Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Film Animasi Bagi Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar

Fikria Nurfadhilah Yasmine, Ratna Trieka Agustina, Titis Angga Rini

Abstract


This study aims to describe the learning activities and analyze the improvement of listening skills through fable fairy animated film in III A students of Karanganyar State Elementary School 1 Malang Regency. This type of research is classroom action research (CAR) Kemmis and Taggart models. Data collection techniques used were observation, interviews, tests, and documentation. The data analysis technique used is descriptive quantitative and descriptive qualitative. The results showed that fable fairy animated films can improve the listening skills of students in class III A Karanganyar State Elementary School 1 Malang Regency.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dan menganalisis peningkatan keterampilan menyimak melalui film animasi fabel pada peserta didik kelas III A SDN Karanganyar 1 Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan atau observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi fabel dapat meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik kelas III A SDN Karanganyar 1 Kabupatn Malang. 


Keywords


listening skills; animated film; fable; keterampilan menyimak; film animasi; fabel

Full Text:

PDF

References


Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Peserta Didik Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227

Alimah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Memperkenalkan Anggota Keluarga dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas I SDI Alfattah Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1). https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7299

Darna, D. (2018). Peningkatan Keterampilan Mendengarkan Cerita Anak Melalui Media Audio Visual pada Peserta Didik Kelas I SDN 020 Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2), 194. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5067

Fadhlurrahma, F. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menyimak Berita. https://doi.org/10.31227/osf.io/9xdvg

Hakim, M. N. (2018). Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Peserta didik Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.79

Harsiati, T. (2013). Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia. UM Press.

Hartani, A. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menyimak Cerita Pendek Melalui Model Picture and Picture Berbantuan Media CD Cerita pada Peserta didik Kelas V SD 1 Mejobo Kudus. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2576

Hasmi, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Peserta didik Kelas II SD Negeri 001 Rimba Sekampung Dumai. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(4), 423–428. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8096

Karyadi, A. C. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 1(02). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i02.70

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261

Kurniaman, O., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Strategi Bercerita untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Peserta didik Kelas III SD Muhamadiyah 6 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 249. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6284

Mahmudah, M. (2018). Pengaruh Media Audio Terhadap Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i2.2219

Oktaviani, Rizka Nur. 2013. Penerapan Strategi Directed Listening And Thinking Activity (DLTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10.

Pebriana, U., Ekowati, D. W. W., & Fantiro, F. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi dan Media Boneka Tangan pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Pejok II Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 766. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4826

Pratiwi, Y. (2015). Penggunaan Strategi Representasi Visual dalam Pembelajaran Apresiasi Prosa Fiksi. Diksi, 13(2). https://doi.org/10.21831/diksi.v13i2.6451

Rini, T. A., & Cahyanto, B. (2020). Supporting Elementary Students Creative Writing Skill With Assessment as Learning. Proceedings of the 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020). 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020), Malang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.010

Rubianto, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyimak Bahasa Indonesia melalui Penggunaan Media Audio pada Murid Kelas V. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 2(1), 292. https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1086

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika.

Sri Sajrina, E., Chamalah, E., & Arsanti, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dengan Model Pembelajaran Savi dan Media Video Interaktif pada Peserta Didik Kelas XI MA. Edusentris, 3(2), 200. https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i2.218

Wati, H. S., & Santosa, W. H. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Papan Cerita dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada Kelas VII MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran. Caraka, 5(2), 29. https://doi.org/10.30738/caraka.v5i2.4830

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i22020p170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats