Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Card (Arc) Candi–Candi Masa Singhasari Berbasis Unity3D pada Pokok Materi Peninggalan Kerajaan Singhasari untuk Peserta Didik Kelas X KPR1 SMK Negeri 11 Malang

Muhammad Yusuf Efendi, Ismail Lutfi, Indah Wahyu Puji Utami, Slamet Sujud Purnawan Jati

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini berpengaruh pada dunia pendidikan, termasuk pendidikan sejarah. Berbagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi dikembangkan untuk menunjang pembelajaran sejarah di sekolah, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi augmented reality (AR) untuk visualisasi berbagai peninggalan kerajaan Singhasari. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan dan menguji efektifitas media pembelajaran sejarah ARC Candi-Candi Masa Singhasari berbasis Unity3D pada pokok materi peninggalan Kerajaan Singhasari untuk peserta didik kelas X KPR 1 SMK Negeri 11 Malang. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran yang dikembangkan dari ahli media mendapatkan nilai persentase sebesar 100%, sedangkan dari ahli materi nilai persentase sebesar 89%. Hasil uji coba awal kelompok kecil dengan jumlah 7 peserta didik diperoleh nilai persentase sebesar 98%. Dari hasil uji coba pemakaian kelompok besar dengan jumlah 30 peserta didik diperoleh nilai persentase sebesar 87%. Dari hasil pengukuran nilai pretest dan postest, terjadi peningkatan yang cukup signifikan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran ini. Rata-rata nilai pretest adalah 31,3 sedangkan nilai postest adalah 78,7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ARC Candi-Candi Masa Singhasari ini tergolong sangat valid dan sangat efektif digunakan untuk pembelajaran sejarah.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i22018p176


Keywords


Media pembelajaran, augmented reality card, Candi, Kerajaan Singhasari, smartphone android

Full Text:

PDF

References


Darmawan, D. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hardjowardojo, P. 1965. Pararaton. Malang: Penerbit Bhatara.

Idrus, A. & Adreo Y. Pengembangan Augmented Reality Sebagai Media dalam Meningkatkan Pemahaman Teks Bacaan. Jurnal Teknologi Pendidikan. 18(3):140-155.

Munandar, A.A. 2011. Catuspatha Arkeologi Majapahit. Jakarta: Penerbit Wedatama Widya Sastra.

Schrier, K. 2006. Reviling History with “Reviling the Revolution”: Designing Augmented Reality Games to Teach the Critical Thinking of History. Information Science Publishing, 01: 250-269. DOI: 10.4018/978-1-59904-304-3.ch013

Soekmono, 2005. Candi: Fungsi dan Pengertiannya. Jakarta: Jendela Pustaka.

Thiagarajan. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v1i2p176-187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats