DALIHAN NA TOLU SEBAGAI KONTROL SOSIAL DALAM KEMAJUAN TEKNOLOGI

Muhammad Novriansyah Lubis, Hermanu Joebagio, Musa Pelu

Abstract


Dalihan na tolu merupakan salah satu kearifan lokal yang berkembang di Sumatera Utara. Dalihan na tolu mempunyai pengertian dan bentuk sebagai hubungan dan sistem keakraban suku Batak Toba. Dalihan na tolu berfungsi sebagai peyeimbang kehidupan di dalam masyrakat. Generasi Z merupakan konsumen terbesar dalam majunya teknologi. Dimana populasi Generasi Z merupakan para siswa/pelajar sekolah. Pertumbuhan teknologi bisa memberikan dampak negatif terhadap sikap dan karakter siswa. Kearifan lokal dalihan na tolu menjadi solusi alternatif dalam menahan faktor negatif dalam kemajuan teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, mengunakan pendekatan studi kasus yang berlokasi di Sumatera Utara. penelitian ini mengambil sampel dua sekolah yang berbeda wilayah dan demografis, untuk melihat peran kearifan lokal dalihan na tolu dalam mengontrol siswa mengunakan teknologi.  Dalam penelitian ini, ada perbedaan yang mendasar terhadap sikap siswa yang mengintegrasikan kearifan lokal dan yang tidak mengintegrasikan kearifan lokal dalam mengunakan teknologi. Partisispan dalam penelitian ini adalah guru pelajaran sejarah. Di karenakan pelajaran sejarah sangat berkaitan terhadap penanaman nilai, moral dan etika melalaui peninggalan-peninggalan sejarah maupun kebudayaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi.

 

Dalihan na tolu is one of the local wisdoms that develops in North Sumatra. Dalihan na tolu has an understanding and form as a relationship and system of familiarity with the Toba Batak tribe. Dalihan na tolu serves as a balance of life in the community. Generation Z is the biggest consumer in the advancement of technology. Where the Generation Z population is students / school students. Technology growth can have a negative impact on student attitudes and character. Local wisdom should be an alternative solution in resisting negative factors in technological progress. This research is a descriptive qualitative study, using a case study approach located in North Sumatra. This study sampled two different regional and demographic schools, to see the role of local wisdom in managing students in using technology. In this study, there are fundamental differences in attitudes of students who integrate local wisdom and who do not integrate local wisdom in using technology. Partisispan in this study is a history lesson teacher. Because history lessons are closely related to the planting of values, morals and ethics through historical and cultural relics. Data collection methods used in this study were observation, interviews and documentation.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v13i12019p25


Keywords


Dalihan Na Tolu, Kontrol Sosial, Teknologi

References


Ainina , Indah Ayu .2014.“Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah”. Indonesian journal of history education, Vol. 3 (1) Tahun 2014. Hlm. 40-45

Amirrachman, Alpha.2007. “Revitalisasi Kearifan Lokal Studi Resolusi Konflik Di Kalimantan Barat, Maluku Dan Poso”. Jakarta Selatan: Internasional Center For Islam And Pluralism (ICIP)

Armawi, Armaidy. 2008. “Kearifan Lokal Batak Toba Dalihan Na Tolu Dan Good Governance Dalam Birokrasi Publik”. Jurnal filsafat, Vol 18 (no.2) 2008. Hlm. 157-166

Creswell, John W. 2018. “Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset Memilih Di Antara Lima Pendekatan (Edisi Ke-3)”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faqihuddin, Achmad. 2017. “Internalisasinilai-Nilaihumanistik Religius Pada Generasiz Dengan “Designfor Change” “. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 12, No. 2, Agustus 2017. Hlm. 263-284

Gultom, Andri Fransiskus . 2014. “Refleksi Konseptual Dalihan Na Tolu Dan Porhalaan Pada Etnis Batak Toba Dalam Perspektif Kosmologi”. Filsafat Islam: Historisitas Dan Aktualisasi (Peran Dan Kontribusi Filsafat Islam Bagi Bangsa). Prosiding, Vol. 1 (cet. 1). Fa Press, Yogyakarta. Hlm. 194-207.

Hamalik, Oemar. 2008. “Kurikulum dan Pembelajaran”. Jakarta: Sinar Grafika.

Hariyono .2018. “Pendidikan Sejarah Dan Karakter Bangsa: Sebuah Pengantar Dialog”. JPSI. Vol. 1, No., 1, 2018. Hlm: 1-22

Hasan, S Hamid. 2012. Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita VOl. 22, No. 1 - Januari 2012. Hlm.81-95.

Kemendikbud. 2013.” Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mahmud, H, Suntana, Ija. 2012. “Antropologi Pendidikan”. Bandung : CV Pustaka Setia.

Nainggolan, Togar. 2012. “Batak toba sejarah dan transformasi religi”. Medan : Penerbit Bina Media Perintis.

Ngafifi, Muhamad. 2014. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya”. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi Volume 2, Nomor 1, 2014. Hlm. 33-47.

Patton, M. Q. 2009. “Metode Evaluasi Kualitatif”. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Purnomo, Agus, Ratnawati , Nurul, Dan Aristin, Nevy Farista. 2016. “Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z”. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol.1 No.1 April 2016. Hlm. 70-77

Putra, Ilham Eka. 2013.Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif. Jurnal TEKNOIF, Vol.1, No.2, Edisi Oktober 2013. Hlm. 20-25

Putra, Yanuar Surya. 2016.” Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi”. Among Makarti Vol.9 No.18, Desember 2016. Hlm. 123-134

Sanjaya, Wina. 2012. “Media Komunikasi Pembelajaran”. Jakarta: Kencana

Sinaga, bornok.2009. “Model Pembelajaran Bermuatan Soft Skills Dengan Pola Interaksi Sosial Dalihan Na Tolu”. Generasi kampus, volume 2, 1 april 2009. Hlm. 1-20

Sinaga, Richard. 2016. “Perkawinan adat dalihan na tolu”. Jakarta: Dian Utama Durkheim, Emile.1984. “Theoretical Traditions In The Social Sciences”. London: The Macmillan.

Widiastuti, Nelly Indriani, Setiawan, Irwan.2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (Komputa) Volume. I Nomor. 2, Bulan Oktober 2012. Hlm. 41-48.

Mei Amelia R, 2016 http://news.detik.com/berita/d-3224980/polda-metro-ungkap-6-kasus-kejahatan-internet-melibatkan-anak-di-bawah-umur . (Diakses, 29 Maret 2019).

Harian Online Sumut Pos, 2011 https://sumutpos.co/2011/11/23/buku-muatan-lokal-dibagi-ke-seluruh-sekolah/ (Diakses, 29 Maret 2019).

Harian Online Jawa Pos, 2016 https://www.jawapos.com/jpg-today/02/12/2016/sumut-jadikan-pendidikan-lalu-lintas-sebagai-mata-pelajaran-muatan-lokal/ (Diakses, 29 maret 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter