EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA MELALUI BLENDED LEARNING TIPE FLIPPED CLASSROOM DI SMKN 1 NGAWI PADA MASA PANDEMI COVID 19

Murdianto Murdianto

Abstract


Tujuan penelitian ini : 1) mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran sejarah Indonesia melalui  blended learning tipe flipped classroom di SMKN 1 Ngawi. Metode kuantitatif tipe One Group Pretest-Posttest Design dipakai   di dalam penelitian ini.  Sebanyak 72  siswa dari  program keahlian teknik elektro  kelas x SMKN 1 Ngawi tahun pelajaran 2021/2022 menjadi subyek dalam penelitian ini  . Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar materi konsep-konsep dasar manusia, ruang, waktu, diakronis (kronologi), sinkronis, guna sejarah, sejarah dan teori sosial, metode penelitian sejarah, serta sejarah lokal. Di akhir penelitian diketahui bahwa pembelajaran Blended Learning tipe flipped classroom sangat  efektif  guna  diterapkan di jenjang  pendidikan menengah kejuruan. Hal tersebut bisa dilihat dari hasil perhitungan tabel 8.7> 1.67, karena t> tabel>, maka Blended Learning tipe flipped classroom efektif dalam meningkatkan nilai prestasi siswa. Syarat mutlak yang wajib  dipenuhi agar hasilnya optimal adalah : 1)  perencanaan dan fasilitas system yang baik; 2)  isi materi  yang lengkap dan menarik; dan 3) pengawasan  serta  penilaian secara berkala dalam proses pembelajaran.


Keywords


pembelajaran sejarah; blended learning; flipped classroom; pandemic covid 19

Full Text:

PDF

References


Allesi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). https://csuglobal.blackboard.com/bbcswebdav/institution/FCC Content/csfiles/home_dir/externalFiles_20130401041211/library__xid-1005_5/Textbook Reserve__xid-13309_5/OTL__xid-14610_5/OTL543__xid-17718_5/OTL543_Module2__xid-14582_5-2.PDF

Bowles-Terry, M., Hensley, M. K., & Hinchliffe, L. J. (2010). Best practices for online video tutorials in academic libraries: A study of student preferences and understanding. Communications in Information Literacy, 4(1), 17–28. https://doi.org/10.15760/comminfolit.2010.4.1.86

Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Sinapoy, M. S., Djalante, S., Rafliana, I., Gunawan, L. A., Surtiari, G. A. K., & Warsilah, H. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 6. https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091

Jaedun, A. (2011). Oleh : Amat Jaedun. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12.

Maiti, & Bidinger. (1981). “Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember.” Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mehring, J. (2017). The flipped classroom. Innovations in Flipping the Language Classroom: Theories and Practices, 1–9. https://doi.org/10.1007/978-981-10-6968-0_1

Nurre, S. G., & Sharkey, T. C. (2018). Online scheduling problems with flexible release dates: Applications to infrastructure restoration. Computers and Operations Research, 92(1254258), 1–16. https://doi.org/10.1016/j.cor.2017.11.014

Popkova, E. G. (2019). Preconditions of formation and development of industry 4.0 in the conditions of knowledge economy. In Studies in Systems, Decision and Control (Vol. 169). https://doi.org/10.1007/978-3-319-94310-7_6

Rika Sukayanti, L., Komang Sudarma, I., Nyoman Jampel, I., & Teknologi Pendidikan, J. (2018). Pengembangan Blended Learning Tipe Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(1), 134–146. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20279

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Sejarah, J., Sosial, F. I., & Semarang, U. N. (2014). Efektivitas Pembelajaran Sejarah Dengan Mengunakan Model Pembelajaran E – Learning. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 6–10.

Sya’roni, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Blended Learning Tipe Flipped Classroom Berbasis Lesson Study For Learning Community …. In repository.unej.ac.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v4i2p250-259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats