PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS CANVA MATERI MANUSIA PURBA INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 5 DI SMAN 1 SUMBERPUCUNG MALANG

Aprilia Iva Swastika, Slamet Sujud Purnawan Jati

Abstract


Abstract: This research aimed to develop and test the effectiveness of using an e-module developed using Canva as an instructional aid for teaching about early humans in the Indonesian archipelago. This research used Sugiyono’s 10 stages of research and development (R&D). In this study, we developed an instructional aid using Canva and shared it as links that can be easily accessed using smartphones and laptops. This e-module comprises several main sections: instructions, learning outcomes and objectives, conceptual maps, textual contents, pictures, photos, videos, and assessments. Based on reviews by content and media experts, this e-module is valid at school. The results from the small-group and large-group trials confirmed the effectiveness of the e-module developed in this study. The data obtained from this research demonstrate that the e-module developed using Canva about the early humans in the Indonesian archipelago is valid and very effective as an instructional medium in history learning.

 

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keefektifan penggunaan e-modul yang dikembangkan dengan menggunakan Canva sebagai alat bantu pengajaran tentang manusia purba di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 10 tahap penelitian dan pengembangan (R&D). Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan alat bantu pembelajaran dengan menggunakan Canva dan membagikannya dalam bentuk tautan yang dapat diakses dengan mudah menggunakan smartphone dan laptop. E-modul ini terdiri dari beberapa bagian utama yaitu petunjuk, hasil dan tujuan pembelajaran, peta konsep, isi teks, gambar, foto, video, dan penilaian. Berdasarkan ulasan ahli isi dan ahli media, e-modul ini valid untuk digunakan di sekolah. Hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar menegaskan efektivitas e-modul yang dikembangkan dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan menggunakan Canva tentang manusia purba di Indonesia sangat valid dan sangat efektif sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah.


Keywords


Teaching materials; e-modules; early man.

Full Text:

PDF

References


Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 111-117.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas RI.

Dzikri, H. F. (2019). Pengembangan E-module Sejarah Perdikan Sewulan berbasis Android dengan Aplikasi Unity3D sebagai Bahan Ajar Sejarah Materi Kerajaan Mataram Islam untuk Kelas XI SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987

Hasnawati, T. (2020). Persamaan Dan Perbedaan Manusia Purba Dengan Manusia Modern. Kemendikbud.go.id.

Huriya, S. P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-modul tentang Perjuangan Perempuan Tahun 1928-1949 dalam Bidang Sosial-Politik di Indonesia untuk Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X TKI 6 di SMK Negeri 5 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

Jati, S. S. P. (2015). Prasejarah indonesia: Tinjauan Kronologi dan Morfologi. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 7(2), 22–32.

Jati, S. S. P. (2003). Evolusi Manusia Purba. Dalam Sejarah dan Budaya: dari Masa Kuno sampai Kontemporer. Malang: UM Press.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah English for Information Communication And Technology. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 7(2, Oktober), Article 2, Oktober. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v7i2

Kemendikbud. (2022). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Kurikulum.kemdikbud.go.id.

Nurdyansyah, N., & nahdliyah, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/1607/

Nurjanah, F. (2018). Perancangan Cerita Kehidupan Manusia Purba Homo Soloensis Melalui Media Buku Ilustrasi. Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman.

Purwandanu, D. (2018). Pengembangan E-modul berbasis Videoscribe sebagai Media Pembelajaran Sejarah SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahdiyanta, D. (2016). Teknik penyusunan modul. Artikel.(Online) Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dr-Dwi-Rahdiyanta-Mpd/20-Teknik-Penyusunan-Modul. Pdf. Diakses, 10.

Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan bahan ajar. Repository.ut.ac.id.

Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), Article 3. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1171

Soejono, R. P., Jacob, T. ], Hadiwisastra, S., Sutaba, I. M., Kosasih, E.A., & Bintarti, D. D. ( Eds). (2010). Sejarah Nasional Indonesia Jilid 1: Zaman Prasejarah di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka (Persero).

Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. https://issuu.com/pustakakampus/docs/_sugiyono_metode_penelitian_kuantitatif_kualitat




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v6i2p300-321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats