Menanamkan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah SMA

Pi'i Pi'i

Abstract


Permasalahan pembelajaran sejarah pada saat ini sangat beragam antara lain kurangnya keterampilan dalam menanamkan nilai-nilai dalam pembalajaran sejarah. Hal ini sebagai akibat dari pembelajaran sejarah masih dilaksanakan secara konvensional, ekspository (bercerita) sehingga pembelajaran tidak menarik, kering, jauh dari berfikir kritis dan kreatif, membosankan, tidak konstektual, dan kurang memperhatikan aspek sikap (nilai). Untuk memecahkan permasalahan pembelajaran tersebut, dengan menanamkan  kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah, dengan menerapkan model pembelajaran yang mencerminkan pendekatan saintifik seperti inquiry learning. Penerapan model pembelajaran yang efektif, pembelajaran menjadi konstektual, dan mendorong peserta didik berfikir logis, kritis, kreatif, terampil, dan mampu menangkap makna atau nilai-nilai lokal yang terkandung dalam meteri pembelajaran. Penanaman kearifan lokal berjalan efektif jika didukung keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah yang sarat makna (nilai).

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i22019p109


Keywords


kearifan lokal, pembelajaran sejarah

Full Text:

PDF

References


Ankersmit, F.R.. 1987. Reflesi Tentang Sejarah, Pendapat-pendapat Modern Tentang Filsafat Sejarah, Jakarta: PT Gramedia.

Danandjaja, James. 1997. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain lain. Cetakan V. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Dit. PSMA. 2014. Modul Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta: Kemendikbud.

................... 2017. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta; Kemendikbud.

Hasan, S. Hamid. 2014. Pendidikan Sejarah Dalam Kurikulum 2013 (Makalah), Solo: Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

https://wisata-bromo.com/upacara-kasada-hari-rayafestival-adat-suku-tengger-yadnya-kasada/ diunduh 19/09/2019 jam 9.07

Lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lampiran Permendikbud RI Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Permendikbud RI Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mulyana, Agus. 2009. Mengembangkan Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah, Makalah yang disajikan pada Seminar Internasional “Mengembangkan Social Skill Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah” Kerjasama Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI dengan Universitas Kebangsaan Malaysia, Bandung, 29 Januari 2019.

Mustopo, M. Habib. 2006. Sejarah SMA Kelas X, Jakarta; Yudhistira.

Romadi dan Kurniawan, Febri. 2017. Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa, dalam Jurnal Sejarah dan Budaya, UNNES Semarang, Tahun Kesebelas, Nomor 1, Juni 2017.

Soekmono, R. 1974. Candi, Fungsi dan Pengertiannya. Disertasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Supriatin, Yeni Mulyani. 2012. Tradisi Lisan dan Identitas Bangsa: Studi Kasus Kampung Adat Sinarresmi Sukabumi, dalam Jurnal Patanjala, Balai Pelestarian Nilai Budaya Bandung, Vol. 4, No. 3, September 2012: 407-418

Wahyudi, Deny Yudo dan Jati, Slamet Sujud Purnawan. 2014. Relief Ari Darma di Candi Jago, dalam Sejarah dan Budaya, Jurnal Sejarah Budaya dan Pengajarannya, Jurusan Sejarah, FIS UM Malang, Tahun Kedelapan, Nomor 2, Desember 2014, ISSN: 1979-9993.

Wirawan, I Kdk Widya dkk. 2014. Pelaksanaan Penddidikan Karakter Melalui Pendidikan Sejarah (Studi Kasus Pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Marga Tabanan , dalam e-Jurnal Journal Program Pasca Sarjana Univeristas Ganesa, Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 5 Tahun 2014).

Utami, Indah Wahyu Puji dan Widiadi, Aditya Nugraha. 2016. Wacana Bhineka Tunggal Ika Dalam Buku Tek Sejarah, dalam Jurnal Paramita Vol. 26 No. 1 Tahun 2016, ISSN: 0854-0039, E-ISSN: 2407-5825, FIS Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats