ANALISIS POTENSI KAJIAN SEJARAH SUNAN SENDANG DUWUR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM MERDEKA DI SMA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisiah, A., & Sumarno, S. (2017). Identifying Level of Historical Consciousness on College Students of History Education In Terms of Ethnicity. JESS (Journal of Education on Social Science), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.24036/jess/vol1-iss1/6
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Aulia, N., Sarinah, S., & Juanda, J. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 14–20.
Ayundasari, L. (2018). Relevansi Nilai-Nilai Perjuangan KH. Masjkur dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Siswa MA di Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.17977/um033v1i12018040
Ayundasari, L. (2019). Misbachul Watan Pelopor Pendidikan Islam Formal Berwawasan Kebangsaan di Malang 1923: Kajian Sejarah dan Perkembangan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 25–44. https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.25-44
Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(1), 225–234. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p225-234
Badan Standar, Kurikulum, dan A. P., & Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Fase E- Fase F untuk SMA/MA/Program Paket C. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/033_H_KR_2022-Salinan-SK-Kabadan-tentang-Perubahan-SK-008-tentang-Capaian-Pembelajaran.pdf
Bahri, B., Al Islami, A. I., & Najamuddin, N. (2023). Saoraja Sawitto sebagai Sumber Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah. Humano: Jurnal Penelitian, 14(1), 134–143. https://doi.org/10.33387/humano.v14i1.6072
Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12).
Basri, M., Setiawan, J., Insani, M., Fadli, M. R., Amboro, K., & Kuswono, K. (2022). The correlation of the understanding of Indonesian history, multiculturalism, and historical awareness to students’ nationalistic attitudes. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 369–376. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.22075
Febriyanti, A., & Ayundasari, L. (2021). Strategi Sunan Bonang melalui media seni dalam penyebaran dakwah Islam. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6), 688–694. https://doi.org/10.17977/um063v1i6p688-694
Firdaus, D. W. (2019). Pemanfaatan Situs Astana Gede sebagai Sumber Belajar untuk Mengembangkan Kesadaran Sejarah Lokal Mahasiswa. Jurnal Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 2(1), 63–76.
Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022.
KITLV. (1953a). Begraafplaats van Sendangdoewoer te Patjiran bij Lamongan. KITLV. http://hdl.handle.net/1887.1/item:837109
KITLV. (1953b). Moskee van Sendangdoewoer te Patjiran bij Lamongan. KITLV. http://hdl.handle.net/1887.1/item:837488
Lestari, S. U., Saraswati, U., & Muntholib, A. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 205–215.
Ma’rufin, A. F., & Utari, S. D. (2018). Pemanfaatan Candi Gunung Gangsir: Upaya Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Siswa Sman 1 Purwosari Melalui Metode Outdoor Learning. Pangadereng : Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 169–180. https://doi.org/10.36869/pjhpish.v4i1.81
Mauizah, A. Z., Apriliani, D. R., Utomo, S., Heriansyah, D., & Naqiyah, N. (2021). Urgensi Sejarah sebagai Ilmu dalam Upaya Penyadaran Kembali Identitas Nasional Bangsa Indonesia kepada Generasi Muda di Era Society 5.0. Jurnal Riset Agama, 1(3), 97–111. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15102
Nugraha, Y. B., & Ayundasari, L. (2021). Sunan Kalijaga dan strategi dakwah melalui Tembang Lir-Ilir. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(4), 528–532. https://doi.org/10.17977/um063v1i4p528-532
Nurdiansyah, N. (2021). Pemanfaatan Sejarah Lokal Kerajaan Siak sebagai Sumber Belajar untuk Mengembangkan Kesadaran Sejarah Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 518–526. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1341
Nurkholishoh, I. A., Hartanto, W., & Puji, R. P. N. (2021). Situs Sendang Duwur di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(1), 69–81. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i1.291
Prasetiya, A., Warto, W., & Sudiyanto, S. (2022). Sejarah Lokal Dalam Kurikulum Merdeka: Situs Loyang Mendale Dan Loyang Ujung Karang Sebagai Muatan Sejarah Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(2), 238–250. https://doi.org/10.17977/um0330v5i2p238-250
Purni, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Yang Berkarakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 190–197. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24723
Putri, C. A. D., Rindayati, E., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Putro, H. P. N. (2012). Model Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Melalui Pendekatan Inkuiri. Paramita: Historical Studies Journal, 22(2), 207–216. https://doi.org/10.15294/paramita.v22i2.2121
Ramadhanti, F. A., & Ayundasari, L. (2021). Penggunaan Tembang Macapat dalam penyebaran Islam di Jawa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(7), 866–872. https://doi.org/10.17977/um063v1i7p866-872
Rohmawati, N., & Meiludin, M. (2020). Aspek Semiotik Dan Nilai Budaya pada Situs Sunan Drajat dan Sunan Sendang Duwur di Kabupaten Lamongan. KLITIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 117–131. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/klitika.v2i2.960
Romadi, R., & Kurniawan, G. F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore Untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(1), 79–94. https://doi.org/10.17977/um020v11i12017p079
Sari, F. I., Sunedar, D., & Anshori, D. (2023). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10843
Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Sejarah Dan Budaya, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.17977/sb.v7i1.4733
Sayono, J., Ayundasari, L., Sulistyo, W. D., & Ridhoi, R. (2019). Utilization of Syphon Metro Kepanjen as Outdoor Learning Site for History Students. 1st International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2018), 69–73. https://doi.org/10.2991/icskse-18.2019.14
Shofiyanah, & Pamungkas, Y. H. (2015). Perkembangan Batik Sendang Duwur Tahun1950-1996: Kajian Motif dan Makna. Avatara, 3(3), 398–408.
Siswayanti, N. (2015). Dakwah Kultural Sunan Sendang Duwur. Buletin Al-Turas, 21(1), 1–16. https://doi.org/10.15408/bat.v21i1.3823
Siswayanti, N. (2018). Akulturasi Budaya Arsitektur Masjid Sendang Duwur. Buletin Al-Turas, 24(2), 211–228. https://doi.org/10.15408/bat.v24i2.6642
Suprapta, B. (2018). Pemanfaatan Cagar Budaya di Kabupaten Pacitan sebagai Media Penunjang Pendidikan Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 85–102. https://doi.org/10.17977/um033v1i12018085
Suyatno, A. F., & Ayundasari, L. (2021). Sunan Sendang Duwur: Jejak penyebaran Agama Islam di pesisir Kabupaten Lamongan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6), 695–702. https://doi.org/10.17977/um063v1i6p695-702
Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan Penting Sejarah Lokal Sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah. Historia, 4(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.27035
Widiadi, A. N., Saputra, M. R. A., & Handoyo, I. C. (2022). Merdeka Berpikir Sejarah: Alternatif Strategi Implementasi Keterampilan Berpikir Sejarah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(1), 235–247. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p235-247
Wijayanti, Y. (2017). Peranan Penting Sejarah Lokal dalam Kurikulum di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Artefak, 4(1), 53–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ja.v4i1.735
Winarti, M. (2012). What and How to Improve the Local History Material in History Learning. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 13(2), 201–216. https://doi.org/10.17509/historia.v13i2.6212
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v7i1p44-58
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index
E-ISSN 2622-1837
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.