Implementasi Nilai Local Wisdom Pela Gandong dalam Pendidikan Pasca Rekonsiliasi Konflik Ambon

Anju Nofarof Hasudungan, Sariyatun Sariyatun, Sutiyah Sutiyah

Abstract


Abstrak: Collective memory masyarakat Ambon Maluku terhadap konflik yang terjadi tahun 1999-2003 telah menyadarkan bahwa nilai local wisdom Pela Gandong yang dimiliki ratusan tahun lamanya sangat penting dipertahankan. Bahkan, mengoptimalkan fungsinya guna mempertahankan rekonsiliasi konflik Ambon Maluku yang telah tercapai. Masyarakat Ambon Maluku mendefinisikan Pela Gandong sebagai model persahabatan, sistem persaudaraan, atau sistem persekutuan yang di kembangkan antar seluruh penduduk asli dari dua negeri atau lebih bahkan sebelum kedatangan kolonial. Saat konflik Ambon terjadi Pela Gandong menjadi bagian dari resolusi konflik. Dewasa ini, masyarakat Ambon Maluku telah memperluas fungsi Pela Gandong diberbagai bidang termasuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana implementasi nilai local wisdom Pela Gandong dalam pendidikan. Penelitian dilakukan pada Januari 2018 di SMPN 9 Ambon dengan 98 % siswanya beragama Kristen/Katolik dan SMPN 4 Salahutu Liang beragama 100 % Islam. Guna mendapatkan jawaban peneliti, dipergunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui metode studi kepustakaan, wawancara, dan observasi-partisipatoris. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi nilai-nilai multikultural Pela Gandong dapat terlaksana dengan baik dalam institusi pendidikan formal.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i22019p179


Keywords


Local Wisdom, Pela Gandong, Konflik Ambon, Pendidikan Multikultural

Full Text:

PDF

References


Bartels, Dieter. (2017). Di bawah naungan Gunung Nunusaku, Muslim- Kristen hidup berdampingan di Maluku Tengah (Malteng). Kepustakaan Populer Gramedia.

Creswell, John W. (2018). Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset Memilih Di Antara Lima Pendekatan (Edisi ke-3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Nasution. (2003). Metode Research, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Pelu, Musa. (2017). Pendidikan Budi Pekerti Di Sekolah Pemberdayaan Modal Sosial dan Modal Budaya. Surakarta: UNS Press

Aditjondro, George Junus. (2001). Ketika Semerbak Cengkih Tergusur Asap Mesiu, Tragedi Kemanusiaan Maluku di Balik Konspirasi Militer, Kapitalis Birokrat, dan Kepentingan Elit Politik. Jakarta:Sekretariat Tapak Ambon.

Pareno, Sam Abede. (2001). Ketika Semerbak Cengkih Tergusur Asap Mesiu, Tragedi Kemanusiaan Maluku di Balik Konspirasi Militer, Kapitalis Birokrat, dan Kepentingan Elit Politik. Jakarta:Sekretariat Tapak Ambon.

Sumber Jurnal

A. Bank, James. (1989a). Multicultural education: Characteristics and goals. In J. A. Banks & C. A. Banks, James. (Eds.), Multicultural education: Issues and per- spectives (pp. 2-26). Boston: Allyn and Bacon.

_____________dan Cherry A. Mc Gee (ed). 2001. Handbook of research on Multicultural Education. San Francisco: Jossey Bass.

_____________. (2009). Pluralism and educational concepts: A clarification, University of Washington , Seattle Published online: 04 Nov 2009.

Al Qurtuby, Sumanto. (2013). Peacebuilding in Indonesia: Christian–Muslim Alliances in Ambon Island. Kroc Institute for International Peace Studies, University of Notre Dame, Indiana, USA.

Boulding, Elise. 1998. Peace culture: the problem of managing human difference. Cross Currents, Winter 1998, p. 445. Academic OneFile, Accessed 23 Feb. 2019.

Bräuchler, Birgit. (2009). Cultural Solutions to Religious Conflicts? The Revival of Tradition in the Moluccas, Eastern Indonesia. Asian Journal of Social Science 37, 872—891. DOI: 10.1163/156848409X12526657425226

Hofstede, Geert & Gert Jan Hofstede. 2005. Culture and Organizations Software of the Mind, McGraw-Hill.

Lederach, John Paul. 1999. Building Peace: Sustainable Reconciliation in Divided Societies, Library of British Council, Liverpool.

Sumber Internet

https://www.radiodms.com/berita-maluku/smp-9-n-ambon-dan-smp-negeri-4-salahatu-gelar-panas-pela-pendidikan/




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v2i2p179-190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats