NILAI-NILAI ENTREPRENEUR PADA BUKU TEKS MATA PELAJARAN SEJARAH DAN IMPLEMENTASINYA DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA

Aulia Novemy Dhita, Adhitya Rol Asmi, Yunani Yunani

Abstract


Historical events have a lot of treasure that contains learning values, one of which is entrepreneurial values. This value is very important in educating students, with historical material in textbooks such as Arrived Hindu-Buddha in Indonesia, Hindu-Buddha Kingdom in Indonesia, Islam Kingdom in Indonesia, and History of Colonial in Indonesia, which so far have only been memorized as events only. The great potential contained in the history textbook, becomes the background for analyzing the values of entrepreneurs in the use of history textbooks in Senior High School Number 1 in Indralaya. This study aims to get clear any material that contains the values of entrepreneurs in history textbooks at Senior High School Number 1 in Indralaya. The method used in this research is naturalistic qualitative research. Data collection is done by observation, documentation, and triangulation, while data analysis is done by reducing, describing data and drawing conclusions. The results showed that history textbooks contain entrepreneurial values that are independent, creative, risk-taking, action-oriented, leadership, hard work, concepts and skills

 

Masa lalu menyimpan banyak harta karun yang mengandung nilai-nilai pembelajaran, salah satunya nilai-nilai entrepreneur. Penerapan nilai-nilai entrepreneur tidak hanya melalui kegiatan praktek wirausaha, tetapi dapat diterapkan melalui buku teks pelajaran, sehingga mengandung niai-nilai entrepreneur. Salah satunya buku teks mata pelajaran sejarah SMA. Sangat penting untuk mengetahui kandungan entrepreneur dalam buku teks mata pelajaran sejarah SMA dan penerapannya di sekolah. Potensi besar yang terdapat dalam buku teks sejarah tersebut, menjadi latar belakang untuk melakukan analisis nilai-nilai entrepreuner dalam penggunaan buku teks mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Indralaya.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan secara jelas materi apa saja yang mengandung nilai-nilai entrepreneur dalam buku teks mata pelajaran Sejarah  dan implementasinya di SMA Negeri 1 Indralaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan mereduksi, menguraikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks sejarah mengandung nilai-nilai entrepreneur yaitu mandiri, kreatif, berani mengambil resiko, berorientasi pada tindakan, kepemimpinan, kerja keras, konsep dan skill/keterampilan. Implementasi nilai-nilai entrepreneur yang terkandung dalam buku teks mata pelajaran sejarah, dilakukan secara tidak langsung oleh guru sejarah, dalam berbagai kegiatan di sekolah.

 

KATA KUNCI

Nilai, Entrepreneur, Buku Teks, Sejarah


Keywords


nilai; entrepreneur; buku teks; sejarah

References


Buku dan Jurnal

Ayundasari, L. (2017). “Urgensi Pembelajaran Sejarah Berbasis Potensi Lokal Bahari untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha di Pesisir Selatan Kabupaten Malang”, dalam Jurnal Sejarah dan Budaya, Vol. 11, No. 2, 211-219.

Badan Penelitian dan Pusat Pengembangan Kurikulum. (2010). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan, Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Bodan, RC dan Biklen, SK. (1990). Qualitative Research for Education: an Introduction to Theory and Methods. iBoston: Allyn & Bacon.

Budiono, Heru dan Alfian Fahmi A. (2017). Perkembangan Historiografi Buku Teks Sejarah di Indonesia Masa Orde Baru hingga Reformasi. Analisis Mingguan Perhimpunan Pendidikan Demokrasi.

De Graaf, H.J. dan T.H. Pigeaud. (2001). Kerajaan-Kerajaan Islam Pertama di Jawa. Jakarta: Grafiti.

Kee-Long, So. (1998). Dissolving Hegemony or Changing Trade Pattern? Images of Srivijaya in the Chinese Sources of the Twelfth and Thirteenth Centuries. Source: Journal of Southeast Asian Studies, Vol. 29, No. 2, Hlm. 295-308.

Respati, Harianto. (2009). “Sejarah Konsepsi Pemikiran Kewirausahaan”, Jurnal Ekonomi Modernisasi, Vol. 5, No. 3 , Hlm. 211-223

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surbakti, A.N.D. (2016). Analisis Buku Teks Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa (PSPB). Dalam Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol. 5, No. 1, Hlm. 16-24.

Sukirman. 2017. “Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan”, Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 20, No.1, Hlm.120.

Narasumber

Dra. Desriyenti, Guru di SMA Negeri 1 Indralaya

Dra. Dewi Mapram D, Guru di SMA Negeri 1 Indralaya




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v15i12021p62-73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter