PEMBERLAKUAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KINERJA GURU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 1 SULANG KABUPATEN REMBANG

Muhammad Habiibie Ahsani

Abstract


The implementation of the Kurikulum Merdeka (Curriculum of Freedom) implemented by SMAN 1 Sulang has had quite a big impact on schools. This study aims to explain further about the influence of the implementation of the Kurikulum Merdeka (Curriculum of Freedom) on teacher performance and student learning outcomes. The research was conducted using the mixed method method. with a greater focus on the qualitative approach and the quantitative approach only as a support in explaining qualitative data. Data collection was carried out using multiple strategies, such as observation, interviews, documents, and photos. Based on the results of this study it was found that the Kurikulum Merdeka (Curriculum of Freedom) had a considerable impact on the quality of teacher performance and student learning outcomes. This is evidenced that with the Kurikulum Merdeka (Curriculum of Freedom) teachers are more varied in using methods, media, and strategies in the learning process. In addition, student learning outcomes also show that the grades obtained in 1 semester are above the assessment results set by the school. Based on the results and discussion above, it shows that the implementation of the Kurikulum Merdeka (Curriculum of Freedom) has a good influence on teacher performance, the learning process, and student learning outcomes.

Pemberlakuan Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan oleh SMAN 1 Sulang cukup memberikan dampak yang cukup besar bagi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai pengaruh pemberlakuan Kurikulum Merdeka terhadap kinerja guru dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode mix method. dengan fokus yang lebih besar pada pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif hanya sebagai pendukung dalam menjelaskan data kualitiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan multistrategi, seperti observasi, wawancara, dokumen, serta foto. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa dengan Kurikulum Merdeka memberikan dampak yang cukup besar untuk kualitas kinerja guru dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan bahwa dengan Kurikulum Merdeka guru lebih bervariatif dalam menggunakan metode, media, dan strategi dalam proses pembelajaran. Selain itu, hasil belajar siswa juga memperlihatkan nilai yang didapatkan dalam satu semester sudah di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan hasil dan pembahasan tersebut menunjukkan bahwa pemberlakuan Kurikulum Merdeka memberikan pengaruh yang baik dalam kinerja guru, proses pembelajaran, dan hasil belajar siswa.


Keywords


Kurikulum Merdeka; kinerja guru; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Dkk, 2014. Pengetahuan, Sikap, Dan Persepsi Guru Terhadap Program Inklusif Pendidikan Khas. Proceedings International Seminar Of Postgraduate Special Education 4th Series 2014.

Creswell, J.W. 2017. Research Design: Pendekata Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Isjoni. 2007. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kemdikbud. Implementasi Kurikulum merdeka. https//kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/

Miles, M.B & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Monawati., M., & Fauzi., F. 2018. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 33–43. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195

Muhammad Uzer Usman. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Supriatna, N. 2019. Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(2), 73. https://doi.org/10.17509/historia.v2i2.16629

Supriatna, N., & Maulidah, N. 2020. Pedagogi Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang- Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v6i1p92-103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats