspitawati, R. P., & Putri, E. K. (2021). Validitas LKPD Pengamatan Angiospermae dengan Memanfaatkan Media Herbarium untuk Melatihkan Keterampilan Proses Peserta Didik Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(1), 49–59. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n1.p49-59.
Ratulangi, A., Sahputri, S., Harahap, F. A., & Ok, A. H. (2023). Hakikat Hukuman dalam Pendidikan Islam. Al-Ikram : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 17–24.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41.
Rusyidi, B., & Hidayat, E. N. (2020). Kekerasan dalam Pacaran: Faktor Risiko dan Pelindung serta Implikasinya terhadap Upaya Pencegahan. Sosio Informa : Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 6(2), 152–169. https://doi.org/10.33007/inf.v6i2.2208.
Safitri, S. S., Farida, F., Hasmidyani, D., Fatimah, S., & Alfiandra, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pembuatan Rancangan Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Pada Guru MGMP IPS Kabupaten Ogan Ilir. Journal Of Sriwijaya Community Service On Education (JSCSE), 1(1), 1-9. https://doi.org/10.36706/jscse.v1i1.304.
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Sari, A. M., Hidayah, O. N., Khotimah, S., Prayitno, H. J., Kholisatul ‘Ulya, N., & Nugroho, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 36-48. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19179.
Sederstrom, N. O., & Wiggleton-Little, J. (2021). Acknowledging the Burdens of “Blackness.” HEC Forum: An Interdisciplinary Journal on Hospitals’ Ethical and Legal Issues, 33(1–2), 19–33. https://doi.org/10.1007/s10730-021-09444-w.
Sinatra, Y. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Discovery Learning. Sinteks : Jurnal Teknik, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.0001/24.
Skinner, B. F. (1974). About behaviorism (p. 256). Alfred A. Knopf.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://cvalfabeta.com/product/metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-mpkk/
Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660
Umami, I., & Musyarofah. (2020). Upaya Guru IPS dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di MTs Rogojampi Banyuwangi Tahun 2019. Heritage, 1(1). https://doi.org/10.35719/hrtg.v1i1.3.
Utomo, H. (2012). Kontribusi Soft Skill dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Among Makarti, 3(1), 95-104.%20https:/doi.org/10.52353/ama.v3i1.20.
Wiradimadja, A. (2021). Konsep Dasar IPS: dengan Pendekatan CLIL. Jagat Litera.
Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., & Tangkilisan, Y. B. (2017). Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan perjuangannya (D. Marihandono, Ed.). Museum Kebangkitan Nasional.
Yunianta, T. N. H., Rusilowati, A., & Rochmad, R. (2012). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Implementasi Project-Based Learning dengan Peer and Self-Assessment untuk Materi Segiempat Kelas VII SMPN RSBI 1 Juwana di Kabupaten Pati. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 81-86.
Yusuf, Hi. (2016). Nilai-nilai Islam dalam Falsafah Hidup Masyarakat Lampung. KALAM, 10(1), 167-192. https://doi.org/10.24042/klm.v10i1.340.
Zakaria, I. (2016). Penanaman Sikap Sopan Santun melalui Keteladanan Guru di SMP Negeri 1 Buduran Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 4(2), 575-591. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n4.pp.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um022v9i12024p14
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial and Administration Office:
This Journal is published by Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
Semarang St. No. 5 Building I3-102 65145.
Phone. (0341) 551312. line. 376 (19)
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/index
email: jtp2ips.journal@um.ac.id
JTP2IPS INDEXED BY:
e-ISSN 2503-5347
ISSN 2503-1201
JTP2IPS is licensed by CC BY 4.0.