Problematik Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah di SMKN 1 Jember

Puji Rizki Irani, Wiwit Nur Habibah, Intan Gladys, Ivan Eldiansyah, Bambang Soepeno, Rully Putri Nirmala Puji

Abstract


History teachers have their own problems related to their own competency. This is based on the historical materials acquistion for X grade until XII grade. In this research, the author uses mixed-method research which employs quantitative and qualitative data as the fundamental reference. This research has been done in SMKN 1 Jember and found three problems related to history teachers competency which include the lack of teaches in describing the scope of historical studies, the lack of using historical aids, and the lack of giving pleasure to students in learning history. This paper, the author also gives solve for the teacher to address those problems.

Guru sejarah memiliki problematik tersendiri terkait kompetensi yang dimilikinya. Hal ini didasari dari penguasaan materi sejarah kelas X sampai dengan kelas XII yang dikuasai. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian campuran atau mix method dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif sebagai acuan dasarnya. Dalam penelitian yang dilakukan di SMKN 1 Jember terdapat tiga problematik terkait kompetensi guru sejarah yaitu guru kurang mendeskripsikan ruang lingkup kajian sejarah, kurang menggunakan ilmu bantu sejarah, dan kurang memberikan kesenangan (rekreasi) dalam diri siswa dari adanya belajar sejarah. Disini peneliti juga memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang muncul tersebut.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i22018p202


Keywords


Problematik kompetensi, guru sejarah

Full Text:

PDF

References


Ali, R. M. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta: LkiS.

Creswell, J. W. 2013. Qualitative Inquiry & Research Design. Choosing Among Five Appoaches. Terjemahan oleh A. L. Lazuardi. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Damin, S. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Jakarta: CV Pustaka Setia.

Hamid, H.S. 2013. Problematik Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: UPI-Press.

Madjid, M. D., & J. Wahyudi. 2014. Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta. Akademik.dan Kompetensi Guru. 4 Mei 2007. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008. Guru. Jakarta.

Sanjaya,W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiono. 2010. Metote Penelitian Pendidikan-Pendekatan Kuantitatif, Kualitatai dan R&B. Bandung: Alfabata.

Tokan, P.R.I. 2016. Manajemen Penelitian Guru untuk Pendidikan Bermutu. Jakarta: PT. Grasindo. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005. Usman, H., & S. Akbar. 2001. Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um0330v1i2p202-213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Editorial office:

History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jpsi@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah/index 

E-ISSN 2622-1837

   

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats