PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI PERTEMPURAN SURABAYA 1945 UNTUK SISWA KELAS XI IPS MAN 2 TULUNGAGUNG

Nitatun Khafidhoh, Aditya Nugroho Widiadi, Ulfatun Nafi'ah

Abstract


This research on the development of Lectora Inspire learning media aims to produce a learning media that was developed based on needs analysis, as well as to determine the level of validity and effectiveness of the media with the Surabaya 1945 battle content in learning history in class XI IPS MAN 2 Tulungagung. The subjects in this research and development are content experts, media experts and students of class XI IPS 1 MAN 2 Tulungagung. The method in this research and development uses the R&D model developed by Sugiyono (2015), namely: (1) potential and problems; (2) data collection; (3) product design; (4) design validation; (5) design revision; (6) product trial; (7) product revision; (8) trial use; (9) product revision; (10) mass product manufacture. Based on the results of data analysis, the results of content validation get a percentage of 90 percent, while the results of media validation get a percentage of 87.5 percent. The results of the product effectiveness questionnaire in the small group got a percentage value of 85.1. percent, while the large group got a percentage value of 88.9 percent. Based on the percentage value, it can be concluded that the Lectora Inspire-based learning media is valid and very effective for use in learning Indonesian history.

Penelitian pengembangan media pembelajaran Lectora Inspire ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan, serta untuk mengetahui tingkat kevalidan dan keefektifan media dengan konten pertempuran Surabaya 1945 pada pembelajaran sejarah di kelas XI. IPS MAN 2 Tulungagung. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah ahli isi, ahli media dan siswa kelas XI IPS 1 MAN 2 Tulungagung. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model R&D yang dikembangkan oleh Sugiyono (2015), yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) penggunaan percobaan; (9) revisi produk; (10) pembuatan produk massal. Berdasarkan hasil analisis data, hasil validasi isi mendapatkan persentase sebesar 90 persen, sedangkan hasil validasi media mendapatkan persentase sebesar 87,5 persen. Hasil kuesioner keefektifan produk pada kelompok kecil mendapat nilai persentase 85,1 persen, sedangkan kelompok besar mendapat nilai persentase 88,9 persen. Berdasarkan nilai persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire valid dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah bahasa Indonesia.


Keywords


Learning media; Lectora inspire; Battle of Surabaya 1945; Pertempuran Surabaya 1945

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran (A. Holid (ed.); Cetakan ke). PT. Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. 2014. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Firmadani, F. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1).

Jalinus, N., & Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=wBVNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=media+pembelajaran&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwig7pCW9d3sAhXKQ30KHbJNBtYQ6AEwAnoECAYQAg#v=onepage&q=media pembelajaran&f=false%0Ahttps://books.google.co.id/books?id=wBVNDwAAQBAJ&pg=PR3&lpg=

Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.

Mas’ud, M. 2012. Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora Inspire (M. Safrodin (ed.)). PT. Skripta Media Creative.

Nuraisah, K. D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah LEPIPA (Lectora Inspire Peradaban Awal Di Benua Eropa) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 2 Di MAN 1 Malang. Universitas Negeri Malang.

Nursidik, H., & Indah, R. A. S. 2018. Media Pembelajaran Interaktif Berbantu SOftware Lectora Inspire. Jurnal Matematika, 1(2), 237–244.

Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. 2017. Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sulistyo, W. D., & Nafi’ah, U. 2019. Analisis Kebutuhan dan Tantangan Paradigma Baru Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0. https://doi.org/10.31227/OSF.IO/ETMZ7

Suryani, N. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis IT. SEJARAH DAN BUDAYA, 10(2), 186–196.

Susanto, H. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran). Aswaja Pressindo.

Wati, E. R. 2016. Ragam Media Pembelajaran: Visual-Audio Visual-Komputer-Power Point-Internet-Interactive Video (A. Jarot (ed.)). Kata Pena.

Yulio, I. P. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Audio Visual SI EKO (Sarekat Islam Ensiklopedia) Berbasis Lectora Inspire Untuk Kelas X SMKN 1 Batu. Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v5i2p191-203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats