UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI IIS 1 MELALUI PENERAPAN OUTDOOR LEARNING BERBASIS INKUIRI DI SMAN KUNIR TAHUN AJARAN 2015-2016

Zainul Hasan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berfokus pada penyelesaian masalah kualitas pembelajaran sejarah Indonesia di kelas XI IIS 1 SMAN Kunir. Permasalahan kualitas pembelajaran di kelas ini mencakup rendahnya proses pembelajaran dalam hal keaktifan dan hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dilakukan dengan menerapkan outdoor learning berbasis inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran setelah dua kali siklus pemberian tindakan.
Kata-kata kunci: keaktifan, hasil belajar, outdoor learning, inkuiri
Abstract: this study focuses on the problem solving of the quality of teaching and learning of Indonesian history in the class of XI IIS 1 SMAN Kunir. The problem is the passiveness and the grade of students during and after the teaching process. An effort was done by improving the quality of teaching through the outdoor learning based on inquiry. This study found a significant increase after two cycles of giving action.
Keywords: activeness, learning grade, outdoor learning, inquiry

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v10i22016p209


References


Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marfuah, I., Mardiyana. & Kusmayadi, T.A. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran NHT (Number Head Together) Berbasis Outdoor Study Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol 2 (6): 655-666.

Moos, D.C. & Honkomp, B. 2011. Adventure Learning: Motivating Students in a Minnesota Middle School. Journal of Research on Technology in Education. Vol. 43 (3): 231–254.

Nurhasanah, M., Rudiyanto, & Budiana, D. 2013. Pengaruh Permainan Outdoor Education Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Taman Kanak-Kanak, (Online), (www.antologipaud.com), diakses tanggal 29 Oktober 2014.

Purbawati, I.A.G.R., Meter, Gd. & Wiyasa, I.K.N. 2014. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning by Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 4 Samplangan. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2 (1). Online). (Portalgaruda.go.id) diakses tanggal 21 Oktober 2015.

Rusman., Kurniawan, D., & Riyana, C. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi; Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Sanjaya, W. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kecana Prenada Media Grup.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarmi. 2012. Model-model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Suprihatiningrum, J. 2014. Strategi Pembelajaran; Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryani, N. & Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wati. 2013. Efektifitas Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) Melalui Running Dictation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berkomunikasi Lisan Sekolah Bilingual. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang. (Online). (unnes.ac.id), diakses tanggal 28 April 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Zainul Hasan



Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter