Studi Kemampuan Berkarya Seni Rupa Teknik Tempel pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Dhera Andhini Rachmawati, Sumanto Sumanto, Puri Selfi Cholifah

Abstract


This research aims to describe the ability to work on art paste techniques of class IV students in cluster 3 Elementary School of Junrejo, Batu. They are viewed from creativity, skills, and aesthetics, especially in mosaic art, collage art, and montage art. This research used a mix-method with the type of research using sequential explanatory analysis. Practice tests, surveys, observation, interview, and documentation are used in this research. The result of the study shows that most students working on paste techniques includes good categories. Besides, the inhibiting factors and supporters mostly come from students themselves, the completeness of tools and materials, and the environment.

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berkarya seni rupa teknik tempel siswa kelas IV di SDN se-gugus 3 Kecamatan Junrejo Kota Batu. Dilihat dari aspek kreativitas, keterampilan, dan keindahan khususnya pada berkarya seni mozaik, seni kolase, dan seni montase. Pendekatan yang digunakan yaitu mix-method (penelitian kombinasi) dengan jenis penelitian menggunakan metode urutan pembuktian  (sequential explanatory). Data dikumpulkan menggunakan tes praktik, survey, observasi, wawancara, kuisoner, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dalam berkarya seni rupa termasuk kategori baik. Selain itu faktor penghambat dan pendukungnya terdapat dari siswa itu sendiri, kelengkapan alat dan bahan, serta lingkungan.

 


Keywords


art work ability; mosaic; collage; montage; kemampuan berkarya seni; mozaik; kolase; montase

Full Text:

PDF

References


Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini Di SD Adiwiyata. Islamika, 2(1), 161–169.

Bowen, P., Rose, R., & Pilkington, A. (2017). Mixed methods-theory and practice. Sequential, explanatory approach. International Journal of Quantitative and Qualitative Research Methods, 5(2), 10–27.

Cahyono, F. (2011). Peningkatan Kemampuan Berkarya Seni Grafis Cetak Tinggi Teknik Hardboardcut Melalui Pendekatan Ekspresi-Kreatif Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 25 Malang: Malang: Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Cholifah, P. S. (2017). Pemahaman Perspektif Sosial, Penalaran Moral dan Prososial, serta Pengaruh Teman Sebaya pada Siswa Sekolah Dasar. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 1–11.

Destiana, D. (2018). Kreasi Kolase Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Dharsono, S. K., & Nanang, G. P. (2004). Pengantar Estetika. Bandung: Rekayasa Sains. Bandung.

Eltanindya, A. Y. (2019). Studi Kemampuan Berkarya Seni Kolase Pada Siswa Kelas IV di SDN Se-gugus 2 Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Skripsi tidak diterbitkan, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

Fauzi, M. E., Suryana, D., & Ismet, S. (2019). Pengaruh Melukis Tarik Benang Terhadap Pekembangan Motorik Halusanak Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari 10 Tanjung Pati Harau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1614–1618.

Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 1–12.

Hasnawati, H., & Anggraini, D. (2016). Mozaiksebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Rupamenggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 226–235.

Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01).

Isnanta, S. D. (2015). Penciptaan Karya Seni Mixed Media Berbasis Ekperimentasi Dengan Teknik Assemblage. Abdi Seni, 6(1).

Jannah, M. (2015). Tugas-tugas perkembangan pada usia kanak-kanak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(2), 87–98.

Kustiawan, U., Kustiawan, K. D. U., Tweet, B. P. D. H. S., Ilmiah, K., Lapangan, K. P. P., Internasional, H., & Indonesia, G.-R. I. (2018). Pengembangan Materi Pembelajaran Seni Sekolah Dasar. Karya Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Kustilawati, H. (2013). Pengenalan Teknik Perspektif untuk Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Geometris di Kelas Vc Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–8.

Mahardhika, N. A., Jusuf, J. B. K., & Priyambada, G. (2018). Dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa SKOI Kalimantan Timur dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(2), 62–68.

Mardeni, Y. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Mata Pelajaran Seni Budaya. TRIADIK, 18(2).

Marsiano, E., Nerosti, N., & Astuti, F. (2019). Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Di SMP Negeri 4 Padang. Jurnal Sendratasik, 7(4), 11–19.

Kemdikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018... Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan.

Munawara, R. (2016). Hubungan Kegiatan Montase dengan Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelompok B1 TK Alkhairaat Tondo palu. Bungamputi, 3(1).

Nelson, N., & Pd, M. (2016). Kreativitas Dan Motivasi Dalam Pembelajaran Seni Lukis. 1, 17.

Permadi, A. (2015). Faktor Pendukung dan Penghambat Media Pembelajaran Seni Budaya di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Seni Rupa, 3(2).

Putro, R. T. T. (2017). Pengetahuan Dasar Desain Tiga Dimensi Sebagai Cara Mahasiswa Desain Untuk Berpikir Bentuk Ruang Dan Volume. Atrium Jurnal Arsitektur, 3(1), 1–13.

Rahayu, K. (2014). Pembelajaran Seni Kriya Bambu Hias Pada Siswa Kelas VII A SMP N 1 Wadaslintang Kabupaten Wonosobo. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 3(1).

Rahayu, S. (2017). Penerapan Kegiatan Montase untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Kelompok A di TK Al Wardah Peterongan Jombang. PAUD Teratai, 6(3).

Sääksjärvi, M., & Gonçalves, M. (2018). Creativity and meaning: Including meaning as a component of creative solutions. AI EDAM, 32(4), 365–379. https://doi.org/10.1017/S0890060418000112

Sari, R. S., & Suhaili, N. Y. (2020). Bakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran. Ensiklopedia of Journal, 2(5), 140–147.

Sumanto, M. S., & Kustiawan, U. (2011). Kajian Estetika dan Tipologi Gambar Anak Sekolah Dasar di Jawa Timur. Malang: Lemlit UM.

Sumanto, S. (2018). Seni Keterampilan Anak untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Guru. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 164–170.

Sumanto, S., Gipayana, M., & Rumidjan, R. (2017). Kerajinan Tangan Di Blitar Sebagai Sumber Belajar Seni Budaya Dan Prakarya (Sbdp) Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 24(2), 111–123.

Sumanto, S., Kustiawan, U., & Sudarmi, S. (2014). Kajian Tema dan Obyek Gambar Anak-anak Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 23(1), 221375.

Sutrisno, M. (2005). Teks-teks kunci estetika: Filsafat seni. Galangpress Group.

Wahana, E. Y. A. A. (2019). Manajemen Penciptaan Karya Seni Rupa (Studi Kasus Tim Produksi Aditya Novali) [PhD Thesis]. ISI Yogyakarta.

Yuningsih, C. R. (2019). Pembelajaran Seni Rupa Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1).

Yustiana, T. (2018). Pemanfaatan Bahan Alam Biji-Bijian Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mozaik Dalam Tema Kegiatanku Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Zaidel, D. W. (2014). Creativity, brain, and art: Biological and neurological considerations. Frontiers in human neuroscience, 8, 389.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i22020p102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats