INFOGRAFIK SEJARAH DALAM MEDIA SOSIAL: TREN PENDIDIKAN SEJARAH PUBLIK

Hendra Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tren pendidikan sejarah publik pada era digital saat ini. Fokus utama yang disoroti yakni hadirnya salah satu produk digital berupa infografik sejarah yang umum dijumpai dalam media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan studi literatur. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif model induktif. Hasil penelitian memaparkan bahwa saat ini sejarah publik tidak melulu disajikan secara konvensional. Tren sejarah publik telah mengikuti perkembangan era digital dengan memanfaatkan keberadaan berbagai media sosial. Infografik sejarah menjadi salah satu produk digital yang tumbuh subur di lahan media sosial khususnya Instagram dengan berbagai tipe sajiannya. Sebagai sebuah tayangan visual, infografik sejarah menyajikan informasi sejarah secara singkat, padat, dan menarik. Hal ini dapat menjadi alternatif pendidikan sejarah publik yang efektif di era digital dalam mendekatkan sejarah pada masyarakat. Sebuah kesempatan emas untuk menumbuhkembangkan kesadaran akan sejarah bangsa dalam sanubari setiap warga negara.


Keywords


infografik; instagram; sejarah publik; pendidikan sejarah

References


Buku dan Jurnal

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto, & Tarno, H. (2017). Pendidikan Orang Dewasa (POD). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dewayani, S. (2017). Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas. Yogyakarta: PT Kanisius.

Hamid, A. R. (2014). Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Handojoseno, A. (2016). Aku Terkoneksi Maka Aku Ada: Perspektif Pedagogi Berbasis Koneksi di Era Digital. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu dalam Ide dan Pembelajaran. (A. Mulyana, Ed.). Bandung: Penerbit Rizqi Press.

Kurniawan, H. (2018a). Kajian Kurikulum dan Bahan Ajar Sejarah SMA Menurut Kurikulum 2013. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Kurniawan, H. (2018b). Literasi dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: CV Gava Media.

Pang, E., & Agung, U. S. (2018). Kiat Bikin Infografis Keren dan Berkualitas Baik. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Sayer, F. (2017). Sejarah Publik: Sebuah Panduan Praktis. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian (2nd ed.). Surakarta: UNS Press.

Wineburg, S. (2006). Berpikir Historis: Memetakan Masa Depan, Mengajarkan Masa Lalu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Yuliantri, R. D. A. (2017). History Flash: Sejarah “Satu Menit.” In S. Margana, Baha’Uddin, & A. Faisol (Eds.), Kapita Selekta (Pendidikan) Sejarah Indonesia (pp. 418–427). Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Website (Akun Instagram)

https://www.instagram.com/historiadotid/?hl=en

https://www.instagram.com/tirtoid/?hl=en




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v14i22020p1-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter