ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER, DAN PENDEKATAN SCIENTIFIC

Ruminiati Ruminiati, Khusubakti Andajani

Abstract


Abstract: This study is designed to analyse the content of thematically integrated textbook for students at fourth-grade primary schools with character building and scientific approach. The study is descriptive qualitative study. The result of the study showed that generally, the materials within the book have been developed in accordance with character building and thematic approach. However, there was some discordance within the thematic textbook that were suggested by the government, especially in character building and scientific approach aspects. In summary, the textbook for students at fourth-grade primary school which is published by the Ministry of Education and Culture does not fully contain character building and scientific approach.

Keywords: primary school, thematic textbook, character building, scientific approach, 2013 Curriculum.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi buku tematik siswa kelas IV SD dengan pendekatan pendidikan karakter dan scientific. Rancangan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara umum materi dalam buku tersebut telah dikembangkan dengan memperhatikan aspek pendidikan karakter dan pendekatan scientific. Namun, di beberapa bagian terdapat sejumlah ketidaksesuaian buku tematik siswa yang telah diamanatkan Kurikulum 2013, khususnya dalam aspek pendidikan karakter dan pendekatan scientific. Kesimpulannya, buku siswa kelas IV SD yang diterbitkan Kemendikbud berdasarkan Kurikulum 2013 belum seluruhnya benar dari pendidikan karakter dan pendekatan scientific.

Kata kunci: buku tematik siswa SD, pendidikan karakter, scientific, Kurikulum 2013.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2014. Model Pendidikan Karakter yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Sekolah Dasar. 24(2):139-151.

Benninga, Berkowitz, Kuehn, & Smith. 2003. The Relationship Of Character Education Implementation and Academic Achievement In Elementary Schools. Jurnal of Research In Character Education. 19-32.

Buchory, M.S. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 22(1):1-8.

Depdiknas. 2003. UU Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendiknas.

Judiani, S. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16. (Online). (http:// jurnal dikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/ viewFile/519/358), diakses 5 Maret 2016.

Kemendikbud, 2013b. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2013a. Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud. Papalia Olds &Feldman. 2007. Karakteristik Masa Anak-Anak. Jakarta: Erlangga.

Marzuki. 2012. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter II (02). (Online), (http:/journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/12057), diakses 21 April 2015.

Milson & Mehling. 2002. Elementary School Teachers’ Sense of Efficacy for Character Education. Journal of Educational Research. 96(1):324-335.

Papalia D.E., Olds, S.W, & Feldman, R.D. 2009. Human Development (Perkembangan Manusia edisi 10 buku 2). (Penerjemah. Brian Marwensdy). Jakarta: Salemba Humanika.

Paut. 2016. Penerapan Pendekatan Scientific pada Siswa Kelas IV di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6 (5): 21-29.

Sari, I. P & Syamsi, K. 2015. Pengembangan Buku Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasi, 3(1). (Online).

Ruminiati 2014. Pendekatan Scientific dan Pendekatan Pakem. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional, Direktorat Pendidikan Sekolah Dasar, Surabaya, 30 Juli - 3 Agustus 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i12016p027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats