PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL “GEJENSU” BERBASIS FLIPHTML5 PADA MATERI GERILYA JENDERAL SUDIRMAN DI PACITAN UNTUK SISWA KELAS XI SMAN 1 PACITAN
Abstract
Abstract:
Starting from the potential and problems in learning history in class students are allowed to bring laptop or smartphone electronic devices; and students like visual-based learning media. Meanwhile, the problem that occurs is that teachers are lacking in using learning media; students have difficulty understanding historical events chronologically; students find it difficult to understand material about the Struggle to Maintain Independence; and students' insufficient knowledge of local history. The research method used is RnD with the Sugiyono model. The research was conducted in class XI of SMAN 1 Pacitan. Research data was taken using validated questionnaire instruments, observations and interviews. The research results show that the GEJENSU digital comic learning media is very suitable for use as a learning media in the classroom.
Abstrak: Berangkat dari potensi dan masalah dalam pembelajaran sejarah di kelas XI SMAN 1 Pacitan. Potensi yang dimiliki berupa fasilitas sekolah yang lengkap berupa jaringan internet, laboratorium komputer dan LCD di setiap kelas; siswa diperbolehkan membawa perangkat elektronik laptop atau smartphone; dan siswa dalam pembelajaran menyukai media berbasis visual. Sedangkan, masalah yang terjadi yakni, guru kurang dalam menggunakan media pembelajaran; siswa mengalami kesulitan dalam memahami peristiwa sejarah secara kronologis; siswa sulit memahami materi tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan; dan pengetahuan siswa yang kurang dalam sejarah lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD dengan model Sugiyono. Penelitian dilakukan di kelas XI SMAN 1 Pacitan. Data penelitian diambil menggunakan instrumen angket validasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital GEJENSU sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Basri, M., & Sumargono. (2018). Media Pembelajaran Sejarah. Graha Ilmu.
Imran, A. (2016). Pangsar Soedirman dalam Perspektif Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Historis. In Senakatha (No. 42 Okt, pp. 4–7). Pusat Sejarah TNI AD.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press.
Kolopaking, U., & Sumadio, B. (1988). Panglima Besar Soedirman: Bapak TNI. PT.Bimantara Bayu Nusa.
Kusuma. (2016). Soedirman dalam Sejarah Perjuangan Bangsa. In Senakatha (No. 42 Okt, pp. 11–18). Pusat Sejarah TNI AD.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 101–109.
Purnomo, A. S. (2008). Rute Perjuangan Gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman. Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat.
Sardiman. (2008). Guru Bangsa: Sebuah Biografi Jenderal Sudirman. Penerbit Ombak.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyo, A. (2016). Tempat Saya Yang Terbaik Adalah Di Tengah tengah Anak Buah, Sebuah Refleksi. In Senakatha (No. 42 Okt, pp. 8–10). Dinas Sejarah TNI AD.
Sulistyo, W. D., Khakim, M. N. L., & Kurniawan, B. (2019). Jejak Gerilya Jenderal Soedirman di Pacitan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.
Wijayanti, Y. (2017). Peranan Penting Sejarah Lokal Dalam Kurikulum Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Artefak, 4(1), 53. https://doi.org/10.25157/ja.v4i1.735
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v7i1p121-134
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index
E-ISSN 2622-1837
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.