Peningkatan Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Melalui Gambar Berseri Siswa Sekolah Dasar

Mohammad Siddik

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to improve the narrative writing learning and evaluation using serial images. This study uses the classroom action research. The subject of this study is grade IV primary school by 36 students. The results showed significant increase on students’ writing activity gradually. Evaluation of the process shows an increase in the effectiveness of the teachers’ direction to the performed activity and students’ ability. Evaluation of learning outcomes showed that cycle 1 reached good category (89%) and cycle 2 reached very good category (96%). It is recommended to principals for support the improvement of the writing narrative learning understanding and implementation on class.

Keywords: narrative writing, serial images, primary school.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran menulis karangan narasi dan evaluasi menggunakan gambar berseri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kegiatan menulis siswa secara bertahap. Evaluasi proses menunjukkan peningkatan efektivitas arahan guru terhadap aktivitas yang dilakukan dan kemampuan yang dikuasai siswa. Evaluasi hasil belajar siswa menunjukkan ada peningkatan pada siklus 1 mencapai kategori baik (89%)dan siklus 2 mencapai kategori sangat baik (96%). Disarankan kepala sekolah mendorong dan membina guru untuk berupaya meningkatkan pemahaman pembelajaran menulis karangan narasi dan pelaksanaannya di kelas.

Kata Kunci : menulis karangan narasi, gambar berseri, sekolah dasar


Keywords


menulis karangan narasi, gambar berseri, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Akhadiah,S.,Maidar,G.A., & Sakura, H.R. 1989. Pembinaan kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta : Erlangga.

Burns, P.C.,RoeB.D., & Ross,E.P. 2008. Teaching Reading in today’s Elementary School. Boston: Houghton Mifflin.

Suay, H.B., & Chervona, H. 2011. Effect of Human Guidance and State Space Size on Interactive Reinforcement Learning. Artikel disajikan pada IEEE Explore Atlanta USA. DOI: https://doi.org/10.1109/ROMAN.2011.6005223, 31 Jui-3 Agustus 2011.

Darmani, N.N., Marhaeni, A.A.I.N., & Sutama, I. M. 2013. Pengaruh Strategi Pemodelan Berbantuan Media Cetak Terhadap Kemampuan Mengarang Prosa Siswa Kelas V SD Ditinjau Dari Bakat Verbal. Jurnal Pendididkan Dasar Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.

Ellis, A., Standal, T., Pennau, J., & Rummel, M.K. 1989. Elementary Languange Arts Instruction. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall.

Haryadi., & Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia, Jakarta : Depdikbud-Dikti.

Izhar. 2016. Mengidentifikasi Cara Berpikir Deduktif dan Induktif dalam Teks Bacaan Melalui Pengetahuan Koteks dan Referensi Pragmatik. Jurnal Pesona, 2 (1), 63¯73.

Juldianty. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penggunaan Media Gambar Seri Siswa kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar, 7 (2).

Karawasa, Hani., Sahrudin., & Budi. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sedeerhana Siswa Kelas IV SDN Mire Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Jurnal Kreatif Tadukalo, 5 (2), 1-10.

Lubis, R.F. 2014. Writing Narrative Text . Journal of English Education, 2 (01),

MacMahan, E., Day, S.E., Funk, R., & Coleman, L. 2010. Literature and Writing Process. New York: Pratice Hall PTR.

Misrah, Saharudin., & Efendi. 2015. Peningkatan siswa membuat kalimat tanya melalui Teknik 5W 1H dikelas IV SD Lobu Gio. Jurnal Kreatif Tadukalo, 1 (4), 55-66.

Poerwadarminta, W.J.S. 1979. Bahasa Indonesia Untuk Karang-Mengarang: Petunjuk Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Tepat Praktis. Yogyakarta: U.P Indonesia.

Rafli, Z., & Lustyantie, N. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa (Suata Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhawaca.

Richards., & Rodgers.1986. Approaches and Methods in Language Teaching. United States: Cambridge University Press.

Routman, R. 1994. Invitations : Changing as Teacher and Learner K-12. Toronto : Irwin Publishing.

Susanti, Apriliya. 2013. Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan

Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2). Dari http://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/2933, dikases pada 20 November 2016.

Tarigan, D. 1986. Membina Keterampilan : Menulis Paragraf Dan Pengembangan. Bandung : Angkasa.

Tompkins, G.E., & Hoskisson, K. 2010. Languange Art Ciontent and Teaching Strategies. New York : Macmillan.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i12018p039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats