Relevansi Nilai-Nilai Perjuangan KH. Masjkur dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Siswa MA di Malang
Abstract
Pembelajaran sejarah merupakan sarana pendidikan karakter bagi siswa karena matapelajaran ini memiliki arti strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Pendidikan karakter ini dapat dilakukan dengan cara mengintegrasikan materi sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah. Kedekatan intelektual ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan siswa terhadap sejarah sekaligus memudahkan penanaman karakter melalui role model yang tidak jauh dari kehidupan mereka. Dalam konteks artikel ini tokoh lokal yang dijadikan sebagai kajian adalah KH. Masjkur. Beliau merupakan seorang pejuang asal Malang yang mampu menujukkan eksistensinya di kancah nasional dalam bidang pendidikan, militer dan politik pada kurun waktu yang cukup lama yaitu masa perjuangan kemerdekaan, Orde Lama dan Orde Baru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayundasari, L.2018. KH. Masjkur dalam Sejarah Pendidikan Islam Modern di Indonesia 1923-1992. Malang: UM Press
Azra, A dan Umam,S. 1998. Menteri-menteri Agama RI: Biografi Sosial Politik. Jakarta: INIS
Desmita.2006. Psikologi Perkembangan. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Hatimah, I.2009.Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: Universitas Terbuka
Hisyam, M. 2001. Caught between Three Fires. Jakarta: INIS
Kochhar, S.K.2008. “Teaching Of History. Jakarta: Grasindo
Mas'ud, AM. 2006. Dari Haramain ke Nusantara: Jejak Intelektual Arsitek Pesantren. Jakarta: Kencana
Zuchdi, D. 2008. Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v1i1p40-52
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index
E-ISSN 2622-1837
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.