KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT KETURUNAN ARAB DAN PENDUDUK LOKAL DESA PULOPANCIKAN GRESIK

Elsa Diah Mafazah, Neni Wahyuningtyas, I Nyoman Ruja

Abstract


Interaksi sosial sangat diperlukan dalam kehidupan manusia, terutama dalam proses untuk melakukan hubungan sosial. Hubungan sosial dalam masyarakat dapat menciptakan suatu bentuk interaksi dalam kelompok sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Pulopancikan Kabupaten Gresik. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa awal mula keberadaan Kampung Arab Desa Pulopancikan Kabupaten Gresik berasal dari datangnya bangsa Arab Hadramaut pada sekitar abad ke-19 yang melakukan kegiatan berdagang dan juga berdakwah untuk menyebarkan ajaran agama Islam. Masyarakat keturunan Arab di Kampung Arab Desa Pulopancikan Kabupaten Gresik mempunyai karakteristik budaya yang khas dimana masih terdapat budaya-budaya Arab meskipun telah terdapat akulturasi dengan budaya Jawa.  Karakteristik budaya masyarakat keturunan Arab di Kampung Arab Desa Pulopancikan Kabupaten Gresik dapat dilihat dari bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem mata pencaharian hidup, sistem peralatan dan teknologi, Religi, dan kesenian. Interaksi sosial masyarakat keturunan Arab dengan penduduk lokal Desa Pulopancikan Kabupaten Gresik dimana terdapat makna dalam setiap proses interaksi sosial yang terjadi. Interaksi sosial masyarakat keturunan Arab dengan penduduk lokal bersifat baik, akan tetapi untuk proses komunikasi antara masyarakat Arab dengan penduduk lokal jarang terjadi karena masyarakat keturunan Arab memiliki prinsip untuk lebih baik diam daripada tidak bisa tapi banyak berbicara.


Keywords


Sejarah Kampung Arab; karakteristik budaya; interaksi sosial

References


Buku dan Jurnal

Ajami, H. 2016. “Arabic Language, Culture, and Communication”, dalam International Journal of Linguistics and Communication, Vol. 4, No. 1, hlm. 123.

Birsyada, M. I. 2016. “Budaya Keraton pada Babad Tanah Jawi dalam Perspektif Pedagogi Kritis”, dalam Jurnal Sejarah dan Budaya, Vol. 10, No. 02, hlm. 174.

Bungin, B. 2017. Sosiologi Komunikasi. Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Handinoto, P. 2004. “Lingkungan Pecinan dalam Tata Ruang Kota di Jawa pada Masa Kolonial”, dalam Jurnal Dimensi Teknik Sipil. Vol. 1, No. 3, hlm. 130-135.

Hilmiyyah, D. 2019. Pelabuhan Gresik Sebagai Proses Perdagangan dan Islamisasi Abad XV-XVI M. Skripsi, Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahzumi, F. 2014. “Telaah Sosio Antropologis Praktik Tarekat ‘Alawiyah di Gresik”, dalam Jurnal Studi Keislaman, (Online), (https://www.researchgate.net/publication/319349573_Telaah_Sosio-Antropologis_Tarekat_Alawiyyah_di_Gresik), diakses pada 12 Februari 2020.

Poespasari, E.D, 2016. Perkembangan Hukum Waris Adat di Indonesia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Rizkiputra, D. 2011. Bahaya Lisan dan Pencegahannya dalam Al-Quran (Sebuah Kajian Tematik). (Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

Saidah, A. “2013. Perkembangan Komunitas Arab di Kota Gresik tahun 1830-1930”. (Skripsi Jurusan Sejarah FIS UM). Tidak diterbitkan.

Shelvira. 2019. Manajemen Konflik Orang Tua dan Anak Perempuan dalam Perjodohan pada Keluarga Keturunan Arab di Gresik. (Skripsi Universitas Airlangga).

Suhandjati, Sri. 2017. “Kepemiminan Laki-laki dalam Keluarga: Implementasinya pada Masyarakat Jawa”, dalam Jurnal Theologia, Vol. 2, No. 28.

Sukmadinata, N. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tamunu, Waani, & Tumengkol. 2018. “Analisis Interaksionisme Simbolik terhadap Penyimpangan Perilaku Siswa (Kajian Sosiologi Pendidikan terhadap Pelanggaran Tata Tertib Siswa di SMA Negeri 9 Manado)”, dalam Jurnal Holistik, Vol. 9, No. 21.

Tim Pusat Studi Timur Tengah. 2018. Sekilas Mengenai Studi Timur Tengah. (Online), (http://fisip.unpad.ac.id/pusdi/pstt/wp-content/uploads/2018/10/Download_SEKILAS-MENGENAI-STUDI-TIMUR-TENGAH.pdf), diakses pada 1 Februari 2020.

Zainuddin, O. 2010. Kota Gresik 1896-1916: Sejarah Sosial Budaya dan Ekonomi. Jakarta: Ruas.

Website

Ini Kampung Arab Tertua di Gresik (Surya.co.id, 7 April 2018).

Yunita. Pekojan, Saksi Bisu Kedatangan Bangsa Arab di Nusantara (Liputan 6.com, 10 Maret 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v14i12020p105-115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter