Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V pada Materi Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif

Vivi Dwi Ramadhani, Goenawan Roebyanto, Siti Umayaroh

Abstract


Learning mathematics can develop students' thinking patterns in solving problems. The purpose of this study is to describe the ability to solve geometry problems based on independent and field dependent cognitive styles in fifth grade students of SD Karangbesuki 2 Malang. The research subjects consisted of 2 students with independent field cognitive styles and 2 students with field dependent cognitive styles. Based on the results of the study, students who have independent field cognitive style in this study are able to solve geometry problems based on Polya's steps, namely (1) able to find aspects that are known and asked, (2) able to draw up problem solving strategy relevant to what was asked, (3) able to solve the problem correctly, and (4) able to draw conclusions from the answers. Whereas students who have a field dependent cognitive style experience difficulties, namely (1) not including complete information, (2) being less able to prepare a completion plan, (3) the results of the answers are less precise, (4) not doing a look back step.

 

Pembelajaran matematika dapat mengembangkan pola berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah geometri berdasarkan gaya kognitif field independent dan field dependent pada siswa kelas V SDN Karangbesuki 2 Kota Malang. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif  field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa yang memiliki gaya kognitif field independent pada penelitian ini mampu melakukan pemecahan masalah geometri berdasarkan langkah-langkah Polya, yaitu (1) mampu menemukan aspek yang diketahui dan ditanyakan, (2) mampu menyusun rencana yang relevan dengan yang ditanyakan, (3) mampu menyelesaiakan masalah dengan benar, dan (4) mampu membuat kesimpulan dari jawabannya. Sedangkan pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent mengalami kesulitan, yaitu (1) belum mencantumkan informasi yang lengkap, (2) kurang mampu dalam menyusun rencana penyelesaian, (3) hasil akhir jawaban kurang tepat, (4) tidak melakukan pemeriksaan kembali.

 

 


Keywords


geometry problem solving; polya steps; cognitive style; field independent; field dependent; pemecahan masalah geometri; langkah-langkah polya; gaya kognitif

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. 2015. Intuisi dalam Pembelajaran Matematika: Konstruksi Pemecahan Masalah Devergen dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.

Andilala, D. L. 2018. Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif di Kelas VII MTS Negeri Probolinggo. Malang: Universitas Negeri Malang,

Ardana, I. M. 2008. Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Pengembangan Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya Kognitif dan Berwawasan Konstruktivis. Bali: Undiksha.

Daryanto dan Raharjo, M. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Khomariyah, N. 2015. Proses Koneksi Matematika dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Siswa SMA Negeri 1 Beruntung Baru. Malang: Universitas Negeri Malang

Lester, F. K. 1994. Musing about Mathematical Problem Solving Research. Journal for Research in Mathematics Education. (online) (https://www.researchgate.net/publication/269478954_Musings_about_Mathematical_Problem-Solving_Research_1970-1994), diakses 17 Januari 2019

Roebyanto, G & Harmini,S. 2017. Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Polya, G. 1985. How To Solve It 2nd ed. New Jersey: Princeton University Press.

Puspananda, D.R dan Suriyah, P. 2017. Analisis Faktor pada Group Embbeded Figures Test untuk Mengukur Gaya Kognitif. IKIP PGRI Bojonegoro. (online),(http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-34.pdf), diakses 2 Januari 2019.

Witkin, H. A., & Goodenough, D. R. (1977). Field dependence and interpersonal behavior. Psychological bulletin, 84(4), 661.

Zainuri, T. (2016). Analisis Kemampuan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v28i22019p080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats