PENGARUH MEDIA GOOGLE SLIDE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP MOTIVASI DAN KEEFEKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA ISLAM ATHIRAH 1 MAKASSAR

Bahri Bahri, Najamuddin Najamuddin, Andi Ida Kesuma, Jumarni Jumarni

Abstract


This study is quasi-experimental research aimed to determining the effect of google slide presentation media in distance learning toward students’ motivation and learning activeness XI MIPA SMAS Islam Athirah 1 Makassar. A pretest-posttest non-equivalent control group design was employed in this study. The population in this study were all students of class XI MIPA SMAS Islam Athirah 1 Makassar in the academic year 2019/2020 which consisted of 4 classes totaling 108 students. The sampling technique used is class random sampling so that 2 classes were selected as sample research, experimental class and control class. The experimental class was class XI.1 MIPA, which was taught using the Google Slide presentation media while the control class was class XI.IV MIPA which was taught using conventional presentation media. The independent variable in this study is the Google Slides presentation media and the dependent variable is learning motivation and learning activeness. Motivation and learning activeness data obtained were then analyzed using descriptive and inferential statistics. Hypothesis testing was carried out using the Independent Sample T-Test analyzed. The test results show that there is a positive effect of google slide presentation media in distance learning toward motivation and learning activeness students’ class XI MIPA SMAS Islam Athirah 1 Makassar. The results showed that the scores on motivation and learning activeness increased but not significantly. The learning motivation score of the experimental class increased by 41,06 percent, in the control class it increased by 26,45 percent, while the experimental class students' learning activeness score increased by 45,51 percent and in the control class increased by 26,82 percent.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) bertujuan mengetahui pengaruh media presentasi google slide dalam pembelajaran sejarah terhadap motivasi dan keaktifan belajar peserta didik di SMA Islam Athirah 1 Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Islam Athirah 1 Makassar pada semister ganjil tahun ajaran 2022/2023. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik class random sampling sehingga terpilih 2 kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA I dengan menggunakan media presentasi Google Slide sedangkan kelas kontrolnya adalah kelas XI MIPA IV menggunakan media presentasi konvensional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media presentasi Google Slide dan variabel terikatnya adalah motivasi dan keaktifan belajar. Data motivasi dan keaktifan belajar yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipótesis dilakukan dengan menggunakan análisis independent sample t-test atau uji-t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif media presentasi Google Slide dalam pembelajaran terhadap motivasi dan aktivitas belajar peserta didik kelas XI MIPA SMA Islam Athirah 1 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor motivasi dan keaktifan belajar mengalami kenaikan namun tidak begitu signifikan. Skor motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen meningkat sebesar 41,06 persen, kelas kontrol meningkat sebesar 26,45 persen, sedangkan untuk skor keaktifan belajar peserta didik kelas eksperimen menigkat 45,51 persen dan pada kelas kontrol meningkat 26,82 persen.


Keywords


Motivation; student activeness; Google Slide

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77–89. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/2450

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2021). Desain pendidikan dan teknologi pembelajaran daring di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Qahar Publisher.

Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni POMITS, 2(1), 28–32. http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/2856

Ariyati, S., & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 2(1), 116–121. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/download/369/278

Danumiharja, M. (2014). Profesi tenaga kependidikan. Deepublish.

Fatma, A., & Noviarni, N. (2022). Analisis kecemasan matematis siswa SMA/MA sederajat selama pembelajaran daring. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 029–036. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/13241

Ginting, P. (2021). Pengaruh penerapan strategi group to group exchange berbantu media microblogging edmodo terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah english syntax. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1(1). https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/6573

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., & Sulaiman, O. K. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Haryadi, R., & Selviani, D. F. (2021). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 12(2), 254–261. https://doi.org/10.47200/AOEJ.V12I2.447

Hindayani, I., Taram, A., & Rinawati, R. (2021). Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran problem based learning berbantuan google slide. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP UAD, 1(1). http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/SemNasPPG/article/viewFile/12066/2624

Lestari, R. T., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book interaktif. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 71–76. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3529

Lestari, Y. A., & Purwanti, M. (2018). Hubungan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian pada guru sekolah nonformal X. Jurnal Kependidikan, 2(1), 197–208. https://scholar.archive.org/work/qmgxmhbeanhilh2xvu5famhaqq/access/wayback/https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/download/10207/pdf

Marlina, B. (2021). Pemanfaatan Google Workspace for education pada pembelajaran daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/6903

Qamariyah, N., & Nurhadi, A. (2021). Pentingnya analisis kebutuhan dalam program pendidikan dan pelatihan berbasis IT bagi guru PAI di tengah pandemi Covid’19. Indonesian Journal of Islamic Educational Managemen, 4(1), 7–15. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/view/11647

Salamah, W. (2020). Deskripsi penggunaan aplikasi Google Classroom dalam proses pembelajaran. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/29099

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sulistiyowati, Y. E., Desy Susiaty, U., & Oktaviana, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) berbantuan Google Slide dan Quizizz dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 1 Kubu. Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(2), 143–155. http://jurnal.smpharapanananda.sch.id/index.php/juwara/article/view/26

Wibowo, D. R. (2020). Problematika guru SD dalam pembelajaran IPS jarak jauh di masa pandemi covid-19. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 167–176. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/7538




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v6i1p157-166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats