PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD

Rumidjan Rumidjan, Sumanto Sumanto, A. Badawi

Abstract


Abstract: This study aims at developing a media card for basic reading skill on first graders of elementarys chool. To achieve this goal, this research used qualitative research approach. Based on the results of small group trials the following data are obtained regarding the media: (1) 100% enjoyable, (2) 100% secure, (3) 100% easy, and (4) 96,87% appropriate language use. In accordance with the large group trials, the following data are obtained (1) 94% enjoyable (2) 100% secure (3) 94% easy-to-use (4) 97,18% appropriate language use. Based on the data that has been obtained above, word card media can be used without revision as an alternative learning in Indonesian language learning to practice the skills basic reading on first graders of elementary school.

Keywords: development, media word cards, basic reading, elementary school

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan media kartu kata untuk membaca permulaan kelas 1 SD. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh data sebagai berikut (1) Kesenangan 100%, (2) Keamanan 100%, (3) Kemudahan 100%, (4) Aspek bahasa 96,87%. Berdasarkan uji coba kelompok besar diperoleh data sebagai berikut (1) Kesenangan 94% (2) Keamanan 100%(3) Kemudahan 94% (4) Aspek bahasa 97,18%. Berdasarkan data yang telah diperoleh di atas maka produk media kartu kata ini dapat digunakan tanpa revisi sebagai salah satu alternatif pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD.

Kata kunci: pengembangan, media kartu kata, membaca permulaan, SD


Full Text:

PDF

References


Basuki, I.A. 2011. Profil Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. Th. 20 No. 2 November 2011.

Depdiknas.2006. Standar Isi Satuan Pendidikan sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: KKPS Kabupaten Malang.

Hartati, T. 2016. Multimedia Dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar Terpencil Jawa Barat. Jurnal Sekolah Dasar. 25(1):31-45

Irtadji, Tutut, C., & Rumidjan. 2014. Model Pelatihan Pembelajaran Kreatif Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 23(2): 65-78

Patty, R. 2015. Pengembangan Model Induktif Kata Bergambar pada Pembelajaran Menulis Permulaan di Kelas II SD. Jurnal Sekolah Dasar. 26(2): 34-45.

PISA. 2003. Measuring Student Knowledge and Skills: A New Framework for Assessment. Paris: OECD.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santosa. 2007. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Setyoningsih, Y. 2008. Penggunaan Alat Permainan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Trewung Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukartiningsih, W. 2010. Pengembangan Media CD Interaktif untuk Membaca di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 19(2): 78-89

Tarigan. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Edisi Lima. Malang: Universitas Negeri Malang.

Zuchdi & Budiasih. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi dan Proyek Pengembangan Guru Sekolah Dasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats