EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK DASAR TERHADAP KETERAMPILAN DRIBLING BOLA PADA SISWA SD

Saifu Alihasan

Abstract


Abstract: this research aimed at describing the effectivity of teaching method and basic phisical act toward dribling ball skill in football section of elemenary students. This research was done by using exprimental study. The analysis of the data used Anava 2 ways method. The result showed that: (1) there are significant differences of dribling ball skill between the students who taught by applying drilling method and TAKTIS. (2) A drilling method in groups which have higher motoric than TAKTIS method. (3)There are no significant differences in groups of low basic phisical act that is taught with drilling teaching method and TAKTIS method. (4) There are no influences factors of interaction beween teaching method with basic motoric ability toward dribling skill in football.

Keywords: teaching method, basic motoric, dribling ball.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap keterampilan dribling permainan sepak bola siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Analisis data menggunakan Anava 2 jalur. Hasil: (1) terdapat perbedaan signifikan keterampilan dribling permainan sepak bola antara siswa yang diajar dengan metode drill dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran taktis. (2) Metode drill pada kelompok berkemampuan motorik tinggi lebih dari metode taktis. (3) Tidak terdapat perbedaan signifikan pada kelompok berkemampuan gerak dasar rendah antara kelompok siswa yang diajar dengan metode pembelajaran drill dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran taktis. (4) Tidak terdapat pengaruh faktor interaksi antara metode mengajar dengan kemampuan motorik dasar terhadap keterampilan dribling permainan sepak bola.

Kata kunci: Metode pembelajaran, motorik dasar, dribling bola.


Full Text:

PDF

References


Anam, K. 2013. Pengembangan Latihan Ketepatan Tendangan dalam Sepakbola untuk Anak Kelompok Umur 13-14 Tahun. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3(2):66-78.

Diputra, R. 2015. Pengaruh Latihan Three Cone Drill, Four Cone Drill, dan Five Cone Drill terhadap Kelincahan (Agility) dan Kecepatan (Speed). Jurnal Efektor, 27(7): 25-30.

Mielke, Danny. 2007. Belajar Bermain Bola. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moston, Musska and Sara Asworth, 1994. Teaching Physical Education. New York: MacMillan College Publishing Company Inc.

Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nopembri, S.S. 2012, Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Noviada, G., Kanca, I. N., & Darmawan, G. E. B. 2014. Metode Pelatihan Taktis Passing Berpasangan Statis dan Passing Sambil Bergerak terhadap Keterampilan Teknik Dasar Passing Control Bola Futsal. Jurnal Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 2(1):66-79.

Prayadi, H. Y., & Rachman, H. A. 2013. Pengaruh Metode Latihan dan Power Lengan Terhadap Kemampuan Smash Bulutangkis. Jurnal Keolahragaan, 1(1), 63-71.

Rismayanthi, C. 2013. Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar sebagai Stimulasi Motorik bagi Anak Taman Kanak-Kanak melalui Aktivitas Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(1):12-24.

Soekatamsi. 2002. Permainan Bola Besar (Sepak Bola). Modul Perkuliahan S1 Universitas Terbuka Tahun 2002.

Subroto, T. 2010. Didaktik Metode Pembelajaran Olahraga Permainan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunhaji. 2008. Strategi pembelajaran: Konsep dan aplikasinya. Journal Pemikiran

Alternatif Pendidikan. 13(3):474-492.

Suryobroto, A. S. 2015. Peningkatan Kemampuan Manajemen Guru Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1): 12-24.

Yunyun, Y. 2010. Impelmentasi Model Pendekatan Taktis dan Teknis untuk Pembelajaran Permainan Bola Basket. Disertasi Doktor pada Sekolah Pasca Sarjana UPI, Bandung.

Verducci, Frank M. 1980. Measurement Concept in Physical Education. London: The C.V. Mosby Company.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i12016p082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats