Berburu Ke Padang Datar, Berguru Kepalang Ajar: Arsip Sebagai Bahan Ajar

Raistiwar Pratama Pratama

Abstract


Abstrak. Keterbukaan akses atas sumber sejarah primer terutama arsip digital memudahkan para sejarawan termasuk pendidik sejarah. Hal ini akan membuat sejarah menjadi hal yang tidak monokausal, revitalisasi sumber-sumber primer, dan otonomi buku teks sejarah. Sejarawan, pendidik sejarah, dan pegiat sejarah
dapat berkolaborasi untuk mengaji sumber terkait termasuk membaca karya sastra. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai lembaga penyimpanan sumber-sumber primer menggagas lima hal terkait kegiatan belajar mengajar sejarah berbasiskan sumber-sumber primer (dokumen, cetak biru,foto, peta, dan filmdokumenter). Kelas digital, LKTI kearsipan, diorama sejarah, masyarakat sadar arsip, dan lomba apresiasi dan kreativitas.

Kata-kata kunci: sumber sejarah, sadar arsip, pembelajaran sejarah

Abstract. The open access of historical primary sources mainly digital archives has eased the historian and the history teacher. This would make history becoming duality and interesting reality, re-vitalization of primary sources, and the autonomy of historical textbook. Historian, history teacher, and history practitioner could collaborate to discuss the related sources especially reading the literary works. The National Archive of Indonesian Republic (ANRI) as an archival institution creates the five activities related to the teaching of history based on primary sources. Those activities are digital class, scientific written competition on archives, historical diorama, and society basedon archival awareness, and appreciation and creativity competition.

Keywords: historical sources, archival awareness, teaching of history


References


Abdullah, T. “Dokumen CIA Tentang G- 30 S.” dalam Gatra, 14 Oktober 1995.

Arsip Nasional Republik Indonesia dan The Corts Foundation. 2015. The Diplomatic Correspondence between Asian Rulers and Batavia Castle during the 17 th and 18 th centuries; the Digital Reconstruction of a Lost Treasure. Jakarta: ANRI dan The Corts Foundation.

Kartodirdjo, S. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah.

Jakarta: Gramedia.

Koentjaraningrat (ed.). 1997. MetodeMetode Penelitian Masyarakat.

Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Kuntowijoyo. 1997. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang

Budaya.

Tally and Lauren B. Goldenberg. Fall 2005. “Fostering Historical Thinking with Digitized Primary Sources”. International Society for Technology in Education Volume 38 Number 1.

Agenda. (online) http://www.anri.go.id/ agenda/67/Lomba Kreativitas Apresiasi-Diorama-Sejarah-Perjalanan-Bangsa.html, diiakses

tanggal 1 Maret 2015.

Ajang Lomba Kreativitas dan Apresiasi Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa Bangun Semangat Kebangsaan Pelajar. (online) http://www.anri.go.id/berita/289 /Ajang-Lomba-Kreativitas-danApresiasi-Diorama-Sejarah-Perjalanan-Bangsa-Bangun-Semangat-Kebangsaa Pelajar#.Ve9W2DQVjIU diakses tanggal 9 Maret 2015.

Archive. (online) http://www.sejarahnusantara.anri.go.id/archive/. Diakses tanggal 21 April 2015.

Badan dan Perpustakaan Arsip Daerah. (online) http://www.bpadjakarta.net/index.php?option=com_content&view=article&id=409%3A-merangkulsiswa-tk-sd dan-smp-dalamlomba-apresiasi-dan kreativitasanri&catid=48%3Aberitabpad&Itemid=1 diakses tanggal 23 April 2015.

Berkunjung ke ANRI (2): Diorama Bercerita. (online)

http://www.wartatv.com/index.php?view=video&id=7747:

berkunjung-ke-anri-2-dioramabercerita&option=com_jomtube&Itemid=1 diakses tanggal 30 Agustus 2011.

Berkunjung ke ANRI (3): Diorama Bercerita. (online) http://www.wartatv.com/index.php?view=video&id=7746: berkunjung-ke-anri-3-goa-diorama&option=com_jomtube&Itemid=1 diakses tenggal 30 Agustus 2011.

Diorama. (online) http://www.anri.go.id/ layanan/publik/diorama.html, diakses tanggal 1 April 2015. Juara II Lomba Cerdas Cermat pada Lomba Kreativitas dan Apresiasi Arsip Nasional Republik Indonesia. (online)

http://www.darulabidin.com/juara-ii-cerdas-cermat-pada-lomba-kreativitas-danapresiasi-arsip-nasional-republik-indonesia/ diakses tanggal 13 September 2014.

Masdarsip. (Online) http://www.anri.go.id /publikasi/masdarsip.html diakses tanggal 1 April 2015.

Menteri PANRB Sosialisasikan Peraturan tentang Arsiparis dan Himbau Daerah Bangun Diorama. (online) http://www.anri.go.id/berita/571/-#.Ve9YhDQVjIU diakses tanggal 31 Maret 2014.

Merangkul Siswa TK, SD dan SMP dalam Lomba Apresiasi dan Kreativitas ANRI. (online) http://www.anri.go.id/berita/513 /Merangkul-Siswa-TK-SD-danSMP-dalam-Lomba-Apresiasidan-KreativitasANRI#.Ve9VaDQVjIU

diakses tanggal 14 September 2014.

Ridwan Kamil: Diorama di ANRI Inspiratif!. (online) http://www.anri.go.id/berita/472 /#.Ve9X6zQVjIU diakses tanggal 21 Mei

Sehari di Arsip Nasional:Napak Tilas Sejarah Bangsa (Bag.1). (online) http://mjeducation.com/sehari-di-arsip-nasionalnapak-tilas-sejarah bangsa/ diakses tanggal 17 Agustus 2013.

Sehari di Arsip Nasional:Napak Tilas Sejarah Bangsa (Bag.1). (online) http://mjeducation.com/sehari-di-arsip-nasional-napak-tilas sejarahbangsa-bag-2/ diakses tanggal 17 Agustus 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v9i22015p223-235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Raistiwar Pratama Pratama



Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter