Pemetaan Gaya Dan Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah

Sunarni Sunarni, Desi Eri Kusumaningrum, Djum Djum Noor Benty

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to know style, type, leadership style, and leadership type that most dominant of headmasters of state primary schools, state junior and senior high school in Malang City. Quantitative approach with descriptive exploratory analysis design. Population (136) headmasters of state primary schools, state junior and senior high school in Malang City, sample of random sampling 41 people. Data collection techniques use questionnaire, factor analysis and descriptive. Outcome: (1) 5 types of leadership style, that is democratic, delegative, militaristic/autocratic, exploitative, and consultative, (2) leadership type that is administrative/executive, democratic, populist/nationalistic, charismatic and authoritarian/autocratic, (3) the most dominant democratic style the headmaster answered agree, the delegative style and consultative answer agreed, militaristic/autocratic style and exploitative less agree. (4) administrative/executive type, democratic, charismatic, and authoritarian, the most dominant principal responds agree, and populist/nationalistic type responds less agree.

Keyword: leadership style, leadership type, headmaster

Abstrak: Tujuan penelitian mengetahui gaya, tipe, gaya kepemimpinan paling dominan, dan tipe kepemimpinan paling dominan kepala sekolah SD, SMP, dan SMA Negeri Kota Malang. Pendekatan kuantitatif dengan rancangan analisis deskriptif eksploratori. Populasi (136) orang kepala SD, SMP, dan SMA Negeri se-Kota Malang, sampel random sampling 41 orang. Teknik pengumpulan data angket, analisis faktor dan deskriptif. Hasil: (1) gaya kepemimpinan ada 5 macam yaitu demokratik, delegatif, militeristik/otokratis, eksploitatif, dan konsultatif, (2) tipe kepemimpinan yaitu administratif/eksekutif, demokratis, populistik/nasionalistik, karismatik, dan otoriter/otokratis, (3) gaya demokratik paling dominan kepala sekolah menjawab setuju, gaya delegatif dan konsultatif menjawab setuju, gaya militeristik/otokratis) dan eksploitatif kurang setuju, (4) tipe administrative/eksekutif), demokratik, karismatik, dan otoriter yang paling dominan kepala sekolah menjawab setuju, dan tipe populistik/nasionalistik) menjawab kurang setuju.

Kata kunci: gaya kepemimpinan, tipe kepemimpinan, kepala sekolah


Keywords


gaya kepemimpinan, tipe kepemimpinan, kepala sekolah

Full Text:

PDF

References


Burhanuddin dan Sunarni. 2017. Pengukuran Budaya Organisasi dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Kepemimpinan di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 26 (1), hlm 1-13.

Gandz, J., & Murray, V. V. 1980. The Experience of Workplace Politics. Academy of Management Journal, 23(2), 237-251.

Lewin, K., Lippitt, R., & White, R. K. 1939. Patterns of Aggressive Behavior in Experimentally Created “Social Climates”. The Journal of Social Psychology, 10(2), 269-299.

Mondiani, T. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (PERSERO) UPJ Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1). (Online). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/view/4317

Mufidah, I. 2009. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah dengan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMPN Kota Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: UM.

Muflihin, M. H. 2008. Kepemimpinan Pendidikan: Tinjauan terhadap Teori Sifat dan Tingkah-laku. Insania, 13(1), 67-86.

Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 13 tahun 2007 tentang Standart Kepala Sekolah. (Online). http://www.wordpress.com. Diakses 25 Pebruari 2013.

Pratiguna, A.A., Marchaban, dan Nugroho, E.P. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Produktivitas Kerja dengan Faktor Pemediasi Motivasi dan Kemampuan Kerja Karyawan di Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: UGM.

Pujianto, P. 2015. Fungsi Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Pedagogik Guru. Manajer Pendidikan, 9(6), 760-768.

Reza, R.A. 2010. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Sinar Santoso Banjarnegara. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rivai, V. 2004. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soetopo, H. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. Malang: FIP UM.

Tangkilisan, H. N. S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.

Terry, G.R. 1997. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Thoha, M. 2003. Kepemimpinan dalam Manajemen, Suatu Pendekatan Perilaku. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. (Online). http://www.kpu.go.id. Diakses 25 Pebruari 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i12018p019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats