Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Majalah dan Kahoot dalam Kegiatan Pembelajran Sejarah di SMAN 1 Panggul Kelas XI IPS 1
Abstract
Abstrak: permasalahan yang dihadapi Guru Sejarah dari dulu hingga sekarang masih cenderung sama dimana siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar belajar dan cenderung merasa bosan, hal ini juga terjadi di SMAN 1 panggul. Guru telah menerapkan beberapa metode pembelajaran namun para peserta didik masih bersifat pasif dan selalu mengatuk dikelas.Tim peneliti berusaha memberikan solusi berupa pemanfaatan media majalah dan kahoot dalam proses belajar mengajar. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, permasalahan pembelajaran sejarah di SMAN 1 Panggul beserta Solusinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, T. A. 2014. Kendala-Kendala Guru dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial di SMA Negeri Kota Semarang, Jurnal Paramita, 24(2), 266-276. Dari https://www.researchgate.net/publication/287140693_KENDALA-KENDALA_GURU_DALAM_PEMBELAJARAN_SEJARAH_KONTROVERSIAL_DI_SMA_NEGERI_KOTA_SEMARANG/link/5671c0a208aeb8b21c6dc6fe/download
Alfian, M. 2011. Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. Jurnal Historia Vitae, 3(2).Dari https://www.usd.ac.id/lembaga/lppm/f1l3/ Jurnal%20Historia%20Vitae /vol24 no1april2010/PARADIGMA%20PEMBELAJARAN%20SEJARAH%20YR%
Hasan, S., H. 2003. Strategi Pembelajaran Sejarah Pada Era Otonomi Daerah Sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah.
Lilia, L & Widodo, A., T. 2014. Implementasi Pembelajaraan Kontekstual Dengan Strategi Percobaan Sederhana Berbasis Alam Lingkungan Siswa Kelas X. Journal unnes.ac.id, 2 (8),1352.Dari:https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/download/4440/3804
Marwoto. 2014. Strategi Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMAN 10 Pekanbaru. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah Dan Sosial, 5(14),26. Dari https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JSBS/article/view/2822/2763
Megawanti, P. 2015. Meretas Permasalahan Pendidikan di Indonesia, Jurnal Formatif, 2(3), 227-234. Dari https://journal.lppmuninddra.ac.id/
Rahmat, P., S. 2009. Penelitian Kulitatif. Equilibrium, 5(9),2¯3. Dari http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Putri, A. R., dan Muzakki, A. M. 2019. Implementasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Base Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, Dari http://pgsd.umk.ac.id/
Santoso, E. 2017. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Studi pada siswa kelas V SDN Sukarasa II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Tahun pelajaran 2014-2015 ). Jurnal Cakrawala Pendas, 1 (3), 20¯22. Dari: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/download/407/388
Sayono, J. 2013. Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, (1),9. Dari http://journal.um.ac.id/index.php/sejarah-dan- budaya/article/view/4733/2256
Suprihatin, C., Supurwoko, dan Wahyuningsih, D. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Majalah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMP Pada Materi Cahaya. Dari http://media.neliticom/
Yunita, R. 2016. Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X Sma Negeri 1 Vii Koto Sei. Sarik Kabupaten Padang-Pariaman. Jurnal STKIP PGRI SUMATRA BARAT, 7¯8. Dari http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/4462/
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v2i2p153-163
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index
E-ISSN 2622-1837
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.