PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI DAN KUIS SEJARAH (AKIRA) DENGAN MATERI KEDATANGAN BANGSA-BANGSA EROPA KE INDONESIA DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 LAWANG

Nuzulul Hidayati Marsudi, R. Reza Hudiyanto, Wahyu Djoko Sulistyo

Abstract


Some of the potential and problems found at SMAN 1 Lawang include the existing facilities at school and also the ability of students and teachers who are able to use available technology. The problem arises where the media that has been used so far is felt by teachers at the school to be less effective in conveying material during short lesson hours. Therefore, this research will develop media, namely animation media and historical quizzes (AKIRA). This research uses Sugiyono's development method. Based on the results of product trials, it can be concluded that AKIRA media is effective and able to attract students' interest in understanding the material compared to using media in the form of textbooks.

Beberapa potensi dan masalah yang ditemukan di SMAN 1 Lawang diantaranya adalah fasilitas yang ada disekolah dan juga kemampuan peserta didik dan guru yang mampu menggunakan teknologi yang tersedia. Masalah muncul dimana media yang selama ini digunakan dirasa guru di sekolah tersebut kurang efektif dalam menyampaikan materi pada jam pelajaran yang singkat. Oleh karenanya pada penelitian ini akan mengembangkan media yaitu media animasi dan kuis sejarah (AKIRA). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Sugiyono. Berdasarkan hasil ujicoba produk dapat disimpulkan bahwa media AKIRA efektif dan mampu menarik minat peserta didik dalam memahami materi dibandingkan menggunakan media berbentuk buku teks.


Keywords


Pengembangan media pembelajaran; animasi; kuis

Full Text:

PDF

References


Agung, D. A. G. (2021). Pembelajaran sejarah di era Revolusi Industri 4.0: Sebuah alternatif. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia (JPSI), 4(1), 1–8.

Akbar, S. (2016). Instrumen perangkat pembelajaran (A. Holid, Ed.). PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ambarwangi, W. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi sejarah dengan menggunakan Adobe After Effects materi Kerajaan Majapahit untuk Kelas X SMKN 11 Malang. Universitas Negeri Malang.

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.283

Pratiwi, Mahardia. I. T., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3.

Saadah, I. D. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis video animasi dengan menggunakan Adobe After Effect. UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/27367/1/Ifa Datus Saadah_D94211073.pdf

Safitri, I. K., & Isnawati, N. D. (2015). Kelayakan teoritis media animasi interaktif electronic game flash sirkulasi manusia. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(3), 986–971.

Sayono, J. (2013). Pembelajaran sejarah di sekolah: Dari pragmatis ke idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya., 7(1), 9–17.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyo, W. D. (2019). Study on Historical Sites: Pemanfaatan situs sejarah Masa Kolonial di Kota Batu sebagai sumber pembelajaran berbasis outdoor learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 124–135.

Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran. https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/download/3212/2692




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v6i1p44-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats