MENUMBUHKAN KEMBALI MINAT BELAJAR SEJARAH LOKAL PELABUHAN SENAPELAN PADA DIRI SISWA SMA MELALUI KARYA WISATA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku dan Jurnal
Adam, S. S. (2016). The Effectiveness of Using Field Trip Technique to The Writing Skill for The Senior High Students. EDUKASI, 14(1).
Anggraeni, A. R. (2019). Keragaman Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Basri, H. (1985). Menegakkan Bendera Merah Putih di Daerah Riau. Pekanbaru: Yayasan Penerbit Masyarakat Sejarawan Indonesia Daerah Tingkat I Riau
Behrendt, M., & Franklin, T. (2014). A review of research on school field trips and their value in education. International Journal of Environmental and Science Education, 9(3), 235-245.
Burhan, B. (2001). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.
Daliman, D. (1988). Peranan Pendidikan Sejarah dalam Proses Sosialisasi Sikap Nasionalisme. Yogyakarta : Puslit IKIP Yogyakarta
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Garraghan, J. (1957). A Guide to Historical Method. New York: Fordham University Press.
Garvey, B., & Krug, M. (2015). Model-model pembelajaran sejarah di sekolah menengah. Yogyakarta: Ombak.
Gottschalk, Louis. 1975. Mengerti Sejarah, Terjemahan Nugroho Notosusanto. Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia
Ismail, N. Z. I., Herman, N. S., Sahib, S., Devaraju, A., Hassan, A., & Muslim, Z. (2006). Prototype of GIS Based Location Information Enquiry System.
Kasmadi, H. (1996). Model-Model Dalam Pengajaran Sejarah. Semarang: IKIP Semarang Press.
Kramadibrata, S. 2002. Perencanaan Pelabuhan. Bandung: Penerbit ITB.
Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance improvement, 42(5), 34-37.
Myers, B., & Jones, L. (2004). Effective use of field trips in educational programming: A three stage approach. EDIS, 2004(8).
Nawi, N. F., & Azmi, A. F. (2016). An assessment of the effectiveness of field trips as a teaching and learning strategy: A case study of field trip to the parliament. Journal of Academia, 4(1), 1-11.
Ngalimun, N. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presiondo.
Noel, A. M., & Colopy, M. A. (2006). Making history field trips meaningful: Teachers' and site educators' perspectives on teaching materials. Theory & Research in Social Education, 34(4), 553-568.
Oemar, K. 1992. Perjuangan Pemuda Selatpanjang dalam Mempertahankan Kemerdekaan di Selatpanjang dari tahun 1945 sampai tahun 1950.
Salam, R. (2017). Efektifitas Penanaman Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Metode Karyawisata Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), 105-111.
Sudaryadi, S. (2007). Dampak Pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan Terhadap Output Sektor Produksi Dan Pendapatan Rumah Tangga Jawa Tengah (Simulasi SNSE Jawa Tengah 2004) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).
Suwardi, M.S., Ghalib, W., Isjoni, Zulkarnain. (2006). Dari Kebatinan Senapelan ke Bandaraya Pekanbaru, Menelisik Jejak Sejarah Kota Pekanbaru 1784-2005. Pekanbaru: Alaf Riau
Utari, U., & Zafri, Z. (2020). Pelaksanaan Metode Karyawisata pada Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 2 di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Kronologi, 2(1), 33-39.
Wells, J. K. (1977). The British West Sumatran presidency 1760-1785. Kuala Lumpur: Universiti Malaya.
Whyte, R. O., K. S., Shandu, Wheatley, P. (1983). The ecological setting. In K. S Shandu, Wheatley, P. (ed). Melaka the transformation of a Malay capital c. 1400-1980.Vol. 1 (pp. 70-97). Kuala Lumpur: Oxford University Press.
Yusuf, A., dkk. (2004). Sejarah Perjuangan Rakyat Riau Tahun 1942-2002 Buku I. Pekanbaru: Badan Kesejahteraan Sosial Provinsi Riau.
Narasumber
Bapak Arifin, masyarakat desa Senapelan, wawancara pada 15 Januari 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v4i1p35-48
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index
E-ISSN 2622-1837
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.