Revolusi Mental Pada Lingkungan Pendidikan Desa Terpencil

Dodo Sutardi, Dihamri Dihamri, Nurmintani Silaban

Abstract


Abstract: The research purpose is create and examine the effectiveness of mental revolution model based on local wisdom at remote area. This model used to increase of teachers understanding and application mental revolution at remote primary school Seluma, Bengkulu. This research used qualitative descriptive and experiment with One Group Pretest-Posttest Designe. The research results showed that (1) the mental revolution at remote education environment is a model of coaching the values of mental revolution based on the local wisdom through socialization, taglinne spread, and commemoration of national day,(2) this model is effective to increasing teachers understanding and application mental revolution values.

Keyword: mental revolution, local wisdom, remote elementary school

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan model revolusi mental berbasis kearifan lokal desa terpencil dan menguji keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman serta penerapan nilai-nilai revolusi mental para guru di SD terpencil. Penelitian dilakukan di SD terpencil Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan eksperimen model One Group Pretest-Posttest Designe. Hasil penelitian menunjukkan (1) revolusi mental pada lingkungan pendidikan desa terpencil adalah model pembinaan nilai revolusi mental berbasis kearifan lokal melalui sosialisasi, pemasangan tagline, dan upacara hari besar nasional; (2) model revolusi mental berbasis kearifan lokal efektif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai revolusi mental para guru di SD terpencil.

Kata kunci: revolusi mental, kearifan lokal, SD terpencil


Keywords


revolusi mental, kearifan lokal, SD terpencil

Full Text:

PDF

References


ACDP Indonesia. 2015. Guru Terpencil Kerap Mangkir. (Online), (https://acdpindonesia. wordspress.com), diakses 26Agustus 2016.

Akmal, Akmal. 2017 . Local Culture And Morality Attachment To Tpack Framework of Pre-Service English Teachers Within The Chalenge Of The 21st Century Skills, UPI: International Journal Of Education, 9 (2).

Ana, J Egalite. 2015. Representation In The Classroom: The Effect Of Own-Race Teachers On Student Achievement. Journal Economics of Education Review, 45, 44-52.

Anik, Ghufron. 2017. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-silai Budaya Yogyakarta di Sekolah Dasar. UNY : Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1. Dari https: //journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12449.

Ary Ginanjar Agustian. 2016. Revolusi mental Berrbasis ESQ. Jakarta: Araga Tilanta

Arianto, Nugroho., & Agung, Dwi. 2013. Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja,

dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, l9 (2).

Arief Budimanta. 2015. Panduan Pencanangan dan Sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi mental. Kemenko PMK: Buku Saku Seri 3.

Dihamri. 2016. Kearifan Lokal Suku Serawai di Kabupaten Bengkulu Selatan. tidak diterbitkan. Bengkulu: Lembaga Penelitian UNIHAZ.

Dodo, Sutardi. 2016. Pengembangan Model Belajara BERMUTU yang Adaptif untuk Meningkatkan Kinerja Guru SD Terperncil di Bengkulu. UM: Jurnal Sekolah Dasar, 25 (2).

Ekorusyono, YY. (2013). Mengenal Budaya Enggano, Bengkulu. Yogyakarta: Buku Litera.

Ignas, Kleden. 2014. Revolusi Mental sebagai Teori Pembangunan. Jakarta: Institut Darma Mahardika.

Jansen, Sinamo. 2014. Aplikasi Revolusi Mental: Revolusi Etos Kerja . Jakarta: Institut Darma Mahardika.

Depdiknas. 2006. Tata Kelakuan Pergaulan Keluarga dan Masyarakat Daerah Bengkulu. Bengkulu : Dinas Pendidikan Nasional .

Menpora,. 2017. Paskibraka Adalah Role Model Revolusi Mental. Kantor Beri Politik: RMOL. (Online), (http://www.rmol.co/read/2017/08/23/304222/Menpora-Imam:-Paskibraka-Adalah-Role), diakses 23 Agustus 2017.

Murwati, Hesti. 2013. Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Di SMK Negeri Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE), 1 (1).

Suprastowo, Philip. 2013. Kajian Tentang Tingkat ketidakhadiran guru sekolah dasar dan Dampaknya terhadap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19 (1).

Raja, Lailatul Zuraida. 2017. Graphing Calculator Skills Test Item for Circles Topic Using Research Measurement Model Analysis. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2 (1).

Risalah, Risa. 2017. Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di SD 107. Laporan KKN, tesis tidak diterbitkan. Bengkulu: LPPM UNIHAZ.

Saxe, Leonardo., & Fine, Michelle. 1989). Social Experiment. California: SAGE Publication, Inc.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wardani, Kristi. 2010. Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Makalah disajikan pada Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November.

Latif, Yudi. 2014. Keharusan Revolisi Mental. Jakarta: Institut Dharma Mahardika.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i12018p059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats