Peran Guru Dalam Proses Kreatif Batik Tulis Peserta Didik di Sekolah Dasar
Abstract
This article aims to describe the process of student creativity, explain the role of teachers in developing student creativity, and explain the supporting and inhibiting factors in developing students' creativity in the local subject “batik tulis” at SD Muhammadiyah Bantul City. The method used is a qualitative type with a descriptive approach. Data collection techniques are carried out through observation, interviews, and document review. The results showed that the creative process of students in making written batik works well, namely from the aspect of the individual (person), encouragement (press), critical thinking skills (process), and tangible creativity (product). The teachers perform their roles as well as demonstrator, class manager, mediator, facilitator, and evaluator.
Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan proses kreativitas peserta didik, peran guru dalam mengembangkan kreativitas peserta didik, serta menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran muatan lokal batik tulis di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Metode kualitatif digunakan dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kreativitas peserta didik dalam membuat karya batik tulis berlangsung dengan baik, yakni dari aspek individu, dorongan, keahlian berpikir kritis, dan kreativitas berwujud. Guru menjalankan perannya dengan baik, yakni sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, dan evaluator.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225
Arini, A. M. dan A. B. (2011). Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. G-Media.
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Basari, A. (2014). Penguatan Kurikulum Muatan Lokal dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Imu Pendidikan.
Euis, Y. R. dan K. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Kencana.
Falconer, E. G., Cropley, D. H., & Dollard, M. F. (2018). An Exploration of Creativity in Primary School Children. International Journal of Creativity and Problem Solving.
Hanif, S., Wijaya, A. F. C., & Winarno, N. (2019). Enhancing Students’ Creativity through STEM Project-Based Learning. Journal of Science Learning. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i2.13271
Hendarwati, E. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa SDN I Sribit Delanggu pada pelajaran IPS. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–70.
Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Ishak, M., Dyah Jekti, D. S., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SDN 13 Ampenan. Jurnal Pijar MIPA. https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.326
Khanafiyah, S., & Rusilowati, A. (2010). Penerapan pendekatan modified free inquiry sebagai upaya meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru dalam mengembangkan jenis eksperimen dan pemahaman terhadap materi fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(2).
Latifah, N. N., Artharina, F. P., & Arifin, Z. (2019). Analisis Pencapaian Kompetensi Kognitif Dalam Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Materi Tembang. Journal for Lesson and Learning Studies. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19156
Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving creativity room to students through the friendly school’s program. International Journal of Scientific and Technology Research.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Mardiah. (2020). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Ummul Qura. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 2, No, Hal. 35-64.
Marsiano, E., Nerosti, N., & Astuti, F. (2019). Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) di SMP Negeri 4 Padang. Jurnal Sendratasik, 7(4), 11–19.
Martin, L., & Wilson, N. (2017). Defining Creativity with Discovery. Creativity Research Journal. https://doi.org/10.1080/10400419.2017.1376543
Maryen, E. J., Fatubun, A. B., & Rosely, J. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negri 2 Ridge 1 Biak. Metodik Didaktik. https://doi.org/10.17509/md.v14i1.10703
Ma’unah, S., Ulfa, S., & Adi, E. (2020). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Seni Musik Hadrah Al-Banjari. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p042
Permadi, A. (2015). Faktor Pendukung dan Penghambat Media Pembelajaran Seni Budaya di SMPN 1 Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Seni Rupa, 3(2).
Permatasari, B. I. (2018). Kreativitas Dan Hasil Belajar. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.15
Pontoh, W. P. (2013). Peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan anak. Acta Diurna Komunikasi, 2(1).
Qur’ani, D., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sinektik Berbantuan Video Pada Materi Batik Tulis Kelas XI MAN 1 Madiun. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p051
Rante, H., & Safrodin, M. (2019). Learning batik through gaming. International Electronics Symposium on Knowledge Creation and Intelligent Computing, IES-KCIC 2018 - Proceedings. https://doi.org/10.1109/KCIC.2018.8628519
Samawi, M. I. (2010). Penetapan Membatik Sebagai Muatan Lokal Wajib Bagi Sekolah / Madrasah Di Kabupaten Bantul. Keputusan Bupati Bantul Nomor 05a Tahun 2010.
Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sauri, S. (2010). Membangun karakter bangsa melalui pembinaan profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 1–15.
Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003
Usman, M. U. (2013). Menjadi Guru Profesional. PT Remaja Rosdakarya.
Wijaya, H. (2010). Titik sebagai Dasar Penciptaan Karya Seni. Humaniora, 1(2), 253–262.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i22020p128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.