Kesadaran Sejarah Dalam Novel ‘Menunggu Beduk Berbunyi’ Hamka (1950) Sebagai Pengembangan Materi Ajar Sejarah Indonesia Modern
Abstract
Hamka adalah sastrawan dan ulama Indonesia yang hidup sejak zaman penjajahan Belanda sampai kontemporer. Hamka menulis sebagian pengalaman hidup dalam bentuk karya sastra, salah satunya novel Menunggu Beduk Berbunyi (1950). Novel ini memuat peristiwa penting tentang penangkapan dan pengasingan Soekarno-Hatta ke Pulau Bangka. Mahasiswa sejarah belum pernah membaca novel ini dalam perkuliahan Sejarah Indonesia Modern. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengkaji secara kritis isi novel untuk pengembangan materi ajar sejarah Indonesia modern. Analisis semiotika digunakan untuk membedah novel Menunggu Beduk Berbunyi (1950) karya Hamka. Hasil analisis novel Menunggu Beduk Berbunyi (1950) digunakan untuk pengembangan materi ajar Sejaran Indonesia Modern agar dapat memperkaya wawasan mahasiswa mengenai Sejarah Indonesia Modern.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, N.L. HAMKA Pengaruh Multidimensi Seorang Sastrawan-Ulama, Hal. 77-100. 2014. Rahman, Jamal D., dkk (Ed.). 33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Ber-pengaruh. Jakarta: KPG
Ali, Fachry. Hamka dan Masyarakat Islam Indonesia: Catatan Pendahuluan Riwayat dan Perjuangan, Hal. 375-408. 2012 Bashri, Yanto & Suffatni, Retno (Ed.). Sejarah Tokoh Bangsa. Yogyakarta: LkiS
Budhisantoso, S. Artikel dalam Pemikiran tentang Pembinaan Kesadaran Sejarah, hal. 15-23. Tim Redaksi. 2012. Kesadaran Sejarah dalam Pengembangan Ke-budayaan Nasional Indonesia. Jakarta: Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Budiman, K. 2004. Semiotika Visual. Yogyakarta: Buku Baik
Hamka. 1963. Menunggu Beduk Berbunji. Jakarta: Tekad
Hamka, I. 2013. Ayah. Kisah Buya Hamka. Jakarta: Republika Penerbit
Hamzah, J.A. 1963. Hamka sebagai Pengarang Roman. Jakarta: Megabookstore
Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo
JPSI, Vol. 1, No. 2, 2018 175
Poeradisastra, S.I. Artikel Dalam Karya Sastra Pun Berdakwah dan Berkhotbah hal. 121-136. Tim Redaksi PSH. 1996. Hamka di Mata Hati Umat. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Ricklefs, M. C. 2010. Sejarah Indonesia Modern (1200-2008). Jakarta: Serambi
Rush, James R. 2017. Adicerita Hamka. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Striping, B.K. 2011. Teaching The Voice of History Trough Primary Sources and Historical Fiction: A Case Study Teacher and Liberarian Roles. Disertasi tidak diterbit-kan. Syracuse: Syracuse University
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alvabeta
Teeuw, A. 1959. Pokok dan Tokoh dalam Kesusastraan Indonesia Baru. Jakarta: P.T. Pem-bangunan
Tim Penyusun. 2016. Katalog S1 Pendidikan Sejarah dan S1 Ilmu Sejarah. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang
Tim Penyusun. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Ma-lang
Zaimar, K. S. 2008. Semiotika dan Penerapannya dalam Karya Sastra. Jakarta: Pusat Ba-hasa Departemen Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v1i2p163-175
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index
E-ISSN 2622-1837
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.