Kesadaran Sejarah Dalam Novel ‘Menunggu Beduk Berbunyi’ Hamka (1950) Sebagai Pengembangan Materi Ajar Sejarah Indonesia Modern

Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim

Abstract


Hamka adalah sastrawan dan ulama Indonesia yang hidup sejak zaman penjajahan Belanda sampai kontemporer. Hamka menulis sebagian pengalaman hidup dalam bentuk karya sastra, salah satunya novel Menunggu Beduk Berbunyi (1950). Novel ini memuat peristiwa penting tentang penangkapan dan pengasingan Soekarno-Hatta ke Pulau Bangka. Mahasiswa sejarah belum pernah membaca novel ini dalam perkuliahan Sejarah Indonesia Modern. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengkaji secara kritis isi novel untuk pengembangan materi ajar sejarah Indonesia modern. Analisis semiotika digunakan untuk membedah novel Menunggu Beduk Berbunyi (1950) karya Hamka. Hasil analisis novel Menunggu Beduk Berbunyi (1950) digunakan untuk pengembangan materi ajar Sejaran Indonesia Modern agar dapat memperkaya wawasan mahasiswa mengenai Sejarah Indonesia Modern.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i22018p163


Keywords


Menunggu Beduk Berbunyi, historical awareness, Modern Indonesian History

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N.L. HAMKA Pengaruh Multidimensi Seorang Sastrawan-Ulama, Hal. 77-100. 2014. Rahman, Jamal D., dkk (Ed.). 33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Ber-pengaruh. Jakarta: KPG

Ali, Fachry. Hamka dan Masyarakat Islam Indonesia: Catatan Pendahuluan Riwayat dan Perjuangan, Hal. 375-408. 2012 Bashri, Yanto & Suffatni, Retno (Ed.). Sejarah Tokoh Bangsa. Yogyakarta: LkiS

Budhisantoso, S. Artikel dalam Pemikiran tentang Pembinaan Kesadaran Sejarah, hal. 15-23. Tim Redaksi. 2012. Kesadaran Sejarah dalam Pengembangan Ke-budayaan Nasional Indonesia. Jakarta: Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Budiman, K. 2004. Semiotika Visual. Yogyakarta: Buku Baik

Hamka. 1963. Menunggu Beduk Berbunji. Jakarta: Tekad

Hamka, I. 2013. Ayah. Kisah Buya Hamka. Jakarta: Republika Penerbit

Hamzah, J.A. 1963. Hamka sebagai Pengarang Roman. Jakarta: Megabookstore

Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo

JPSI, Vol. 1, No. 2, 2018 175

Poeradisastra, S.I. Artikel Dalam Karya Sastra Pun Berdakwah dan Berkhotbah hal. 121-136. Tim Redaksi PSH. 1996. Hamka di Mata Hati Umat. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Ricklefs, M. C. 2010. Sejarah Indonesia Modern (1200-2008). Jakarta: Serambi

Rush, James R. 2017. Adicerita Hamka. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Striping, B.K. 2011. Teaching The Voice of History Trough Primary Sources and Historical Fiction: A Case Study Teacher and Liberarian Roles. Disertasi tidak diterbit-kan. Syracuse: Syracuse University

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta

Teeuw, A. 1959. Pokok dan Tokoh dalam Kesusastraan Indonesia Baru. Jakarta: P.T. Pem-bangunan

Tim Penyusun. 2016. Katalog S1 Pendidikan Sejarah dan S1 Ilmu Sejarah. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Tim Penyusun. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Ma-lang

Zaimar, K. S. 2008. Semiotika dan Penerapannya dalam Karya Sastra. Jakarta: Pusat Ba-hasa Departemen Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v1i2p163-175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats