PROFIL PEMBELAJARAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR

Muh. Arafik, Rumidjan Rumidjan

Abstract


Abstract: the aimed of this research is to described the model of teaching politeness in Javanese language at elementary school. the variety of activities that is done by the teacher’s and the students during the process of teaching politeness in javanese language subject at SDN Penanggungan Malang. The approach that was used in this research is qualitative methodology. The data was collected during the process of teaching javanese langage subject at SDN Penanggungan Malang which is done through the problem case study used qualitative analysis. Therfore, this research will result in the construction models of the practice teaching politeness in javanese language at elementary school. Model immersion learning is model of teaching which has attempt to directly involve the students in the learning process.

Keywords: teaching, politeness, and javanese language.

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Aktifitas apasaja yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam pembelajaran unggah-ungguh Bahasa Jawa di SDN Penanggungan Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui praktik Pembelajaran Bahasa Jawa di SDN Penanggungan Kota Malang, melalui penelitian studi kasus dengan analisis kualitatif, maka penelitian ini akan menghasilkan konstruksi Model Praktik Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Model Immersion Learning adalah model pembelajaran yang berupaya mencelupkan langsung diri siswa ke dalam proses belajar.

Kata kunci: profil pembelajaran, unggah-unggguh bahasa Jawa.


Full Text:

PDF

References


Akbar. S. 2014 Model Pendidikan Karakter Yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Sekolah Dasar. 23(2):21-33.

Ardissono, L., Kuflik, T., & Petrelli, D. (2012). Personalization in Cultural Heritage: The Road Travelled and The One Ahead. User modeling and user-adapted interaction, 22(1-2), 73-99.

Basuki, I. A. 2011 Profil Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 20(2).

Endraswara, S. 2006. 2010. 30 Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa. Yogyakarta: Kontul Press.

Hakim, A.O.A.A & Purnama, B.E. 2012. Perancangan dan Implementasi Sistem Pembelajaran Aksara Jawa untuk SD Berbasis Multimedia di SDN Bumirejo 02. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed (IJCSS). 9 (3): 55-61.

Irtadji, Tutut, C., & Rumidjan. 2012. Model Pelatihan Pembelajaran Kreatif Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 21(2):42-54.

Kartikasari, D & Nugroho, G.K. 2010. Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pokok Bahasan Aksara Jawa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Journal Speed. 2 (3): 1-6.

Kolar, T., & Zabkar, V. (2010). A consumer-based model of authenticity: An oxymoron or the foundation of cultural heritage marketing?. Tourism Management, 31(5), 652-664.

Mudiono, A. 2012. Tindak Ilokusi Direktif Bahasa Indonesia Dalam Wacana di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 21(1):12-24.

Nurhasanah, Wurianto, A.B., & Arifin, B. 2014. Pengembangan Media KIJANK (Komik Indonesia, Jawa, dan Aksara Jawa) Pemebelajaran Bahasa Jawa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 1 (4): 267-273.

Nurhayati. 2005. Modul Pembelajaran Bahasa Jawa. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Rahadini, A.A & Suwarna. 2014. Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Jawa di SMPN 1 Banyumas. Jurnal Lingtera. 1 (2): 136-144.

Suharti. 2006. Penerapan Unggah-Ungguh Berbahasa Jawa di Sekolah: Upaya Pembinaan Perilaku Bangsa yang Tangguh. Makalah Konggres Bahasa Jawa IV Tahun 2006 di Semarang.

Wibawa, S. 2006. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA/SMK/MA. Makalah Konggres Bahasa Jawa IV Tahun 2006 di Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i12016p055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats