Penerapan Metode Teamsgame Tournament dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMAN 1 Purwosari

Shela Dwi Utari, Tridea Rahmawati

Abstract


Indonesia adalah negara yang sedang berkembang dalam dunia pendidikan, pendidikan merupakan aspek penting dalam pembangunan sumber daya untuk mengikuti setiap tantangan yang berbeda di tiap-tiap zaman. Pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan dari masa ke masa menjadi suatu tatanan yang semakin mompleks seusia dengan kebutuhan masyarakat. Perubahan yang terkait dengan pendidikan adalah adanya kurikulum baru seperti kurikulum 2013 revisi 2017. Pada kurikulum ini membawa suatu perubahan pada sistem pembelajaran di sekolah. Hal ini terwujud dengan berubahnya model pembelajaran, dimana pada sebelum diterapkannya kurikulum ini berbasis pada teacher center kemudian setelah diterapkan menjadi student center. Perubahan ini menimbulkan suatu metode-metode baru dalam terselenggaranya pendidikan di kelas. Pada artikel ini kami melakukan suatu penelitian terhadap siswa SMA kelas X di SMAN 1 Purwosari pada matapelajaran sejarah utamanya materi kerajaan hindu-buddha. Berdasarkan permasalahan tersebut kami mendapatkan permasalahan yang salah satunya adalah guru masih belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Kemudian dalam artikel ini kami akan memerikan suatu solusi dimana permasalahan tersebut dapat diatasi dengan metode teams game tournament dengan menggunakan permainan scavenger hunt. Metode penelitian yang kami lakukan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara kepada salah satu guru sejarah  di SMAN 1 Purwosari. Kemudian kami juga melakukan studi kepustakaan untuk melengkapi kekurangan sumber. Berdasarkan penelitian kami dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dialami oleh guru sejarah SMAN 1 Purwosari yaitu: kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan belum mencerminkan student center, guru belum melakukan pembelajaran sesuai dengan sifat khas yang dimiliki oleh setiap peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut kami memberikan suatu solusi dimana diterapkannya metode teams game tournament disertai permainan scavenger hunt. Hal ini dapat menimbulkan tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, serta tujuan dari pembelajaran akan lebih mudah terlaksana.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v2i22019p191


Keywords


Metode Teams Game Tournament, Matapelajaran Sejarah, SMAN 1 Purwosari.

Full Text:

PDF

References


Arifin.2012. Implementasi pendidikan multikultural dalam praksis pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/1052.

Hakim. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Student Active Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (Eksperimen pada Mahasiswa Prodi Muamalah IAIN Ponorogo. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. Dari http://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/18.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, Vian Dian. 2012. Peningkatan Kompetensi Membuat Macam - Macam Pola Rok dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMKN 6 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: FT UNY.

Majid, Abdul. 2017. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2016. Guru Dalam Implementasi Kurikulum2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Dian Riski, & Rachman, Abdul. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) TGT Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli di Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1), 161¯165. Dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/download/2820/5733.

Sukmadinata. 2016. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryadinata, Yermia Rendy. 2017. Peningkatan Keaktifan Belajar dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Metode Teams Games Tournament (TGT)dengan Media Monopoli Pada Peserta DidikKelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Godean. Jurnal ISTORIA, 13(1), 1¯14. Dari https://doi.org/10.21831.istoria.v13i2.17653.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widhiastuti, Ratieh, & Fachrurrozie. 2014. Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Metode untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 9(1), 48¯56. Dari https://media.neliti.com/media/publications/59114-ID-teams-games-tournament-tgt-sebagai-metod.pdf.

Wiradama, I Kadek, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Sawan Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Widya WInata, 3(1), 1¯10. Dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPS/article/viewFile/4846/3660.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v2i2p191-201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats