PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKTIF MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD

Mieke O. Mandagi

Abstract


Abstract: The study aims at developing active teaching instrument within the materials of human blood circulation using role play strategy. The development referred to 4-D (Thiagarajan) which are defining, designing, and developing. The product was implemented to thirty-fifth-grade students at SDN 1 Ketintang Surabaya. The data were analysed in the descriptive qualitative analysis. The result of the textbook, students’ worksheet, lesson plan and triwulan assessment validation have been good and proper to be used. The result of implementation showed that: 1) the dominant activity of students (15.6%) simulated the role play, 2) Learning process was well implemented, 3) students mastery were 100%, 4) students motivation and interest toward active learning by using role play were categorized as good.

Keywords: active teaching instrument, role play strategy, human blood circulation for primary school.

Abstrak: Penelitian bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran aktif (buku ajar, LKS, RPP danTHB) materi peredaran darah manusia menggunakan metode bermain peran. Pengembangan mengacu model 4–D (Thiagarajan) yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Implementasi produk pada siswa kelas V SDN I Ketintang Surabaya berjumlah 31 orang.Analisis secara deskriptif kualitatif.Hasil validasi buku ajar, LKS, RPP dan THB menunjukkan kualitas yang sudah baik, dan layak digunakan. Hasil implementasi menunjukkan:(1) aktivitas belajar siswa yang dominan (15.6%) adalah mensimulasikan kegiatan bermain peran, (2) keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik, (3) ketuntasan hasil belajar siswa 100%, (4) minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran aktif menggunakan metode bermain peran berkategori baik.

Kata kunci: perangkat pembelajaran aktif, metode bermain peran, peredaran darah manusia SD.


Full Text:

PDF

References


Agustiningsih. 2006.Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) dengan Strategi Acting Out pada Materi Sistem Respirasi di SMA Negeri I Menganti Gersik. Tidak dipublikasi Surabaya: UNESA.

Agustiningsih. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SD Berorientasi Pembe- lajaran Multimetode Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia Di Kelas V SD. Tesis tidak dipublikasi Surabaya;Unesa.

Astaman, I. G. & Dewa N. S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Savi Bermuatan Peta Pikiran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Sekolah Dasar, 23(2):43-56.

Dwiningsih, K. 2005. Pembelajaran Kimia melalui Permainan Card Sorting Materi Sistem Periodik Unsur-unsur di SMA.Tesis. Tidak dipublikasikan. Surabaya: UNESA.

Gina, L. 2008. Acitive Learning, Increasing Flow In The Classroom. Pat Hollingsworth: Norwalk.

Haak, D. C., HilleRisLambers, J., Pitre, E., & Freeman, S. (2011). Increased structure and active learning reduce the achievement gap in introductory biology. Science, 332(6034), 1213-1216.

Ibrahim, M. 2006. Asesmen Berkelanjutan, Seri Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.

Lewis, C. 2002. Lesson Study: A Handbook Of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia: Research for Better Schools.

Mataheru, W. 2014. Pengembangan Model Team Assisted Individualization Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas V SD. Jurnal Sekolah Dasar. 23(2):74-85.

Mintohari. 2005. Konsep Dasar IPA Biologi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Surabaya: UNESA .

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Muslimin, I. 2006. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press.

Nur, M. 2002. Psikologi Pendidikan Fondasi untuk Pengajaran. Surabaya: UNESA.

Patty, R. 2015. Pengembangan Model Induktif Kata Bergambar pada Pembelajaran Menulis Permulaan di Kelas II SD. Jurnal Sekolah Dasar. 24(2):37-48.

Pettenger, M., West, D., & Young, N. (2014). Assessing the impact of role play simulations on learning in Canadian and US classrooms. International Studies Perspectives, 15(4), 491-508.

Pusat Kurikulum, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran IPA SD.Jakarta: Depdiknas.

Russell, C., & Shepherd, J. (2010). Online role‐play environments for higher education. British Journal of Educational Technology, 41(6), 992-1002.

Settles, B. (2010). Active learning literature survey. University of Wisconsin, Madison, 52 (55-66), 11:68-79.

Sukandi,U.2003.Belajar Aktif dan Terpadu.Jakarta: Duta Graha Pustaka.

Thiagarajan, Semmel, D.S & Semme, M.I. 1974. Instructional Development for Training Tea-chers Of Exceptional Children A Sourcebook. Blomington: Center for Inovation on Teaching The Handicaped.

Trianto. 2007. Model-Model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Uno, H.B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulianto, B. 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.

Zaini, H. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif Enhancing Teaching and Learning. Yogyakarta: CTSD.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i12016p062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats