WAWASAN SEJARAH PANDEMI UNTUK PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA DI ERA COVID-19

Piki Setri Pernantah, Asyrul Fikri

Abstract


In Indonesia's historical records, it was explained that pandemic events related to infectious diseases did not only occur in the Covid-19 era but also occurred in the past. An insight into the history of this pandemic supposed to be owned by the historical student so that it can be used as educational material and build a spirit of optimism that the Indonesian nation is a strong and warrior nation, continue to be able to escape from the pandemic and rise again to organize the future. This research uses a qualitative method with an analysis-descriptive approach. This study seeks to describe the historical insights of the pandemic possessed by history students at the University of Riau and analyzing its relationship in improving the students’ character during this pandemic. Based on the current situation, students really need to develop a good character about how to behave well towards others and themselves and respond well to the pandemic that is happening.

 

Dalam catatan sejarah Indonesia dijelaskan bahwa peristiwa pandemi terkait penyakit menular tidak hanya terjadi pada era Covid-19 tetapi juga terjadi di masa lalu. Wawasan sejarah pandemi ini hendaknya dimiliki oleh para mahasiswa sejarah agar dapat dijadikan sebagai materi pendidikan dan membangun semangat optimisme bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh dan pejuang, terus dapat lepas dari keterpurukan wabah pandemi dan bangkit kembali untuk mengatur masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analisis. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan wawasan historis pandemi yang dimiliki oleh mahasiswa sejarah Universitas Riau dan menganalisis hubungannya dalam meningkatkan karakter mahasiswa selama pandemi ini. Berdasarkan situasi pandemi saat ini, mahasiswa sangat perlu mengembangkan karakter tentang bagaimana berperilaku baik dan positif terhadap orang lain dan dirinya sendiri serta merespon dengan baik pandemi yang sedang terjadi.


Keywords


pandemic historical insights; students character; covid-19 era

References


Aisiah, A., Suhartono, S., & Sumarno, S. (2016). The measurement model of historical awareness. Research and Evaluation in Education, 2(2), 108-121. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/reid.v2i2.8399

Arsa, D. (2020). Penyebaran Wabah dan Tindakan Antisipatif Pemerintah Kolonial di Sumatra’s Westkust (1873-1939). Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 3(2), 157-164. DOI: https://doi.org/10.15548/turast.v3i2.383

Cipta, S. E. (2020). Upaya Penanganan Pemerintah Hindia Belanda Dalam Menghadapi Berbagai Wabah Penyakit dI Jawa 1911-1943. Equilibrium: JurnalPendidikan, VIII(2), 162-169. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3281

Keputusan Presiden Nomor 12 tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT: Refika Aditama.

Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Mansyur. (2020). Pandemi Flu Spanyol di Banjarmasin, Karesidenan Borneo bagian Selatan dan Timur (1918-1920). Yupa: Historical Studies Journal, 4(1), 9-19. DOI: https://doi.org/10.30872/yupa.v4i1.205

Muslimah, A. (2016). Wabah Kolera di Jawa Timur Tahun 1918-1927. AVATARA: e-Journal Pendidikan Sejarah, 3(4), 892-901.

Olivia, S., Gibson, J., & Nasrudin, R. (2020). Indonesia in the Time of Covid-19. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 50(2), 143-174. DOI: https://doi.org/10.1080/00074918.2020.1798581

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Pernantah, P. S. (2018). Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai Local Wisdom. Yogyakarta: Phoenix Publisher.

Pradnyana, P. B. (2020). Pendidikan Karakter penting di era Covid-19: Penguatan Pendidikan Karakter Mempersiapkan Mahasiswa Tutor Sebaya di Lingkungan Keluarga dan Skaa Taruna. Bali: Surya Dewata.

Purandina, P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270-290. DOI : 10.37329/cetta.v3i2.454

Safitry, M. (2020). Kisah Karantina Paris of the East: Wabah Pes di Malang 1910-1916. Jurnal Sejarah, 3(1), 116–120. DOI/ 10.26639/js.v3i1.261.

Setiawati, E., & Ernawati, I. (2020). Implementasi Penguatan Nilai-Nilai Karakter Berbasis Kearifan Lokal Budaya Sekolah Pra-dan Masa Pandemi Corona. 34-43. Proceeding International Webinar, Malay Local Wisdom in the Period and After the Plague, Yogyakarta, June 13, 2020. ISBN: 978-623-94136-1-3

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah: Isu, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Velavan, T. P., & Meyer, C. G. (2020). The COVID‐19 epidemic. Trop Med Int Health. 2020 Mar; 25(3): 278–280. Published online 2020 Feb 16. doi: 10.1111/tmi.13383




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v15i12021p154-163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter