KENDURI DALAM PERSPEKTIF SEJARAH UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL

Djono Djono

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk memberikan gambaran secara rinci tentang kebutuhan bahan ajar sejarah lokal tentang Kenduri pada pembelajaran sejarah di Sekolah menengah atas. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif, dan prosedur pengumpulan data menggunakan dokumen seperti artikel, proceding, dan buku yang berkaitan dengan konsep Kenduri, bahan ajar, kearifan lokal dan model pengembangan. Pengumpulan data, penyajian data, reduksi, dan penarikan kesimpulan merupakan bagian dari proses analisis data. Hasil temuan menunjukkan bahwa belum banyak bahan ajar sejarah di SMA yang berbasis kearifan lokal. Siswa SMA membutuhkan bahan ajar sejarah berbasis kearifan lokal terutama tentang Kenduri. Hal tersebut dilakukan melalui pembahasan (1) konsep Kenduri, (2) kearifan lokal, (3) bahan ajar digital, dan (4) pola pengembangan bahan ajar digital berbasis kearifan lokal yang memuat informasi makna, filosofi , dan sejarah tradisi Kenduri. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan menjadi sumber untuk penelitian selanjutnya.


Keywords


Bahan ajar, Sejarah, Kenduri, Kearifan Lokal.

References


Alperi, M. (2019). PERAN BAHAN AJAR DIGITAL SIGIL DALAM MEMPERSIAPKANKEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Teknodik, 23(2).

Anggraini, P., Tlogomas, J. R., & Kusniarti, M. T. (2017). Character and Local Wisdom-Based Instructional Model of Bahasa Indonesia in Vocational High Schools. Journal of Education and Practice, 8(5), 23–29. Retrieved from www.iiste.org

Arslan, A. (2012). Effect of Materials for Teaching with Music on Attitudes of Grade 7 Students Toward Turkish Lesson. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(1997), 473–480. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.144

Ayundasari, L. (2022). IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTIDIMENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM MERDEKA. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya Dan Pengajaranya, 16(1). https://doi.org/10.17977/um020v13i22019p

Bannet, S. M. (2014). Teachers’ Beliefs and Implementation of Historical Literacy Pedagogy in Three Advanced Placement United States History Classroom. The Georgia Social Studies Journal, 53–67.

Benli, E., Dökme, I., & Sarkaya, M. (2011). The effects of technology teaching materials on students’ image of scientists. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 2371–2376. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.110

Candra, D., & Joharis, M. (2022). BUDAYA SEBAGAI STRATEGI DAKWAH (STUDI KASUS BUDAYA KENDURI MASYARAKAT JAWA DESA SIJAMBI). KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2).

Chiou, C.-C., Lee, L.-T., & Liu, Y.-Q. (2012). Effect of Novak Colorful Concept Map with Digital Teaching Materials on Student Academic Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64, 192–201. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.023

Cook, V., Warwick, P., Vrikki, M., Major, L., & Wegerif, R. (2019). Developing Material-Dialogic space in Geography Learning and Teaching: Combining a Dialogic Pedagogy with The Use of a Microblogging Tool. Thinking Skills and Creativity, 31(June 2018), 217–231. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.12.005

Erwanto, Hayat, M. S., Roshayanti, F., & Siswanto, J. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Budidaya Nanas Madu Belik. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Enterpreneurship VII Tahun 2021, 1(3), 46–53. Retrieved from http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/12

Fadillah, M. N., Anwar, H., & Sainab, S. (2020). Tradisi Kenduri Kamatian di Desa Kampung Baru, Kabupaten Katingan. Jurnal Studi Keislaman, 1(2).

Fajarini, U. (2014). PERANAN KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Sosio Didaktika, 1(2).

Fauzi. (2017). AKULTURASI DALAM PENYELENGGARAAN KENDURI KEMATIAN DI DESA PONDOK BERINGIN KABUPATEN KERINCISATU KAJIAN DESKRIPTIF. Al-Qishthu, 15(01).

Hasudungan, N. A. (2021). Pengunaan Buku Teks Sejarah Indonesia pada Satuan Pendidikan Menengah atas dalam Kurikulum 2013. Journal Education and Learning. , 1(1).

Indariani, A., Ayni, N., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2019). Teknologi Buku Digital Matematika dan Penerapan Potensialnya dalam Distance Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1870

Ismail, & Afifi, S. (2022). TRADISI KENDURI DI MOJOKERTO SEBAGAI INSTRUMEN PERAJUT KEBHINEKAAN. Deskirpsia, 1(1).

Istiyanto, A., & Sunarti, S. (2022). Kenduri Benteng Penyeimbang Alam, Tradisi Budaya dan Agama. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 231–235. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.383

Jumardi, J., Naredi, H., Lelly Qodariah, & Absor, N. F. (2020). Suplemen Materi Ajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29, 157–169.

Kusnoto, Y., & Minandar, F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal: Pemahaman Kontens Bagi Mahasiswa. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 125–137. Retrieved from https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/52264570/1180-2951-1-PB-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1637894853&Signature=D4L3xFKhnGCbvNCARWQ5XujOFK0fts6zhT574uEkSnL8tD5Wi6yTpDgEkK2I7wpxoccr58y3Ms~eI~inD96l-6yOCYUD5c3BXWLetjMGwykhfHUbFvOlWeyC3yLil~SPruhp5~4HlWM2h

Libhi, K., Nitiasih, P., & Budiarta, L. (2020). Investigating The Effect of Gamified Balinese Local Stories As A Teaching Media on Young Learners’ Writing Skill. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p001

Mardiana, B., Wahyuni, S., & Elsera, M. (2022). KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP TRADISI KENDURI POMPONG BARU DI DESA AIR GLUBI KECAMATAN BINTAN. Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 24(2), 173–186. Retrieved from http://jurnalsosiologi.fisip.unila.ac.id/index.php/jurnal

Meliono, I. (2011). Understanding the Nusantara Thought and Local Wisdom as an Aspect of the Indonesian Education. TAWARIKH: International Journal for Historical Studies, 2(2), 221–234.

Mortara, M., Catalano, C. E., Bellotti, F., Fiucci, G., Houry-Panchetti, M., & Petridis, P. (2014). Learning cultural heritage by serious games. Journal of Cultural Heritage, 15(3), 318–325. https://doi.org/10.1016/j.culher.2013.04.004

Musaddat, S., Suarni, N. ketut, Dantes, N., Putrayasa, I. B., & Dantes, I. G. R. (2021). Kelayakan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Sebagai Bahan Literasi Bahasa Berbasis Kelas Serta Pengaruhnya Terhadap Karakter Sosial Dan Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index

Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2).

Nazifah, N. (2021). Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terintegrasi Kearifan Lokal terhadap Hasil Belajar Siswa. In Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika (Vol. 7).

Nurdin, A. (2016). INTEGRASI AGAMA DAN BUDAYA: Kajian Tentang Tradisi Maulod dalam Masyarakat Aceh. El-HARAKAH , 18(1), 45. https://doi.org/10.18860/el.v18i1.3415

Pornpimon, C., Wallapha, A., & Prayuth, C. (2014). Strategy Challenges the Local Wisdom Applications Sustainability in Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112(Iceepsy 2013), 626–634. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1210

Pranata, J., Wijoyo, H., & Suharyanto, A. (2021). Local Wisdom Values in the Pujawali Tradition. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 590–596. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1642

Pranata, L., & Ikhsan, R. (2018). RITUAL TARI TAUH DALAM KENDURI SKO (STUDI INTERPRETIVISME SIMBOLIK: MASYARAKAT DESA LOLO HILIR). Sejarah Dan Budaya, 1(1).

Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 69–74. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13129

Purnama Sari, D., & Sutarto. (2021). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DALAM TRADISI KENDURI NIKAH DI DESA BARUMANIS. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 85–100. Retrieved from http://jurnaledukasikemenag.org

Ramadani, Y., & Qommaneeci, A. (2018a). PENGARUH PELAKSANAAN KENDURI SKO (PESTA PANEN) TERHADAP PEREKONOMIAN DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT MASYARAKAT KERINCI, PROVINSI JAMBI. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 20(1), 71. https://doi.org/10.25077/jantro.v20.n1.p71-83.2018

Ramadani, Y., & Qommaneeci, A. (2018b). PENGARUH PELAKSANAAN KENDURI SKO (PESTA PANEN) TERHADAP PEREKONOMIAN DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT MASYARAKAT KERINCI, PROVINSI JAMBI. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 20(1), 71. https://doi.org/10.25077/jantro.v20.n1.p71-83.2018

Ramadhana, R. D., Aryanti, S., Studi, P., Jasmani, P., & Kesehatan, D. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan buku ajar dasar-dasar ilmu gizi berbasis digital Analysis of the needs of book development teaching the basics of digital-based nutrition science. 2021.

Rohman, A., Magister, S., Sejarah, P., & Maret, U. S. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Sejarah Terintegrasi Nilai-Nilai Multikultural Persaudaran Setia Hati Terate. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45–56. Retrieved from https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/7890/4253

Rokhman, F., & Yuliati. (2010). The Development of The Indonesian Teaching material Based on Multicural Context by Using Sociolinguistic Approach at Junior High School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 1481–1488. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.353

Santosa, T. A., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., Fradila, E., & Arsih, F. (2021). Meta-Analisis: Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Ekologi. Journal of Digital Learning and Education, 1(01), 1–9. https://doi.org/10.52562/jdle.v1i01.24

Sari, F. F., & Atmojo, I. R. W. (2019). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Siska, Y. (2015). ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL LAMPUNG UNTUK SEKOLAH DASAR. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1330

Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2015). Integrasi Kearifan Lokal Bali dalam Buku Ajar Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Bali, 5(1).

Supriatna, N. (2017). Penerapan Budaya Lokal Kenduri Sko sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Peserta Didik (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X IS SMA Negeri 2 Kerinci). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis

Suryana, N., Iswanto, S., & Fajri, H. (2021). The Development of Audio-Visual Learning Media based on Kenduri Laot Tradition for Students at SMA Plus Athiyah Banda Aceh City to Increase Character Values. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6. https://doi.org/10.28926/briliant

Syarifuddin, D., M. Noor, C., & Rohendi, A. (2017). Memaknai Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisaya. Abdimas, 1(1), 4–8. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Ufie, A. (2016). Mengonstruksi Nilai-nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Muatan Lokal sebagai Upaya Memperkokoh Kohesi Sosial (Studi Deskriptif Budaya Niolilieta Masyarakat Adat Pulau Wetang Kabupaten Maluku Barat Daya, Propinsi Maluku).

Vioreza, N., Supriatna, N., Hakam, K. A., Setiawan, W., & Indonesia, U. P. (2022). Analisis Ketersediaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan. Pendas, Jurnal Cakrawala, 8(1), 147–156.

Wahyu, I., & Utami, P. (2020). PEMANFAATAN DIGITAL HISTORY UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL. In PEMANFAATAN DIGITAL HISTORY … Indah Wahyu Puji Utami JPSI (Vol. 3).

Wandari Purwa Nugraha, D., Firman, & Rusdinal. (2021). Pembentukan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Nilai Kearifan Lokal Tradisi Kenduri Sko Kabupaten Kerinci. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Widiadi, A. N., Ronaldy, M., Saputra, A., & Xahyaning, I. (2022). MERDEKA BERPIKIR SEJARAH: ALTERNATIF STRATEGI IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR SEJARAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya Dan Pengajaranya, 16(1). https://doi.org/10.17977/um020v13i22019p

Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). KEBUTUHAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL INDRAMAYU UNTUK MENUMBUHKAN ECOLITERACY SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1927

Zwart, D. P., van Luit, J. E. H., Noroozi, O., & Goei, S. L. (2017). The effects of digital learning material on students’ mathematics learning in vocational education. Cogent Education, 4(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1313581




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v16i22022p248-264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter