PENGEMBANGAN BUKU TEKS PELAJARAN BERBASIS SEJARAH LOKAL KESULTANAN KUTARINGIN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 1 PANGKALAN BANTENG
Abstract
Abstrak:Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berbasis lingkungan sangat diperlukan pada Kurikulum Merdeka saat ini. Pada mata pelajaran sejarah salah satunya adalah dengan memanfaatkan sejarah lokal sebagai bahan ajar di sekolah. Namun dari temuan masalah di SMKN 1 Pangkalan Banteng, banyak peserta didik yang belum mengetahui sejarah lokalnya karena memiliki kendala dalam belajar sejarah lokal seperti kurangnya akses internet, kurangnya bahan bacaan mengenai sejarah lokal, dan tempat tinggal yang terpaut jauh dari situs sejarah. Berikutnya juga kurangnya sikap sosial peserta didik pada aspek gotong-royong dan percaya diri. Berdasarkan temuan masalah tersebut dikembangkan sebuah bahan ajar dalam bentuk buku teks pelajaran berbasis sejarah lokal dengan menggunakan kajian sejarah Kesultanan Kutaringin dan untuk diketahui pengaruhnya terhadap hasil belajar dan sikap sosial. Pengembangan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Dick & Carey yang memiliki 10 langkah penelitian. Pada penelitian yang dilakukan mulai dari uji validasi, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji pemakaian didapatkan hasil bahwa buku teks pelajaran Sejarah Kesultanan Kutaringin valid dan layak digunakan. Adapun pengaruhnya terhadap hasil belajar dan sikap sosial khususnya dalam aspek kerjasama dan percaya diri, didapatkan hasil bahwa buku teks tersebut dapat meningkatkan hasil belajar dan nilai sikap sosial siswa dalam aspek gotong-royong dan percaya diri, sehingga buku teks pelajaran Sejarah Kesultanan Kutaringin layak digunakan di sekolah-sekolah tingkat menengah khususnya kelas X di Kabupaten Kotawaringin Barat dan bisa diproduksi secara massal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Bumi Aksara.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (. (2003). Educational Research An Introduction 4th Edition. Longman Inc.
Daryanto, A. D., & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Gava Media.
Hariyono, H. (2017). Sejarah Lokal: Mengenal yang Dekat, Memperluas Wawasan. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(2), 160–166.
Mueller, D. J., & Kartawidjaja, E. S. (1992). Mengukur Sikap Sosial Pegangan untuk Peneliti dan Praktisi. Bumi Aksara.
Mulyasa, & Wardan, A. S. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 8 Tahun 2016 Tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. (n.d.).
Permana, R. (2020). Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah. Media Edukasi Indonesia (Anggota IKAPI).
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Ras, J. J. (1990). Hikayat Banjar. Terjemahan Siti Hawa Salleh (p. 32). Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pendidikan Malaysia.
Rizaldi, M., & Qodariyah, A. L. (2021). Analisis Buku Teks Sejarah bagi Siswa SMK Kelas XI. Heuristik: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(1), 1–7.
Sejarah Kabupaten Kotawaringin Barat. (2019, October 25). Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat. https://portal.kotawaringinbaratkab.go.id/id/sejarah-singkat
Tim Penyusun Kurikulum Merdeka. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Widja, I. G. (1989). Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Penerbit Angkasa.
Zaqiah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Pustaka Setia.
Zuchdi, D. (1995). Pembentukan Sikap. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v6i2p286-299
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index
E-ISSN 2622-1837
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.