Cover Image

Edukasi life skills pencegahan perilaku bermasalah pada siswa sekolah menengah pertama

Shanti Riskiyani, Ridwan Mochtar Thaha, Chintia Seftiani, Alfina Riyanti Haris, Irayanti Randa Linggi, Chikita Alya Cahya Ningtyas, Jonathan Lazarus, Emy Dorliyanti, Muhammad Rachmat

Abstract


Life skills atau kecakapan hidup adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dan melakukan suatu perilaku tidak menyimpang yang bertujuan agar setiap individu bisa menghadapi persoalan dalam kehidupannya, khususnya bagi remaja. Kegiatan edukasi ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang life skills pencegahan perilaku bermasalah berupa perilaku merokok, konsumsi alkohol, dan penggunaan obat-obatan terlarang pada siswa SMP, serta dapat memahami life skills yang sesuai sebagai bentuk pencegahan terhadap perilaku bermasalah. Edukasi ini dilakukan dengan cara pemaparan materi menggunakan metode ceramah dan curah pendapat yang diikuti oleh 20 orang siswa kelas tujuh, serta melibatkan peserta kegiatan untuk ikut berperan aktif dalam diskusi terkait perilaku bermasalah. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon signed rank menunjukkan perbedaan skor pengetahuan peserta sebelum dan sesudah diberikan edukasi (p-value=0,043; p<0,05). Hasil ini diharapkan dapat mencegah perilaku bermasalah pada siswa SMP seperti perilaku merokok, konsumsi alkohol, dan penggunaan obat-obatan terlarang dan mengembangkan potensi manusiawi peserta didik untuk menghadapi perannya di masa yang akan datang.

Keywords


konsumsi alkohol; penyalahgunaan obat-obatan; penyuluhan; perilaku merokok; remaja

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Y., Syam, R. C., Nurazizah, A., Maylania, N., Irwan, N. A., Dwiadirah, N. H., Wahyuni, K., Maulana, F., & Rachmat, M. (2022). Penyuluhan Pemilahan Sampah untuk Meningkatkan Pengetahuan Kader di Desa Sanrobone, Sulawesi Selatan. Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), 3(1), 62–69. https://salnesia.id/jagri/article/view/323/152

Anggraeni, R., Feisha, A. L., Muflihah, T., Muthmainnah, F., Syaifuddin, M. A. R., Aulyah, W. S. N., Pratiwi, I. R., Sultan, S. H., Wahyu, A., & Rachmat, M. (2022). Edukasi perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan pengetahuan murid sekolah dasar. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65–75. https://journal2.um.ac.id/index.php/promotif/article/view/28285/9982

Arafah, N., Ali, S. M., & Hadi, S. (2021). Analisis Karakteristik Perilaku Manusia Konteks Kitab Targhib Wa Tarhib As-Syeikh Husein (Hafidz Al-Mundziri). Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 181–190. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/UrwatulWutsqo/article/view/284

Badan Narkotika Nasional R.I. (2022). Indonesia Drugs Report 2022. Jakarta: Pusat Penelitian, Data, dan Informasi Badan Narkotika Nasional. https://puslitdatin.bnn.go.id/konten/unggahan/2022/07/IDR-2022.pdf

Bahri, B., & Prasetyo, W. (2020). Pengentasan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Wirausaha dan Program Life Skill untuk Meningkatkan Produktivitas Kelompok UPPKS Kalipakem Baru. Riau Journal of Empowerment, 3(1), 27–37. http://raje.unri.ac.id/index.php/raje/article/view/54/26

Bandzeladze, T., & Arutiunov, L. (2020). Peer Pressure and Adolescents’ Problem Behavior. Journal of Advanced Research in Social Sciences and Humanities, 5(1), 31–36. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3791141

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133. https://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/istighna/article/view/20/0

Donsu, J. D. T. (2017). Psikologi Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press (Cetakan I).

Fuad, M., Awaru, A. T., Rachmat, M., Rustam, S. N., Saputri, E. E., Hasan, W., Siampa, I. T. A., Aulia, F., Nildawati, N., & Suriah, S. (2022). School-Based Education on Prevention of Smoking Behavior in Adolescents. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 2(7), 267–275. https://jppmi.ptti.web.id/index.php/jppmi/article/view/114

Ghanekar, A., & Desai, V. (2022). Integrating Life Skills with Environment Education: Lessons Learned from the Surat City Experience in Sustainability Education for a Better World. UK: Cambridge Scholars Publishing.

Kementerian Kesehatan R.I. (2019). Laporan Provinsi Sulawesi Selatan Riskesdas 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan R.I.

Lindawati, R. D., & Rindu, R. (2016). Hubungan Karakteristik, Pengetahuan dan Keterampilan Hidup (Life Skill) Remaja tentang Perilaku Berpacaran. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 5(1), 24–29. https://journals.stikim.ac.id/index.php/jikm/article/view/311/236

Murphy-Graham, E., Cohen, A. K., & DeJaeghere, J. (2022). Life Skills Education for Youth: Critical Perspectives. USA: Springer International Publishing

Nahm, F. S. (2016). Nonparametric statistical tests for the continuous data: the basic concept and the practical use. Korean journal of anesthesiology, 69(1), 8–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4754273/pdf/kjae-69-8.pdf

Prasetyo, Y. B., Humaidi, N., & Wijaya, R. (2022). Edukasi Pencegahan Konsumsi Alkohol pada Remaja di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Malang. Altruis: Journal of Community Services, 3(4), 76–79. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/altruis/article/view/23485/11613

Pratama, E., & Fauzi, A. (2018). Efektivitas Program Bimbingan Kerja dalam Mengembangkan Life Skill Warga Binaan Penjara. Journal Of Nonformal Education 2(2), 126–140. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/27484/13527

Ranjan, S., & Nair, A. R. (2015). Approaches and Strategies for Effective Implementation of Life Skills Education. International Journal of Life Skills Education, 1(2), 89–110. https://ijlse.com/wp-content/uploads/2021/08/1.1-Journal_Vol1-Number-2_July2015.pdf#page=93

Rasyid, R., Agustang, A., Maru, R., Agustang, A. T. P., & Sudjud, S. (2020). Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar SMP Negeri 6 Duampanua Kabupaten Pinrang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 116–123. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/1867

Riskiyani, S. (2021). Caradde: Modul Kecakapan Hidup untuk Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Jakarta: Elite Media Kreazi

Siraj, R., Najam, B., & Ghazal, S. (2021). Sensation Seeking, Peer Influence, and Risk-taking Behavior in Adolescents. Education Research International, 2021, 1–8. https://doi.org/10.1155/2021/8403024

Siregar, M. (2019). Penerapan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Pangkatan Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2013/2014. CIVITAS (Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic) 1(1) 27–33. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/civic/article/view/1516

Surbakti, E. B. (2009). Kenalilah Anak Remaja Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suryani, U., Yolanda, Y., Pramono, M. S., & Angraini, R. (2020). Life Skill of Adolescent During Pandemic COVID-19. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(4), 259–264. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM/article/view/316

Syafwar, F. (2017). Intervensi Penanggulangan Perilaku Bermasalah dalam Pembelajaran. Procedding International Seminar on Education, 1(1), 171–178. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/download/637/629

Tomé, G., de Matos, M. G., Simões, C., Camacho, I., & AlvesDiniz, J. (2012). How Can Peer Group Influence the Behavior of Adolescents: Explanatory Model. Global Journal of Health Science, 4(2), 26–35. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4777050/pdf/GJHS-4-26.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um075v4i12024p1-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Shanti Riskyiani, Ridwan Mochtar Thaha, Chintia Seftiani, Alfina Riyanti Haris, Chikita Alya Cahya Ningtyas, Irayanti Randa Linggi, Jonathan Lazarus, Emy Dorliyanti, Muhammad Rachmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.