Modul Komik Tematik Berbasis Multiple Intellegence untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Arnelia Dwi Yasa, Denna Delawanti Chrisyarani, Sa’dun Akbar, Alif Mudiono

Abstract


Abstract: This study aimed to describe the validity of the comic module based on Multiple Intellegence (MI). This research uses research and development approach. Data collected by questionnaire. The data type is the nonverbal data obtained from the expert validation score. The analysis technique used is qualitative data analysis. Qualitative data analysis is derived from inputs, suggestions from expert material validators, language, and instructional design. Expert validation results on teacher guidelines and student modules were 94.67% and 95.04%, respectively. Based on data analysis, student modules and teacher modules developed are very valid. Modules deserve to be used as teaching materials to help students and teachers in the learning process.

Keywords: thematic comics, modules, multiple intellegence, elementary school.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan modul komik tematik berbasis Multiple Intellegence (MI). Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development. Data dikumpulkan melalui angket. Jenis data adalah data nonverbal yang diperoleh dari skor validasi ahli. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Analisis data kualitatif diperoleh dari masukan, saran dari validator ahli materi, bahasa, dan desain pembelajaran. Hasil validasi ahli pada pedoman guru dan modul siswa berturut-turut 94,67% dan 95,04%. Berdasarkan analisis data, modul siswa dan modul guru yang dikembangkan sangat valid. Modul layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa dan guru pada proses pembelajaran.

Kata Kunci: komik tematik, modul, multiple intellegence, sekolah dasar.


Keywords


komik tematik, modul, multiple intellegence, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., & Sriwiyana, H. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Akbar, S. 2012. Panduan Praktik: Implementasi dan Pengembangan Model-Model Pembelajaran Aktif Rumpun Sosial. Malang: Diktat tidak diterbitkan.

Arum, S. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD. Jurnal Scholaria. 6(3): 239-250.

Dick, W., Lou C., James O. & Carrey.2009. The Systematic Design of Instruction (7th Edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Fitriyah, M. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Tematik Terpadu Tema “Peduli Terhadap Makhluk Hidup” untuk Siswa Kelas IV di MIT Ar Roihan Lawang Malang. Jurnal Akademika. 9 (2):243-260.

Garner, H. 2003. Multiple Intelligences: Theory In Practice A Reader. New York: Basic Books.

Hanafi, H. (2017). Pemilihan Profesi Berdasarkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Saintifika Islamica, 3(01), 1-20.

Hoerr, T. 2000. Becoming a Multiple Intelligensi Scholl. Virginia: ASCD.

Izzati, dkk. 2013. Pengembangan Modul Tematik dan Inovatif Berkarakter Pada Tema Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(2):183-188.

Mardiningsih, D. 2009. Efektivitas Media Cetak Dalam Usaha Meningkatkan Pengetahuan Peternak Ayam Buras Tentang Flu Burung. Seminar Nasional Kebangkitan Peternakan. Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Semarang.

Mudiono, A., Yasa, A. D., & Chrisyarani, D. D. 2017. Developing Multiple Intelligences-Based Thematic Comic Module. Pancaran Pendidikan, 6(4).

Muslich, M. 2010. Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Onika, D., et all. 2008. The effect of the multiple intelligence teaching strategy on the academic achievement of eight grade math students. Jurnal of Instructional. 35(2).

Rini, M. 2009. Peningkatan Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Modul Komik Pada Kelas x di MAN 2 Wates Kulon Progo. Prosiding Seminar Nasional. FMIPA, hal.198-204. Malang.

Rofiah, N. H. 2016. Menerapkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Dinamika, 8(1).

Su’udiah, dkk. 2016. Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan. 1(9):1744-1748.

Sinta, NR. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Pendekatan CTL Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar.1(2):142-147.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats