ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN MENYIMAK BAHASA KEDUA/ASING LEVEL DASAR

Nurchasanah Nurchasanah

Abstract


Abstract: Most people considered that proficient in a language meant fluent in speaking. The speaking skills were always related to the listening skills. Without having good listening skills, anybody’s speaking skills would not be perfect. Therefore, the listening skills were needed in order to achieve the perfection of other language proficiency. To achieve the listening skills, especially listening to the second or foreign language on basic or beginner level, there were several alternative teaching and learning model which could be implemented. The alternative models were classified into several points of view. Determining the proper teaching and learning needed skills in choosing by considering the purpose of the listening teaching and learning, the students’ scheme, the text’s conditions, and the development of the students’ cognitive.

Keywords: teaching and learning model, listening, second/foreign language

Abstrak: Sebagian besar orang menganggap bahwa mahir berbahasa berarti mahir berbicara. Keterampilan berbicara selalu terkait dengan keterampilan menyimak.Tanpa berbekal keterampilan menyimak yang bagus, keterampilan berbicara seseorang tidak akan sempurna. Karena itu, keterampilan menyimak sangat diperlukan demi kesempurnaan keterampilan berbahasa yang lain. Untuk mencapai kompetensi menyimak, khususnya menyimak bahasa kedua/asing pada level dasar atau pemula, ada berbagai alternasi model pembelajaran yang dapat diterapkan. Alternasi model pembelajaran yang dimaksud terklasifikasi atas beberapa sudut pandang. Untuk menentukan model pembelajaran yang tepat, diperlukan kecakapan dalam memilihnya dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran menyimak, skema siswa, kondisi teks, dan perkembangan kognisi siswa.

Kata-kata kunci: model pembelajaran, menyimak, bahasa kedua/asing.


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, Chaedar A. 1998. Pengajaran BIPA dan Beberapa Masalahnya. Dalam Mimbar Pendidikan Bahasa & Seni, nomor xxv, tahun 1998.

Arono. 2009. Pentingnya Keterampilan Menyimak bagi Mahasiswa sebagai Calon Guru: Sebuah Tinjauan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran (Online).http://unib.ac.id/blog/dank—aron/2009/o5/14/pentingnya keterampilan menyimak/, diakses 5 Januari 2010.

Brown, H. Douglas and Yule, G. 1983. Principles of Language Learning and Teaching. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall.

Nunan, David. 1999. Second Language Teaching & Learning. Boston, MassachusettsUSA: Heinle & Heinle Publishers.

Priyatni, Endah Tri; Siswanto; Hasanah; Taryono; Nurchasanah; dan Mujianto. 1997. Bahan Ajar Menyimak dan Berbicara.Kerjasama IKIP Malang dengan

Proyek Peningkatan SLTP Swasta, Kanwil Depdikbud Propinsi Jawa Timur.

Richards, Jack C. 1990. ListenCarefully. Oxford: Oxford Univercity Press.

Rumelhart, David E. and Ortony. 1977. The Representation of Knowledge in Memory, dalam Schooling and the Acquisition of Knowledge. Lawrence Erlbaum, New York, Hal.99—136.

Rumelhart, David E.1980. Schemata: The Building Block of Kognition, dalam Spiro, R.J., dkk.(Ed.) 1990.Theoritical Issues in Reading Comprehension. New Jersey: Lawrence Erbaum Assosiation Publishers, Hal 33—58.

Susilo, Joko. 2008. Menyimak untuk Meningkatkan Mutu KBM (Online). http://w.w.w.anakciremai.com/2008/06/makalah ilmu pendidikan-tentang- ilmu o2.html, diakses 5 Januari 2010.

Suyitno, Imam. 2008. Dimensi Teoritis dan Metodologis Belajar Bahasa Asing

Tanpa tempat terbit: Lembaga Cakrawala Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v24i12015p82-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats