PENERAPAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC DAN PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK X-E 11 SMA NEGERI 1 TAMAN, SIDOARJO DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH

Gary Alvin Sadewa, Corry Liana, Derry Anggraeni Purwatiningsih

Abstract


Literacy skills is important in the 21st century, which includes reading and writing literacy, scientific literacy, numeracy literacy, financial literacy, cultural and civic literacy, and digital literacy. Low literacy skill is also of great concern, the Indonesian Government even launched the “Gerakan Literasi Nasional(GLN)” program in 2017. The low literacy skill is experienced by X-E 11 students at State Senior High Scool 1 of Taman, Sidoarjo in History subject, especially reading and writing literacy. With the importance of literacy skill and the low literacy skill of students in History subject, then of course a solution must be sought immediately, one of which is through the application of combination of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) and Project Based Learning (PjBL) learning models. The purpose of this research is to examine whether the application of combination of CIRC and PjBL learning models could improve the literacy skill of the students in History subject. The method used in this research is classroom action research, with the Kemmis and Taggart model. The data collection and analysis technique used are observation and qualitative. The results showed that in cycle I, there were still 18 out of 36 students (50 percent) who scored below the criteria (78), both for historical literacy worksheet with range of 75-76 and poster scores of 76-77. For that, learning must be repeated. In cycle II, all students were able to achieve criteria (100 percent), where students whose scores were below the criteria in cycle, I had received an increase in historical literacy worksheet scores with range of 79-81 and poster scores of 8o-82. Thus, the application of combination of CIRC and PjBL can improve the literacy skill of students.

Kemampuan literasi menjadi hal penting di abad ke-21 ini, yang mencakup literasi baca dan tulis, literasi sains, literasi numerasi, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan, serta literasi digital. Rendahnya kemampuan literasi juga menjadi perhatian besar, bahkan Pemerintah Indonesia sampai meluncurkan program Gerakan Literasi Nasional (GLN) pada tahun 2017. Permasalahan kemampuan literasi yang rendah dialami oleh peserta didik kelas X-E 11 SMA Negeri 1 Taman, Sidoarjo pada mata pelajaran Sejarah, khususnya literasi baca dan tulis. Dengan pentingnya kemampuan literasi dan rendahnya kemampuan literasi peserta didik X-E 11 SMAN 1 Taman dalam mata pelajaran Sejarah, maka tentu harus segera dicari solusinya, salah satunya melalui penerapan kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Project Based Learning (PjBL). Sehingga tujuan penelitian ini adalah meneliti atau menguji apakah penerapan kombinasi model pembelajaran CIRC dan PjBL dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model PTK Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif untuk aktivitas guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, masih ada 18 dari 36 peserta didik (50 persen) yang mendapat nilai di bawah KKM (78), baik untuk LKPD literasi sejarah dengan rentang nilai 75-76 maupun nilai poster 76-77. Untuk itu, pembelajaran harus diulang. Dalam siklus II, seluruh peserta didik sudah mampu mencapai KKM (100 persen), dimana peserta didik yang nilainya di bawah KKM pada siklus I sudah mendapatkan kenaikan nilai LKPD literasi sejarah dengan rentang 79-81 dan nilai poster 8o-82. Dengan demikian, penerapan kombinasi CIRC dan PjBL dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.


Keywords


Literasi; CIRC; PjBL; peserta didik

Full Text:

PDF

References


Asrori, & Rusman. (2020). Classroom action research: pengembangan kompetensi guru. Pena Persada.

Atmazaki, et al. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Brown, C. S. (2014). Language and literacy development in the early years: foundational skills that support emergent readers. The Language and Literacy Spectrum, 24, 35-48. https://doi.org/https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1034914.pdf.

Eviliyanto, & Gultom, T. M. (2017). Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Paedagogia: Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 11-23. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16604.

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian tindakan kelas. Harapan Cerdas Publisher.

Genlott, A. A., & Grönlund, Å. (2013). Improving literacy skills through learning reading by writing: The iWTR method presented and tested. Computers & Education, 67, 98–104. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.03.007.

Ginting, E. S. (2020). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 35-38. https://www.nfra.ac.uk/publication/FUTL06/FUTI.06.pdf.

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi. Jurnal at-Taqaddum, 8(1), 21-46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163.

Hidayat, N. R., & Fitria, N. (2021). Literacy theories of children’s language development. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538, 144-147. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.031.

Mastuti, S. (2009). Penerapan model pembelajaran cooperative tipe The Power of Two dan CIRC untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap pendekatan/teori sejarah sosial guna menentukan konstruksi teori/pendekatan pada suatu karya sejarah. Universitas Negeri Surabaya.

Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian tindakan kelas: Teori dan praktik. Ganding Pustaka.

Mulia, V. L. C. (2016). The contributions of literacy skills to national development. Leksema: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 111–118. https://doi.org/10.22515/ljbs.v1i2.101.

Nilakusmawati, D. P. E., Sari, K., & Puspawati, N. M. (2015). Panduan penelitian tindakan kelas. Universitas Udayana.

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 23-34. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i1.14017.

Permana, A. Y. (2019). Kemampuan literasi sejarah siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) pembuatan pop up book dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Majalaya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana.

Ratnasari, N. A. D., & Winarti, M. (2020). Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan imajinasi siswa dalam pembelajaran sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 1-14. https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.21008.

Ruknan. (2017). Pengintegrasian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam pembelajaran berbasis nilai karakter sebagai pemenuhan karya ilmiah tenaga pendidik. Prossiding Seminar Nasional Pendidikan, 73-81. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://repository.ummetro.ac.id/files/artikel/d8941302c5e4d59fe9941b2de466c3a5.pdf&ved=2ahUKEwjpj4nrsY7_AhUwS2wGHS6cDcoQFnoECA4QAQ&usg=AOvVaw3jgOStJaD222PF1VVHnWGN.

Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif. Pustaka Ramadhan.

Samsiah, I. (2020). Pengaruh penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan literasi informasi ditinjau dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Departemen Pendidikan Sejarah, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia.

Saryono, D., et al. (2017). Materi pendukung literasi baca tulis. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

USAID. (2015). Cognitive development and literacy skills. USAID: From the American People.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan literasi membaca dan menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Kwangsan, 4(2), 67-80. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.84.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v6i1p132-151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats