Efektivitas Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SD Pada Materi Analisis Isi Cerita Anak

Muhammad Azwar Fardiansyah, Purwadi Purwadi, Mudzanatun Mudzanatun

Abstract


The purpose of this study was to determine the effectiveness of Think Pair Share (TPS) models for learning outcomes of children's story material in Indonesian subjects. This research is a quasi-experimental quantitative research with one group pre-test-post-test design. This study used a population of all students of SDN Tlutup Pati. Samples taken were 24 grade V students with the determination technique until saturated. Before being analyzed, the data were tested for normality as a prerequisite for the t-test. Based on the results of the study note that the Think Pair Share (TPS) in Indonesian subjects children's story material is effective against the learning outcomes of students in grade V elementary school.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keefektifan model Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada materi cerita anak. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan one group pretest and posttest design. Penelitian menggunakan populasi seluruh peserta didik SDN Tlutup Pati. Sampel yang diambil adalah 24 peserta didik kelas V dengan teknik penetuan sampe secara jenuh. Sebelum dianalisis, data diuji normalitasnya sebagai prasyarat uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bahwa Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi cerita anak efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD.

 


Keywords


story content analysis; think pair share model; children's stories; analisis isi; model think pair share; cerita anak Cerita

Full Text:

PDF

References


Afiyahni, F. D., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3).

Amaniarsih, D. S. (2019). Improving Students’ Writing Skill in Descriptive Text through Think Pair Share Method Academic Year 2018-2019. SINDIMAS, 1(1), 292-295. DOI : http://dx.doi.org/10.30700/sm.v1i1.588.

Baruni, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menemukan Informasi Dari Teks Cerita Wayang Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Dengan Penerapan Model Think-Pair-Share Peserta didik Kelas VIII B SMP Negeri 2 Bungkal. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 3(2), 35-42.

Fahmi, R. N., Fuady, A., & Waluyo, H. J. (2014). Analisis Tokoh Utama Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Anak Sejuta Bintang Karya Akmal Nasery Basral. BASASTRA, 2(3).

Hasanah, M. (2012). Model Cerita Fiksi Kontemporer Anak-Anak Untuk Pengembangan Kemahirwacanaan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. LITERA, 11(1). DOI: http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v11i1.1150.

Hidayah, M. N. (2018). Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Menggunakan Strategi Membaca Dan Berpikir Secara Langsung (Mbl) Tema 7 Subtema 1 Pada Peserta didik Kelas IV B SD Negeri Bangetayu Wetan 01 Semarang. Jurnal Lensa Pendas, 3(2), 21-28.

Huda. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Juanda, J. (2018). Revitalisasi Nilai Dalam Dongeng Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 11-18. DOI: https://doi.org/10.31849/pb.v5i2.1611.

Purwanto, A. (2010). Analisis Isi dan Fungsi Cerita Prosa Rakyat di Kanagarian Koto Besar, Kab Dharmasraya. Wacana Etnik, 1(2), 155-164.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, E. N., Wahyuni, D., & Prihatin, J. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dengan Media Berbasis Website Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi (Siswa Kelas XC di SMAN 2 Tanggul-Jember Tahun Pelajaran 2012/2013). Pancaran Pendidikan, 3(3), 113-122.

Subkhi, W. (2018). Meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika metode think, pair, share materi SPLTV pada peserta didik masrasah aliyah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 195-199.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tawil, A. H., Ismaimuza, D., & Rochaminah, S. (2014). Penerapan Pendekatan Scientific Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik di Kelas VII SMPN 6 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1).

Wakhyudin, H., & Kurniawati, I. D. (2014). Efektivitas Model Think Pair Share dalam Pembelajaran Tematik Integratif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 4(1).

Wasilah, T., Syahrul, R., & Noveria, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 8-16.

Winarni, R. (2014). Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v28i22019p066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats