DESAIN DIDAKTIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI BALOK DAN KUBUS SISWA KELAS IV SD

Epon Nur’aeni L, Muhammad Rijal Wahid Muharram

Abstract


Abstract: Didactic design of mathematic understanding competency of block and cube in fourthgrade elementary school student. Purpose of the research was to describe: (1) learning obstacles of mathematic understanding competency, (2) design of didactic learning material based on development of a block and cube material understanding competency, (3) implementation of the design of didactic learning material based on development of a block and cube material understanding competency. The research used didactic design research and analyzed qualitatively. An instrument was writing test. Research procedure: prospective analysis, experiment and restropective analysis. Results of the research were an alternative didactic design which could be used in elementary school mathematic learning.

Keyword: didactic design, mathematic understanding, block and cube concept, elementary

Abstrak: Desain Didaktis Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Balok dan Kubus Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) learning obstacle kemampuan pemahaman matematis,(2) desain didaktis bahan ajar berbasis pengembangan kemampuan pemahaman matematis materi balok dan kubus,(3) implementasi desain didaktis bahan ajar berbasis pengembangan kemampuan pemahaman matematis siswa materi balok dan kubus. Subjek siswa kelas IV SD dengan lokasi penelitian di SDN 1 Pengadilan. Penelitian ini menggunakan penelitian desain didaktis dan dianalisis kualitatif. Instrumen berupa tes tertulis. Prosedur penelitian: prospective analysis, eksperiment dan retrospective analysis. Hasil penelitian ini adalah suatu desain didaktis alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika SD.

Kata kunci: desain didaktis, pemahaman matematis, konsep balok dan kubus, SD.


Full Text:

PDF

References


Aprianti, D.A., Karlimah, K., & Hidayat, S. 2016. Desain Didaktis Pengelompokan Bangun Datar untuk Mengembangkan Komunikasi Matematis Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Pedadidaktika, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (1): 150-158.

Ariyanto, L. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajran Matematika Model Berjangkar (Anchored Instruction) Materi Luas Kubus dan Balok Kelas VIII. Pendidikan Matematika 1-13.

Astuti, I. A., Marhaeni, A.A.I.N. & Sariyasa. 2013. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Numerik. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undhiksa, 3(1):1-10.

Brousseau, G. 1997. Theory of Didactical Situation in Mathematics. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Dl, I., H, A., Ph, S., & AML, D. 2014. Pengembangan bahan Ajar Berbasis Miskokonsepsi Siswa tentang Sifat-sifat Bangun Datar di Sekolah Dasar. Saung Guru, Sarana Aktivitas dan Unggulan Guru, 5 (2).

Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.

Happisari, R. 2013. Pembelajaran dengan Metode IMPROVE untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Karangmoncol. (Tesis). Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Huda, N & Kencan, A.G. 2013. Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri Muaro Jambi. Semirata. 595-606.

Kesumawati, N. 2008. Pemahaman konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FKIP Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang. tidak diterbitkan.

NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Ningsih, R.E.R. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Media Autograph Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa SMA. Universitas Negeri Medan, Medan.

Nur’aeni. 2010. Pengembangan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SD melalui Pembelajaran Geometri berbasis Teori Van Hiele. Disetasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

Purwatiningsih, S. 2013. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 1(1), 53-63

Sari, I. P. 2014. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Sifat-sifat Bangun Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 2 (6), 1-6.

Sulistiawati, Suryadi, D. & Fatimah, S. 2015. Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Jurnal Kreano Matematika Kreatif dan Inovatif, 6 (2), 135-146.

Suryadi, D. 2013. Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (hlm. 3-12). Cimahi: STKIP Siliwangi.

Suwangsih, E., & Tiurlina. 2010. Model Pembe-lajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Tanzimah, Somakim, & Santoso, B. 2013. Desain Pembelajaran Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Media Permainan Kakisambe di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 22(2), 112-121.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i22016p139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats