IMPLIKASI KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
The implications of communication in the development of student discipline are very important to implement because good discipline is instilled at the elementary school level. This study aims to determine how communication is applied by the teacher and to find out what kind of discipline is developed in second-grade students. The method used is an interview instrument which is then validated using source triangulation. In addition, data collection in this study used observation and documentation instruments. The results of the study show that the communication applied by the teacher in learning includes verbal communication and non-verbal communication. In addition, there are several elements of communication carried out, namely: source, message, channel, communicant, and feedback. Discipline that develops in grade II students is coming on time to school, entering class on time after recess, carrying out tasks in learning, and dressing neatly according to applicable rules.
Implikasi komunikasi dalam pengembangan kedisiplinan siswa sangat penting untuk dilaksanakan karena disiplin baik ditanamkan pada jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang diterapkan guru dan mengetahui kedisiplinan seperti apa yang berkembang pada diri siswa kelas II. Metode yang digunakan berupa instrumen wawancara yang kemudian divalidasi menggunakan triangulasi sumber. Selain itu pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan komunikasi yang diterapkan guru dalam pembelajaran antara lain: komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Selain itu terdapat beberapa elemen komunikasi yang dilakukan yaitu: sumber, pesan, saluran, komunikan, feedback. Kedisiplinan yang bekembang pada diri siswa kelas II yaitu: datang tepat waktu ke sekolah, masuk kelas tepat waktu selesai jam istirahat, melaksanakan tugas-tugas dalam pembelajaran, berpakaian rapi sesuai aturan yang berlaku.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cresswell, J. (2015). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Lincoln: University of Nebraska.
Iqbal, H. (2019). Gaya Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya). (Tesis) https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17826/
Kezia, P. N. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2941-2946.
Kharisma, C. &. Suyatno. (2018). Peran Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Dasar Negeri Bleber 1 Prambanan Sleman. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) , 1(2), 131-139.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49
Malik, A. (2014). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar Pada SMP Negeri 3 Sindue). Interaksi Jurnal Ilmu Komunikasi , 3(2), 168-173.
Mariyani. (2018). Strategi Pembentukan Sikap Disiplin Warga Negara Muda Melalui Persekolahan. Jurnal Publikasi Pendidikan , 8(1).
Martha, M. & Mahanani, P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara , 6(1), 84-102.
Nawawi, I. Mahanani, P., Nabilah, A. (2017). Planting Value of Character Through School Culture and Learning in Grade School Class System Full Day School SDIT Insan Permata. Jurnal Internasional State University of Malang , 118(4), 339-345.
Nisa, H. (2016). Komunikasi Efektif dalam Pendidikan Karakter. UNIVERSUM Jurnal Keislaman dan Kebudayaan , 10(1).
Normawati, N. (2016). Pengembangan Instrumen Life Skills Siswa. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(2), 130-143.
Priyatiningsih. (2019). Tingkat Tutur Kata Sebagai Sarana Pembentukan Pendidikan Karakter. Kawruh Journal Of Language Education, Literature and Local Culture , 1(1), 47-63.
Purwaningrum, B. Y. T., Irawan, C. F., Lestari, E. A., Farikhah, I. I., Rosanty, N., Annisa, R. W., & Septiarini, T. (2022). Menerapkan Sikap Disiplin Di Sekolah Dasar. SNHRP, 1126-1133.
Rachmadyanti, P. & Rochani, R. (2017). Pengembangan Social Skill Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique). DWIJA CENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik , 1(2).
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah/Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1).
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Saddhono, K. &. Slamet (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Samawi, A., Arafiq, M. A. M., & Hidayah, L. (2014). Model pendidikan karakter yang baik (studi lintas situs bests practices) pendidikan karakter di SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 23(2)
Sitompul, H. (2016). Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam Penanaman Nilai-Nilai dan Pembentukan Sikap pada Anak. Darul Ilmi Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman , 4(1), 54-62. Doi 10.24952/di.v4i2.619.
Sobri, M. N. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS , 6(1), 61-71.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sukatin & Al-Faruq, S. S. (2021). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Taufik, A., & Akip, M. (2021). Pembentukan Karakter Disiplin bagi Siswa. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 11(2), 122-136.
Wardani, K. (2013). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Ki Hajar Dewantara. Proceeding Of the 4th Intenational Conference on Teacher Education, Conference UPI & UPSI , 8-10.
Wuryani, W. M. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan , 33(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v31i22022p100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.